Memilih Lokasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa)

Memilih Lokasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa)

BERDESA.COM – Dalam dunia usaha, lokasi usaha sangat penting diperhatikan. Sebab, hal tersebut sangat berpengaruh pada perkembangan suatu usaha. Termasuk usaha BUMDesa. Singkatnya, jika lokasi usaha sangat strategis, maka perkembangan usaha pun semakin cepat. Tentunya hal itu juga berpengaruh pada peningkatan pendapatan usaha. Sebaliknya, jika lokasi usaha tidak strategis, maka perkembangan usaha pun lambat. Akibatnya, pendapatan usaha pun rendah.

Maka dari itu, kegiatan usaha termasuk Badan Usaha Milik Desa atau BUMDesa harus memiliki lokasi yang strategis. Memang, saat ini masih sangat jarang BUMDesa yang telah memiliki skala produksi besar dan mengoperasikan pabrik. Namun demikian, pemahaman terhadap perencanaan pabrik sangat penting dimiliki.  Sebab, jika tiba saatnya, maka industrialisasi desa akan menjadikan desa dapat menjadi sentra industri tertentu, seperti halnya di China.

Adapun penentuan atau pemilihan lokasi usaha penting, karena mempengaruhi kedudukan BUMDesa dalam persaingan, dan kelangsungan hidupnya. Penentuan lokasi usaha juga harus mempertimbangkan kemungkinan perluasan tempat usaha (ekspansi). Pemilihan lokasi juga harus mempertimbangkan aspek lingkungan dan pencemaran.

Selain itu, penentuan lokasi usaha juga bertujuan agar kegiatan usaha BUMDesa dapat beroperasi dengan lancar, efektif dan efisien. Dalam penentuan lokasi tersebut, harus memperhatikan faktor biaya produksi serta biaya distribusi barang yang dihasilkan agar pengeluaran biaya operasi dapat terjangkau.

Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penentuan lokasi antara lain.

Mudah terlihat

Tips yang pertama dalam hal memilih lokasi usahanya yang strategis adalah dengan mencari tempat yang mudah terlihat oleh banyak orang.

Lalu Lintas

Tips selanjutnya dalam memilih suatu lokasi yang strategis yaitu dengan memilih arus lalu lalang orang atau kendaraan, karena dengan memilih lokasi yang banyak orang yang berlalu lalang, akan menambah peluang untuk datangnya pengunjung .

Dekat dengan target pasar

Jika lokasi usaha dekat dengan target pasar, maka itu bisa jadi nilai tambah bagi usahanya. Sebab, bisa menjangkau market lebih dekat sehingga pelanggan atau konsumen lebih mudah untuk mengunjungi dan bagi pelanggan hal itu bisa menghemat waktu serta biaya bagi pelanggan.

Akses

Pemilihan lokasi harus memperhatikan arus lalu lintas, apakah satu arah atau dua arah dan apakah letak tempat usahnya ada pada sisi arah orang berangkat atau pulang dari aktivitasnya dan pikirkan juga bagaimana caranya agar konsumen atau pelanggan mudah mengakses tempat tersebut.

Biaya Sewa

Suatu lokasi tempat usaha yang strategis biasanya mempunyai harga sewa yang tinggi, nah cara yang selanjutnya dalam memilih lokasi usaha yang strategis ini adalah dengan memperhatikan biaya sewanya.

Legalitas

Tips yang selanjutnya dalam memilih suatu lokasi usaha yang strategis adalah harus memperhatikan aspek legal. Janganlah sampai mengabaikan hal ini karena akan terlalu berisiko yang apabila kita sudah memutuskan untuk memilih suatu lokasi tetapi di kemudian hari ada masalah dalam hal perijinan, regulasi kawasan serta lingkungan yanga ada di sekitar. (BD01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*