Mengenal Berbagai Produk Turunan Kelapa

0
5000

BERDESA.COM – Masih ingatkah Anda kenapa buah kelapa menjadi simbol Praja Muda kirana alias Pramuka? Itu karena buah yang satu ini memiliki berderet-deret keistimewaan sehingga tidak ada sedikitpun yang bakal tersisa. Mau tahu apa saja kehebatan buah kelapa? Mari kita ulik dari sisi buahnya dulu.

Pertama, daging buah kelapa yang telah beratus tahun di olah leluhur kita hingga ibu-ibu di perkampungan menjadi minyak kelapa. Minyak kelapa sendiri tidak hanya hebat untuk menyulap bahan makanan menjadi sajian lezat melalui penggorengan melainkan juga memiliki khasiat banyak untuk kesehatan.

Pengolahan minyak kelapa biasanya bakal meninggalkan blondo, semacam ampas berwarna merah tua yang terjadi karena sudah diperas. Blondo memiliki cita rasa unik sehingga digunakan sebagai salahsatu bahan campuran Gudeg Yogyakarta yang terkenal itu. Blondo juga punya rasa yang ciamik untuk dijadikan kembang gula dan aneka menu lainnya. Bagi para ibu yang memasak menggunakan santan, maka ampas kelapa yang tersisa bisa dimanfaatkan untuk beragam keperluan mulai pelengkap menu makanan hingga ampas untuk membersihkan lantai.

Baca Juga  Mengenal Desa Pertanian di Jepang Yang Sangat Menarik

Dari airnya, Anda bisa menyulapnya menjadi salahsatu bahan pembuat kecap. Siapa yang tak kenal kecap, pelengkap makan dengan sensasi rasa yang manis. Air kelapa juga bahan dasar nata de coco dengan rasa yang kenyal dan sering menemani keluarga Anda menikmati buka puasa.  Kegunaan yang lain adalah sebagai bahan yang brfungsi sebagai pupuk.

Tempurung kelapa adalah bagian yang juga istimewa. Bahkan tak banyak buah yang memiliki tempurung sekeras buah yang satu ini. Jika dibakar, tempurung kelapa memiliki kadar panas yang lebih tinggi dibanding kayu biasa. Makanya, batok kelapa kemudian banyak dimanfaatkan untuk menjadi bahan briket. Arang tempurung kelapa bahkan lebih istimewa dibanding arang kayu biasa. Bagi masyarakat tradisional batok kelapa juga lahir menjadi beragam jenis fungsi perkakas rumah tangga mulai dari bahan penyenduk sayur hingga berfungsi sebagai gayung untuk mandi. Sekarang ini tempurung kelapa sedang banyak dicari dalam jumlah besar dan dipasok untuk kebutuhan industry.

Sabut kelapa adalah potensi lainnya. Sabut kelapa bisa diolah menjadi serabut yang lalu disulap menjadi sapu, bahan untuk jok mobil dan aneka kerajinan. Belakangan serabut kelapa banyak dijadikan serbuk. Produk dicari orang untuk dijadikan media tanam pengganti tanah bagi para petani atau penghobi hidroponik.

Baca Juga  Usaha Meningkatkan Hasil Pertanian

Batang kelapa, tak perlu diragukan, memiliki fugsi yang sudah ratusan tahun dilakukan yakni bahan membuat penyangga rumah (tiang), dan berbagai sisi bagi orang yang ingin mendirikan rumah atau bentuk bangunan lain. Kekuatan batang kelapa jauh lebih tinggi dibanding jenis kayu lainnya dengan harga yang lebih murah. Tak perlu heran jika batang pohon kelapa menjadi alternatif kayu yang murah dan kuat. Bagaimana dengan daun kelapa? Di tangan warga pedesaan, daun kelapa atau di Jawa disebut sebagai ‘blarak’ menjadi bahan pembuatan sapu lidi dan berbagai fungsi lain seperti anyaman untuk upacara tradisional dan sebagainya.

Jadi, tak diragukan lagi, daerah yang memiliki banyak potensi pohon kelapa maka sesungguhnya memiliki asset yang luar biasa untuk dikembangkan dan sangat terbuka kemungkinan untuk memasuki dunia industri.  Ada banyak perusahaan berskala industri yang membuatkan aneka produk kelapa ini.

Infografis Produk Turunan Kelapa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here