Ini Alasan Mengapa UMKM Harus ‘Bermain’ di Toko Online

Ini Alasan Mengapa UMKM Harus ‘Bermain’ di Toko Online

BERDESA.COM – Sampai hari ini sebagian UMKM masih menghadapi sederet hambatan untuk masuk jalur jual beli online. Sayangnya masih banyak UMKM yang belum mau beranjak ke sana, sebagian lagi belum mampu.  Padahal, peluang mengembangkan usaha melalui toko online bagi UMKM sungguh tak perlu diragukan lagi. Tapi, mengapa jualan lewat internet sangat strategis bagi UMKM? Begini jawabannya:

  1. Bermodal Kecil. Berjualan online melalui E Commerce  membuat Anda tidak perlu pusing menyewa ruko atau tempat untuk berjualan yang mahal itu. Tak perlu membeli rak-rak dagangan dan urusan gerai lainnya karena Anda bahkan tidak butuh gerai. Bahkan pendaftaran untuk menjadi penjual umumnya gratis.
  2. Tidak perlu mengeluarkan biaya promosi karena E commerce sudah memiliki sistem sendiri untuk mempromosikan seluruh produk yang dijual pada website-nya. Anda juga bisa memperluas jaringan pasar dengan menggunakan Sosial Media.
  3. Tidak butuh karyawan. Membuka toko online di E Commerce membuat Anda bisa menjalankan sendiri toko Anda dan tidak butuh karyawan karena tugas Anda selanjutnya hanya memantau melalui perangkat smartphone saja.
  4. Bisa menjual aneka produk dengan menjadi reseller berbagai produk. Anda bisa mendaftarkan diri sebagai reseller berbagai produk yang banyak ditawarkan di internet. Anda tinggal menghubungi pemilik produk dan meminta si pemilik mengirimkan barang jika ada yang beli.
  5. Semua produk di E Commerce mendapat perlakuan yang sama sehingga produk apapun yang Anda jual bisa bersanding dengan produk-produk bermerek. Ini peluang bagi UMKM meruntuhkan persepsi dominasi produk-produk non lokal.
  6. Keuntungan menjual produk di E Commerce bisa jauh lebih besar karena tidak perlu membiayai promosi dan banyak hal.
  7. Transaksi dilakukan dengan aman karena menggunakan rekening bersama, Anda tidak perlu pergi ke manapun untuk melakukan transaksi, cukup melalui Handphone saja.
  8. Pasarnya luas hampir tak berbatas dan E Commerce buka bekerja 24 jam.
  9. Anda bisa memberikan review yang detail melalui tulisan maupun video sehingga meyakinkan orang untuk membeli. Cara ini lebih cepat karena ribuan orang bisa membacanya dalam waktu bersamaan bahkan Anda bisa melakukan semua itu hanya dengan modal Hnadphone saja. Luar biasa bukan?

Dari sisi pembeli, ada banyak kemudahan mulai dari memilih barang tanpa perlu kemana-mana, bisa beralih ke toko yang satu ke lainnya dalam hitungan detik, dan mencermati review produk dengan teliti sebelum membeli. Belanja online membuat para pembeli tidak perlu berjalan ke mal atau supermarket dan memilih barang yang melelahkan itu, hanya cukup dengan ‘klik’, barang yang Anda mintai akan sampai ke depan rumah Anda.  Itulah beberapa kemudahan jual beli di internet.

Dari tahun ke tahun, jumlah orang berbelanja online terus meningkat, demikian juga jumlah transaksinya. Jumlah transaksi ini bakal terus meroket sehingga UMKM sehingga UMKM memiliki peluang yang sangat luas di ranah online ini. Saatnya produk Indonesia menguasai bumi nusantara, menjadi raja di rumahnya sendiri. (dji-1)

Foto: www. yourstory.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*