Mengapa Kelompok Tani Harus Berpadu?

1
960
Mengapa Kelompok Tani Harus Berpadu
Mengapa Kelompok Tani Harus Berpadu

BERDESA.COM – Kelompok tani harus berpadu karena itulah cara untuk menjalankan sistem pertanian terpadu. Secara teoritis, salah satu yang pokok atau fundamental dalam menjalankan sistem pertanian terpadu adalah keterpaduan sumber daya manusia dalam hal ini petani. Dalam sebuah kawasan (desa) penerapan sistem pertanian terpadu ini mensyaratkan organisasi yang kompak dan tangguh. Untuk dapat kompak dan tangguh ini kelompok tani harus mempunyai cita-cita bersama yang juga kuat baik itu dalam melakukan efisiensi proses produksi, menghasilkan produk berkualitas ataupun dalam rangka mengembangkan jejaring pemasaran komoditi pertanian. Teknologi yang bagus dan peluang pasar yang besar tidak akan berarti apa-apa tanpa keterpaduan gerak para petani.

Perkembangan teknologi yang mudah dan ramah lingkungan saat ini sangat mudah diakses oleh para petani namun sering kali kegagalan justru diakibatkan sumber daya petani yang tidak/belum dapat berpadu dalam mengelola sumber daya pertanian di desa. Tentunya kita tidak ingin nantinya sistem pertanian terpadu yang saat ini telah berkembang pesat ini hanya dapat dilakukan oleh industri besar pertanian saja, para petani juga tentunya harus dapat menghimpun (memadukan) diri sehingga pengelolaan sumber daya pertanian di desa akan lebih optimal dan dilakukan oleh para petani secara mandiri melalui organisasi tani yang kuat dan visioner.

Baca Juga  Meraup Untung Melalui Tepung Mocaf

Indahnya Keterpaduan

Sumber daya tanaman pangan harus berpadu atau dipadukan dengan sumber daya peternakan, tidak dapat dipisahkan jika kita akan menerapkan sistem pertanian terpadu. Dari aspek penerapan teknologi seorang peternak juga harus mempunyai kemampuan untuk mengolah limbah ternaknya supaya dapat menghasilkan pupuk organik yang baik. Selanjutnya aspek yang paling penting adalah keterpaduan sumber daya manusia, dalam hal ini keterpaduan antar petani. Keterpaduan di pihak petani menjadi kunci sukses dari penerapan sistem pertanian terpadu di desa.

Keterpaduan antar petani dapat terjadi antar individu, keterpaduan dalam kelompok tani ataupun keterpaduan antar kelompok tani. Kelompok Tani harus berorientasi memadukan berbagai sumber daya yang dimiliki para anggotanya. Sementara di tingkat desa, Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) dapat menjadi lembaga yang sangat strategis dalam mengimplementasikan sistem pertanian terpadu di tingkat desa.

Dalam keterpaduan semua tidak hanya akan menjadi lebih indah tapi juga menjadi jauh lebih kuat dan tidak tercerai-berai. Langkah awal yang harus dirintis untuk menciptakan keterpaduan adalah membangun kesadaran akan adanya nasib dan kepentingan yang sama. Inilah fondasi yang dibutuhkan dalam proses awal sebuah keterpaduan.(bd03)

1 KOMENTAR

  1. Iya. Min..yg gampang tu bikin lahan perkebunan modern min 1ha ditiap desa….nanti para petani lambat laun juga berubah cara Pola bertaninya…kenapa 1ha,,biar gampang kalkulasinya…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here