UKM Harus Membuat Perencanaan Usaha, Mengapa?

Perencanaan Keuangan UKM

Perencanaan usaha merupakan dokumen yang menyatakan keyakinan akan kemampuan sebuah bisnis untuk memperjual-belikan barang ataupun jasa dengan tujuan menghasilkan keuntungan yang memuaskan dan menarik bagi para investor atau penyandang dana.

Perencanaan usaha akan membuat kita dapat melihat dengan jelas prospek serta tingkat keberhasilan yang bias kita dapatkan ketika memulai sebuah bisnis. Perencanaan usaha juga harus mampu meyakinkan orang lain atau rekan bisnis tidak merugi jika melakukan kerjasama.

Perencanaan usaha harus didasarkan pada permintaan pasar. Apa yang menjadi kebutuhan masyarakat akan adanya barang dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.

Ada beberapa alasan penting mengapa pengelola usaha harus menyusun perencanaan usaha, antara lain:

  1. Sebagai alat pengawasan dan pengendalian kegiatan usaha sehari-hari

Perencanaan usaha yang telah disusun dengan baik dapat memudahkan para pelaksana usaha untuk mengetahui apakah tindakan yang diambil sudah sesuai dengan rencana atau justru terjadi penyimpangan. Para pelaksana usaha juga dapat memilah dan menetapkan mana kegiatan-kegiatan yang diperlukan mana yang tidak. Sehingga segala kegiatan perusahaan dapat berjalan dengan tertib sesuai tahap-tahap yang telah ditentukan.

  1. Untuk mendapatkan dana bantuan atau pembiayaan dari lembaga penjamin dana

Dengan adanya perencanaan usaha yang jelas maka akan memudahkan kita untuk mendapatkan bantuan kerjasama dari berbagai pihak. Karena di dalam perencanaan usaha menunjukkan aspek keuangan dan pemasaran yang akan memudahkan pengelolamendapat dukungan berupa dana pinjaman dari lembaga penjamin dana.

  1. Untuk mengatur dengan siapa harus bekerjasama

Mengatur serta membentuk kerjasama dengan perusahaan-perusahaan lain yang sudah ada dan saling menguntungkan. Misalnya dengan perusahaan produsen agar dapat memasok barang-barang yang dibutuhkan oleh perusahaan Anda. Atau bisa juga menarik minta perusahaan yang lebih besar untuk memberi pekerjaan atau kontrak yang dapat dikerjakan oleh perusahaan Anda.

  1. Untuk mendapatkan tenaga kerja yang potensial

Perencanaan yang baik mengundang orang-orang tertentu yang potensial dan ahli di bidangnya untuk bergabung dan bekerjasama dengan Anda. Bisa saja Anda membutuhkan orang-orang ini untuk posisi-posisi kunci di perusahaan Anda.

  1. Untuk memotivasi perhatian dan fokus terhadap perusahaan

Perencanaan yang baik menjamin adanya perhatian serta fokus [ada tujuan dari seluruh pihak yang bekerja dan berusaha di dalam perusahaan. Sebab semakin tumbuh sebuah perusahaan, maka makin komplek permasalahan yang akan dihadapi. Unutuk itulah mengapa perencanaan usaha sangat penting untuk dibuat.

Baca juga : Saatnya UKM Berjaya di Penjualan Online

BUMDesa

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*