Menciptakan Peluang Usaha Di Desa

0
1833
Menciptakan Peluang Usaha Di Desa

Perkembangan perekonomian yang pesat di Indonesia menjadikan banyak orang berlomba-lomba merintis suatu usaha atau bisnis. Mulai dari bidang makanan, minuman, pakaian, dan lain sebagainya. Bisnis tersebut kebanyakan berada di daerah perkotaan. Namun siapa sangka bahwa menciptakan peluang usaha di desa ternyata juga bisa mendatangkan keuntungan.

Keuntungan membangun usaha di daerah pedesaan

Daerah perkotaan memang cocok bagi mereka yang ingin mendirikan suatu usaha terutama dalam skala yang cukup besar. Hal ini dikarenakan tingkat ekonomi penduduk yang tinggal di daerah perkotaan lebih baik daripada penduduk yang ada di pedesaan. Selain itu, akses untuk kebutuhan bahan baku juga akan lebih mudah jika berada di daerah perkotaan.

Namun siapa sangka jika menciptakan peluang usaha di desa juga memiliki banyak keunggulan daripada mendirikan usaha di daerah perkotaan. Keuntungan tersebut berkaitan dengan sisi geografi dan sumber daya alam. Di daerah pedesaan, anda juga akan dengan mudah mendapatkan sumber daya manusia.

Berikut ini adalah beberapa keunggulan yang akan anda dapatkan ketika menciptakan peluang usaha di desa :

Baca Juga  Tips dan Trik Membuka Usaha Toko Alat Listrik

1. Membantu meningkatkan perekonomian daerah

Pada jaman sekarang, para generasi muda yang berasal dari desa pasti memilih keluar dari desa mereka untuk mengadu nasib di kota lain. Oleh karena itu tingkat kepadatan penduduk di lain kota khususnya kota-kota besar dan juga ibukota semakin meningkat.

Hal tersebut menyebabkan ketidakmerataan pendapatan yang ada pada masyarakat di desa dengan kota dan di sebuah kota dengan kota lainnya. Padahal menciptakan peluang usaha di desa bisa membantu meningkatkan tingkat perekonomian di sebuah daerah sehingga para pemuda tidak perlu lagi keluar daerah.

2. Meningkatkan lapangan pekerjaan bagi para warga

Bayangkan ada berapa orang yang keluar dari desa mereka dan merantau di kota lain untuk mendapatkan kehidupan yang lebih layak. Hal tersebut menyebabkan desa merasa ditinggalkan dan akhirnya hanya dihuni oleh beberapa orang yang benar-benar tidak bisa meninggalkan desa.

Apabila anda memutuskan untuk membuat peluang usaha di sebuah desa, anda akan membantu membuka lapangan pekerjaan bagi mereka. Sehingga para warga tidak perlu lagi pergi ke luar kota atau bahkan pergi ke luar negeri untuk sekedar mencari sesuap nasi.

Baca Juga  Berbagai Pilihan Peluang Usaha Desa yang Dapat Berkembang Menuju Ekonomi yang Jauh Lebih Baik         

3. Upaya memberdayakan sumber daya yang ada di suatu desa

Setiap desa yang ada di Indonesia pastilah memiliki keunggulan sumber daya baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang patut untuk dikembangkan. Keputusan untuk membuat usaha yang ada di desa dapat membantu mengembangkan semua sumber daya yang ada.

Sebagai contoh sebuah desa yang memiliki potensi wisata yang memadai patut dikembangkan dengan memanfaatkan fasilitas tersebut. Potensi wisata yang ada di desa bisa direkonstruksi dan selanjutnya bisa digunakan sebagai ladang pendapatan bagi warga desa.

Lalu untuk desa yang memiliki sumber daya alam yang melimpah seperti jagung, padi, dan lain sebagainya sangat cocok untuk membuat usaha yang berbasis sumber daya alam yang dimiliki oleh desa tersebut seperti pertanian. Anda pun bisa menilik lebih dahulu potensi sumber daya alam yang berada pada desa tersebut untuk mengembangkan usaha anda.

4. Meningkatkan efisiensi dalam manajerial sebuah usaha

Prinsip ekonomi yaitu menggunakan dana seminimal mungkin untuk hasil yang semaksimal mungkin. Dan desa memiliki segala sesuatu yang akan anda butuhkan untuk mendirikan sebuah usaha. Sumber daya alam dan manusia? Semua ada di desa tergantung jenis usaha apa yang akan anda dirikan.

Baca Juga  Peluang Usaha Untuk Mahasiswa Ini Efektif Menebalkan Uang Saku

Lalu upah sumber daya manusia yang ada di desa juga akan lebih murah daripada ketika menyewa tenaga kerja yang ada di perkotaan. Dan juga harga sumber daya alam yang menjadi bahan baku usaha anda juga akan menjadi lebih murah daripada jika anda mendirikan usaha di perkotaan.

Dengan kata lain, menciptakan peluang usaha di desa tidak membuat rugi dan kebanyakan malah mendatangkan keuntungan. Dengan faktor biaya produksi yang akan lebih rendah dibandingkan dengan mendirikan usaha di perkotaan, akan lebih baik jika anda memutuskan untuk membuat peluang usaha di pedesaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here