Memahami Pentingnya BUMDesa

Memahami Pentingnya BUMDesa

Mengapa pemerintah, dalam hal ini Kementerian Desa, begitu antusias mendorong peningkatan peran BUMDES?

Badan usaha milik negara (disingkat BUMN) atau perusahaan milik negara merujuk kepada perusahaan atau badan usaha yang dimiliki pemerintah sebuah negara. BUMN memiliki peran strategis dalam pengelolaan aset-aset strategis dan hajat hidup rakyat banyak agar dapat memberikan kemakmuran rakyat.

Aset-aset strategis dan hajat hidup rakyat banyak tersebar sampai ke tingkat desa. Bagaimana aset-aset strategis dan hajat hidup rakyat banyak di desa sebaiknya diatur dan dikelola? UU No. 6/2014 dan peraturan pelaksanaannya menyebutkan bahwa Desa dapat mendirikan Badan Usaha Milik Desa yang disebut BUM Desa. BUM Desa dikelola dengan semangat kekeluargaan dan kegotongroyongan untuk dapat menjalankan usaha di bidang ekonomi dan/atau pelayanan umum sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Artinya asset-asset strategis dan hajat hidup rakyat banyak di desa sebaiknya diatur dan dikelola melalui BUM Desa.

UU Desa mendefinisikan BUM Desa sebagai badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh Desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan Desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk sebesar- besarnya kesejahteraan masyarakat Desa. Disebut badan usaha adalah kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Badan usaha adalah lembaga di mana di dalamnya terdapat perusahaan yang mengelola faktor-faktor produksi. Milik Desa karena seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh Desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan Desa yang dipisahkan.

Kekayaan desa yang dipisahkan bertujuan agar ketika disetorkan maka saat itu menjadi modal BUM Desa, bukan lagi bagian dari kekayaan desa sehingga ketika BUM Desa mengalami kerugian maka bukan merupakan kerugian desa. Kekayaan Desa tersebut digunakan untuk mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Desa. Jadi sama halnya dengan BUMN di negeri ini, BUM Desa memiliki peran strategis dalam pengelolaan asset-asset strategis dan hajat hidup rakyat banyak di desa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*