Menentukan Harga Jual Produk

Menentukan Harga Jual Produk

Dalam dunia usaha, pemasaran merupakan salah satu bagian yang terpenting. Sebab, pemasaran adalah kunci untuk mendapatkan keuntungan dari usaha yang dijalankan. Bagi pelaku usaha yang sudah berpengalaman, pemasaran produk bukanlah perkara sulit. Akan tetapi, bagi pelaku usaha pemula, pemasaran produk bukanlah perkara mudah. Bahkan, pelaku usaha pemula seringkali belum mampu menentukan sendiri harga jual produknya.

Menentukan harga jual produk memang bukanlah perkara mudah, terlebih hal itu sangat terkait langsung dengan keberlanjutan suatu usaha. Maka dari itu, untuk menentukan harga jual produk tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan dalam menentukan harga jual produk, yakni sebagai berikut:

1. Pelanggan

Pelanggan merupakan faktor terpenting dalam keberlanjutan suatu usaha karena pelanggan menentukan untung atau tidaknya suatu usaha. Maka pelanggan harus menjadi prioritas utama pelaku usaha. Artinya harga jual yang ditentukan dapat diterima oleh pelanggan. Jika pelaku usaha tidak mempertimbangkan faktor penting ini, bisa jadi produk yang ditawarkan tidak akan laku terjual.

2. Pesaing

Dalam menentukan harga jual, pelaku usaha dapat membandingkan dengan harga jual yang ditawarkan para pesaing yang mempunyai produk yang sama. Maka, pastikan harga jual produk dapat bersaing dengan harga jual produk pesaing. Artinya pelaku usaha harus benar-benar memperhatikan tingkat keuntungan, jika tingkat keuntungan yang sudah ditetapkan menyebabkan harga jual terlalu mahal, sebaiknya pelaku usaha menurunkan tingkat keuntungan.

3. Biaya

Biaya merupakan faktor utama dalam menentukan harga jual produk, karenanya jangan sampai harga jual yang ditetapkan tidak bisa menutup biaya-biaya yang sudah dikeluarkan. Artinya pelaku usaha harus benar-benar jeli dan juga teliti dalam menghitung biaya yang dikeluarkan. Jika ada biaya tidak dihitung, maka hal itu akan menyebabkan harga yang tidak tepat, sehingga akan mempengaruhi tingkat keuntungan bahkan menyebabkan kerugian.

4. Kemanfaatan Untuk Usaha

Dalam hal ini, yang perlu diperhatikan adalah apakah harga jual yang ditentukan sudah pantas ataukah belum. Hal itu dapat dinilai pantas apabila harga jual tersebut mampu memberikan keuntungan yang sesuai dengan harapan.

Itulah beberapa pertimbangan penting yang harus diperhatikan pelaku usaha dalam menentukan harga jual produk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*