Memberdayakan Masyarakat Desa A La Paguyuban Tani Organik Al-Barokah

0
1124

Tentu anda tidak asing dengan produk pertanian organik, bukan? Selain penting untuk perbaikan ekosistem pertanian yang kian rusak karena terpapar bahan kimia seperti pestisida, tani organik juga bagus untuk peningkatan ekonomi rakyat. Mengapa? Itu karena pangsa pasar pertanian organik yang saat ini semakin terbuka, sehingga memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Nah, di Kabupaten Semarang, ada satu kelompok tani yang cukup terkenal dengan upaya produksi pertanian organiknya. Namanya adalah Kelompok Tani Al-Barokah. Mustofa, Ketua Kelompok Tani Al-Barokah, menyampaikan kelompok ini sendiri lebih berfokus pada produk padi organik.

Menurut Mustofa, saat ini, pertanian organik perlu digalakkan mengingat kerusakan lingkungan yang terjadi saat ini salah satunya disebabkan cara pengolahan pertanian konvensional. Pertanian tersebut, dalam pandangan Mustofa, kerap menggunakan bahan kimia. Hal tersebut tentu membuat upaya memberdayakan lingkungan menjadi gagal, kendati ia sebenarnya memahami, produktivitas pertanian memang bisa diangkat melalui kegiatan tersebut. 

Namun demikian, selain ujung-ujungnya akan membuat kondisi lingkungan rusak, misalnya komposisi tanah, pertanian konvensional bagi Mustofa menimbulkan dampak lain yang tidak kalah membahayakan. Dengan bahan-bahan kimia yang digunakan, produk pertanian pertanian konvensional yang ada menimbulkan berbagai macam penyakit bagi para konsumennya.

Oleh karena itu, dengan menerapkan sistem organik, Mustofa meyakini pertanian mereka mampu mengorientasikan kualitas produknya yang aman untuk dikonsumsi. Tentu saja, produk tersebut tetap diupayakan bernilai jual tinggi, tanpa harus bergantung pada produk-produk kimiawi untuk menunjang produktivitas hasil pertanian mereka. 

Dengan kegiatan pertanian itu, sebagaimana yang diakui Mustofa, lebih dari 800 petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Al-Barokah mulai mendapat kehidupan yang lebih baik. Itu karena sejak didirikan tahun 1998, produk-produk mereka yang mereka kembangkan semakin diminati banyak orang. Mustofa pun kian percaya bahwa dengan menekuni pertanian organik, ada hal lain yang bisa dipetik, yakni kesejahteraan petani yang berpotensi terus meningkat.

Berkat Bantuan

Baca Juga  Peluang Usaha Kuliner Pengumpul Rupiah Masa Kini

Kesuksesan yang mulai Yayasan Al-barokah dari kegiatan pertanian organiknya, sebagaimana yang diakui Mustofa, sebenarnya tidak terlepas juga oleh bantuan yang sempat diberikan PT. Astra International. Melalui program Desa Sejahtera Astra (DSA) yang mereka terima beberapa waktu yang lalu, Kelompok Petani Al-Barokah mendapat sejumlah keuntungan dari perusahaan tersebut. 

Seperti yang terjadi belakangan ini, ketika mereka mendapat pelatihan pengembangan produk dari PT. Usaha Desa Sejahtera, yang merupakan mitra kerja PT. Astra International. Lewat pelatihan tersebut, para petani Al-Barokah tersadar akan pentingnya membaca kebutuhan atau keinginan pasar soal produk usaha yang kiranya belum tersedia.

Di samping itu, para petani juga mendapat beberapa kegiatan lain yang juga disokong PT. Astra International. Misalnya saja program sertifikasi kapabilitas pertanian organik bagi para petani Kelompok Tani Al-Barokah, lalu pelatihan tentang pembuatan biogas, serta pelatihan pembuatan pupuk dengan memanfaatkan mikroorganisme lokal.

“Setelah ada program dari Astra, program yang ada di yayasan Al-Barokah semakin baik. Melalui pelatihan-pelatihan yang diberikan, kini Yayasan Al-Barokah mendapat dampak di bidang peningkatan SDM serta peningkatan produksi hasil pertanian organik para petani yang dibina Yayasan Al-Barokah. Hal itu menunjukkan bahwa program dari Astra membawa dampak yang sangat besar bagi petani di yayasan ini,” ujar pria paruh baya tersebut.

Hasilnya pun terasa memuaskan sejak mereka diberikan pelatihan tersebut, #TemanDesa. Mukhlisin, salah satu petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Al-Barokah, mengamini hal itu dengan melihat perkembangan hasil panen padinya. Keberhasilan itu, menurut Mustofa, mengisyaratkan bahwa bantuan yang diberikan PT. Astra International, termasuk dari PT. Usaha Desa Sejahtera, betul-betul mampu diterima dan diaplikasikan secara baik oleh para petani. Ia bersyukur, karena lewat program tersebut, para petani Al-Barokah menjadi bertambah daya kreativitas, inovasi, serta produktivitasnya.

“Kami mendapat pendampingan yang luar biasa. mulai dari pendampingan pembibitan, pengolahan, hingga pasca panennya. Dampaknya, tahun ini kami mendapat hasil produksi yang tambah bagus, yang sebelum ada program Astra kami hanya mendapat hasil 8-9 ton. tahun ini bisa mencapai 10-11 ton,” ujar Mukhlisin.

Terkait itu, Supri, salah satu pengurus Kelompok Tani Al-Barokah yang lain, menambahkan bahwa program ini memberi dampak bagi proses pengarahan kegiatan pertanian organik bagi sesama petani di kelompok tersebut.

“Program Astra lebih meningkatkan kewaspadaan dalam mengawasi program pengolahan lahan bagi petani Al-Barokah yang melaksanakan pertanian organik,” kata Supri.

Hal senada juga diungkapkan Mustofa. Baginya, selain menambah produktivitas hasil pertanian, para petani organik menjadi semakin memahami inovasi apa yang harus mereka lakukan dari waktu ke waktu. 

“Secara umum, kesan bagi petani Al-Barokah tentang Program Astra yaitu meningkatkan motivasi dalam bertani sekaligus semakin membuat terukur kinerja mereka untuk memproduksi produk pertanian organik yang berkualitas. Sehingga hal tersebut mampu membumikan motivasi petani untuk turut meningkatkan ekonomi rakyat lewat pertanian organik,” akunya.

Lebih jauh, dengan beragam pantikan inovasi yang telah didapat para pteni dari pelatihan-pelatihan tersebut, Mustofa yakin bahwa petani tidak akan hanya menjadi obyek tapi menjadi subyek. Maksudnya, para petani, khususnya yang saat ini tergabung dalam Yayasan Al-Barokah dapat menentukan nasib kesejahteraan mereka sendiri melalui kreativitasnya dalam bertani.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here