Membangun BUMDes Kuat Perkasa

Membangun BUMDes Kuat Perkasa

BERDESA.COM – Apa hebatnya Badan Usaha Milik Desa alias BUMDes? Apakah program bisa berjalan atau hanya akan lumpuh-layu seperti berderet-deret pendahulunya yakni BINMAS, KUPEDES, KIK, KCK, BUUD, KUD. Apa saja senjata ampuh pendekar bernama BUMDes ini yang bisa membuatnya bertahan hidup sekaligus membabat beragam tantangan di masa depan.

BUMdes adalah usaha desa yang memanfaatkan potensi dan aset desa untuk membangun kesejahteraan warga desa dan digerakkan secara kolektif antara pemerintahan desa dan masyarakat. Maka seperti apa BUMDes bakal benar-benar ada di tangan warganya, bukan lagi program ‘paketan’ model lama. Ini adalah pembangunan yang digerakkan oleh kekuatan desa, karena yang tahu aset dan potensi desa adalah masyarakat desa itu sendiri.

Kali ini selain bermodal political will alias kehendak pemerintah, desa juga dipersenjatai kekuatan Undang Undang No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Dalam UU itu disebut dengan jelas beberapa kekuatan yakni pertama asas rekognisi alias pengakuan pemerintah terhadap entitas desa. Maka jika pemerintah ingin memperkuat desa tidaklah perlu membentuk lembaga baru melainkan cukup dengan mendukung dan memperkuat aset dan institusi yang ada.

Kedua emansipasi yakni desa harus bangkit sendiri membangun potensi lokal yang dimilikinya dan pemerintah serta komponen yang lain perlu melakukan yang ketiga yakni fasilitasi alias mendorong, mengembangkan kapasitas desa. Untuk menjalankan itu negara desa mendapatkan pendanaan untuk menjalankannya.

Keunikan lain, BUMDes adalah sebentuk lembaga legal yang mampu menjalankan dan membangun unit usaha sekaligus bisa bekerja sama dengan usaha-usaha lainnya baik usaha perorangan, kolektif atau koperasi di wilayah desanya. BUMDes juga bisa mendirikan perusahaan berbentuk PT misalnya. Maka BUMDes adalah lembaga yang menempatkan masyarakat desa sebagai subyek atas pembangunan di desanya dan berhak menikmati sepenuhnya apa yang mereka berhasil lakukan dengan BUMDes-nya.

Pertanyaannya, mampukah desa menjalankan program ini soalnya selama ini mengurus administrasi saja sudah membuat perangkat desa ‘super sibuk’. Inilah tantangan BUMDes! Jangan kawatir, BUMDes tak harus membangun konsep dan jaringan usaha baru, soalnya BUMDes juga bisa membangun lembaga usaha yang berfungsi menjadi akselator peningkatan usaha masyarakat terutama Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di pedesaan.

Salahsatu contoh membangun perusahaan air minum untuk mencukupi kebutuhan air bersih warga seperti yang dilakukan dengan gemilang BUMDes Karangrejek, Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta. Warga Karangrejek bahkan berhasil menuai laba dari pengelolaan air minum desanya, hal yang selama ini gagal dicapai perusahaan air minum daerah yang sudah bertahun-tahun itu.

BUMDes juga bisa membangun Bank desa. Daripada bunga pinjaman diserahkan ke bank yang tidak berpihak pada ‘wong cilik’ di luar sana, bukankah lebih baik dipakai membangun desa. Dengan bank ini desa bisa memacu pertumbuhan UKM di desanya juga BUMDes yang dimiliknya.

Jangan lupa pula potensi membangun desa wisata. Desa wisata mampu membuka banyak lapangan kerja dan beragam peluang pendapatan seperti homestay, warung makan, budaya setempat terekspos dan beragam potensi lain. Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta, meraup milyaran rupiah tiap bulan dengan mengelola wisata gunung purba di desanya. Sedikitnya 150 pemuda kini tak perlu mencari kerja karena mereka sudah diserap desanya sendiri.

Salahsatu yang harus dilakukan perangkat desa dan para pemuda adalah mendongkrak pengetahuan mereka. Cara yang paling efektif adalah melalui internet. Tak hanya knowledge yang bakal didapat di dunia maya ini tetapi juga jaringan kerja sama dengan ebrbagai pihak di luar desa.

Salahsatu link yang layak dijaring adalah PT Usaha Desa, sebuah perusahaan yang memancang konsentrasinya pada pemberdayaan ekonomi pedesaan. Beberapa website perusahaan ini didedikasikan demi pemberdayaan desa. Berdesa.com adalah portal informasi mengenai bagaimana mengelola dan mengembangkan potensi desa, usahadesa.com adalah e-commerce, website jual beli produk desa dan UKM serta desabelajar.com, portal khusus yang menyediakan beragam akses pengetahuan berupa video tutorial mengenai berbagai cara membangun desa. Ayo, membangun Indonesia dari desa. (dji-1)

foto: truthofwestpapua.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*