Membangun Dari Desa

Membangun Dari Desa

Berdesa.com – Membangun dari desa adalah salah satu komitmen pemerintah  untuk menghadirkan pemerataan ekonomi yang berkeadilan. Sebab itu jumlah Dana Desa  terus ditingkatkan setiap tahunnya. Masyarakat adat juga terus diperkuat  dan diberikan akses terhadap kesejahteraan. Kemudian  perekonomian di tingkat bawah  digerakkan melalui penyediaan  kredit dengan bunga rendah.

Untuk mewujudkan pemerataan ekonomi Distribusi Dana Desa, penguatan kelembagaan desa, serta keterbukaan pengelolaan anggarannya perlu dikembangkan untuk disempurnakan. Pemerintah terus memastikan bahwa desa sebagai entitas terkecil mampu menjadi penopang utama pelayanan warga  dan sekaligus penggerak perekonomian bangsa.

Pengakuan terhadap hak – hak masyarakat adat adalah pendekatan baru dalam rangka memperkuat sistem sosial dalam masyarakat  lokal. Sementara, untuk  menggerakkan perekonomian di tingkat mikro dan sekaligus membebaskan warga dari jeratan utang yang mencekik, program  kredit untuk rakyat terus didorong dan diperluas  cakupannya.

Sebagai wujud komitmen pemerintah dalam pembangunan desa, angaran dana desa dari tahun ke tahun terus meningkat,  pada tahun 2015 dana desa hanya sebesar 20,76 triliun, ditahun 2016 meningkat menjadi 46,98 triliun dan untuk tahun ini (2017) menjadi 60 triliun.  Sedangkan Dana Transfer ke Daerah yang dialokasikan untuk mengurangi ketimpangan antara pusat dan daerah juga terus mengalami peningkatkan. Dari data Kemendes tercatat dana tranfer daerah dari tahun 2014 sampai tahun 2017 mengalami peningkatan, tahun 2014 hanya sebesar 292,55 triliun sedangkan di tahun 2017 mengalami peningkatan yang sangat siknifikan yaitu sebesar 70,92 triliun.

Dengan dukungan penuh pemerintah terhadap desa dengan wujud alokasi dana desa yang terus meningkat ini diharap bisa dimanfaatkan sesuai undang-undang yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Untuk lebih lebih detail bisa dilihat di infografis diatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*