Mengapa UMKM Harus Menggunakan Internet Marketing, Ini Jawabannya

Mengapa UMKM Harus Menggunakan Internet Marketing, Ini Jawabannya

BERDESA.COM – Mengembangkan pasar melalui internet alias internet marketing adalah sebuah kebutuhan penting dalam membangun usaha kini. Soalnya cara ini bisa dilakukan dimanapun, kapanpun dan oleh siapapun. Karenanya, UMKM harus beradaptasi dengan teknologi ini sesegera mungkin. Soalnya, hampir seluruh bisnis memanfaatkan jaringan online sekarang ini.

Buanglah pikiran jauh-jauh bahwa internet itu teknlogi yang rumit bin sulit. Pertama, pada dasarnya setiap teknologi yang operasionalnya dilakukan oleh banyak orang pastilah akan terus-menerus dirubah menjadi semudah mungkin di-operasionalkan. Kedua, bukankah hampir setiap orang bisa menggunakan smartphone alias HP pintar? Maka, jangan menunggu lagi karena banyak sekali manfaat yang bisa dipetik dari pemanfaatan internet. Mau tahu apa saja manfaat besarnya:

  1. Akses yang Mudah

Internet merupakan media yang dapat diakses selama seharian atau 24 jam, maka penyampaian informasi kepada calon konsumen dapat dilakukan kapan saja, dengan berbagai aluran yang bisa digunakan secara gratis dan tanpa ada hambatan dalam mengaksesnya. 

  1. Meminimalisir Biaya

Apabila dibandingkan dengan toko menggunakan promosi yang menyebar brosur, membuat banner, neonbox, spanduk, maka menggunakan media internet biayanya jauh lebih murah. Tentu saja semakin menghemat biaya dengan hasil yang lebih banyak.

  1. Peluang Pasar Lebih Luas

Media Internet tidak hanya fleksibel secara waktu tetapi juga sangat fleksibel dalam hal jarak. Teknologi ini sangat memudahkan orang intik mengakses informasi melalui laptop maupun ponsel pintarnya dimana saja di seluruh dunia asal ada jaringan internetnya.

  1. Perkembangan Teknologi

Banyak konsumen UMKM yang belum terjangkau pemasaran digital. Namun perkembangan teknologi pada saat ini semakin pesat. Pengguna internet pun semakin hari semakin bertambah berkali-kali lipat. Memasuki tahun 2017 saja jumlah pengguna internet di Indonesia sudah mencaai 80 juta orang. Akibatnya, banyak usaha yang bangkrut karena terlambat memanfaatkan media internet dan terlindas oleh perusahaan baru yang memaksimalkan internet marketing mereka.

  1. Meningkatkan Brand Awareness (merek)

Pada produk UMKM yang masih terbilang baru. Anda bisa menggunakan pemasaran digital untuk mempromosikan produk Anda, seperti merencanakan kampanye terlebih dahulu agar pemasarannya booming. Karena dengan pemasaran digital ini akan lebih cepat memperkenalkan produk jika dibandingkan dengan pemasaran yang konvensional.

  1. Memudahkan Perekaman dan Pengukuran Data

Semua kegiatan pemasaran digital akan terekam dengan baik pada memory internet, sekalipun itu dilakukan ribuan kali. Pelaku UMKM akan sangat mudah mengakses materi pemasaran yang sudah bertahun lamanya. Dengan menggunakan internet marketing, anda juga dapat mengukur seberapa bagus penjualan terhadap kontern pemasarannya. Anda juga dapat mengetahui data produk apa yang banyak dibeli konsumen, berapa banyak konsumen datang untuk melihat  sehingga anda pun dapat memaksimalkannya. Seluruh proses dalam internet marketing sangat mudah diolah secara data melalui berbagai program. Sehingga menciptakan efisiensi yang luar biasa.

Jika internet masih saja dianggap sulit oleh para pelaku UMKM maka anak-anak muda harus diajak untuk menjadi para peasar internet produk-produk UMKM. Soalnya, di tangan para pemuda ini berbagai aplikasi sudah biasa mereka gunakan. Jadi, selain membantu UMKM memasarkan produknya, mengembangkan kapasitas usahanya, anak-anak muda itu juga bisa mendapatkan uang karena menjualkan produk desanya. (frh/afrz/dji/berdesa)

Foto: www.cdn.searchenginejournal.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*