Membangun Usaha di Usia Tidak Muda, Kenapa Tidak?

Membangun Usaha di Usia Tidak Muda, Kenapa Tidak?

BERDESA.COM – Banyak orang, meski usianya masih produktif, sudah merasa tua dan merasa tak mampu lagi membangun usaha. Padahal sebenarnya, orang yang sudah berumur justru memiliki banyak keunggulan, karena membangun usaha sama sekali bukan hanya bisa dilakukan anak muda.

Berikur ini beberapa keunggulan orang yang memulai usaha di usia yang tidak muda lagi. Beberapa kehebatan ini justru sama sekali tidak dimiliki orang-orang yang masih muda:

  1. Sarat Pengalaman

Gairah yang meluap dan stamina yang tinggi anak-anak muda memang modal yang kuat untuk mencapai mimpi besar. Tapi jangan salah, pengalaman dari sudut manapun tetap jauh lebih unggul dibanding semangat saja. Orang yang sudah tidak muda lagi jelas memiliki pengalaman lebih banyak dibanding anak muda.

Seorang yang sudah berumur juga memiliki emosi yang jauh lebih stabil dibanding anak muda yang masih sangat emosional. Maka ketika menghadapi persoalan atau tantangan baru dalam usahanya, seorang yang membangun usaha di usia tidak muda bakal jauh lebih siap menghadapi masalah dengan cara yang efektif.

  1. Bebas dari Beban ‘Membesarkan Anak’

Orang yang sudah berumur umumnya telah menjalani masa-masa membesarkan anaknya. Pada usia ini anak-anak mereka sudah dewasa dan sudah bisa membangun jalan kehidupannya sendiri. Situasi ini tentu saja jauh lebih menguntungkan ketimbang para pebisnis muda yang masih harus begadang semalaman demi mengganti popok anaknya yang masih Balita setelah mereka pulang kerja.

Belum lagi segudang urusan seperti cicilan rumah, angsuran mobil, biaya sekolah anak dan menemani anak ke mall dan sebagainya. Orang yang sudah berumur tidak perlu lagi mengerjakan tugas-tugas seperti itu sehingga memiliki konsentrasi yang tinggi pada usaha yang dibangunnya. Ini sangat mendukung proses membangun usaha dengan cara yang jauh lebih efektif.

  1. Memiliki tujuan yang lebih jelas

Pengalaman mengarungi hidup dan menghadapi berbagai tantangan sepanjang karirnya membuat seorang yang sudah berumur bakal lebih fokus dan serius dalam merumuskan tujuan dari usaha yang dibangunnya. Berkat pengalamannya orang yang berumur tidak perlu melakukan berbagai percobaan yang riskan dalam membangun usaha. Seperti halnya yang dilakukan banyak anak muda.

Orang yang sudah berumur juga tidak bakal hangus dibakar ambisinya sendiri, sebuah gejala yang banyak menghancurkan bisnis anak-anak muda. Orang yang sudah berumur jauh lebih mampu mengukur energi, menakar berbagai prospek dan membangun rencana lebih baik serta bisa menyusun langkah yang tepat dalam eksekusi.

Tujuan seorang yang sudah berumur juga berbeda dengan anak muda yang sebagian besar melulu soal uang. Orang yang berumur bakal lebih bisa mengendalikan diri untuk tidak terjebak ambisi mendapatkan keuntungan secara instan sehingga usaha yang dibangunnya jauh lebih stabil berjalan.

Jadi, membangun usaha sama sekali bukanlah dunia anak muda. Para pensiunan juga bisa melakukan langkah ini, selain bisa menjadi sumber pendapatan baru, menjalankan usaha juga bakal menjadi aktivitas positif. Soalnya, banyak pensiunan yang mengalami persoalan psikologis karena mereka tidak memiliki kegiatan yang berarti, hal itu mengikis keyakinan dirinya sebagai seorang yang memiliki nilai bagi orang lain. Jadi, kenapa tidak dimulai dari sekarang? (aryadjihs/berdesa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*