Melihat Peluang Usaha Desa, Rubah Rawa Menjadi Sumber Penghasilan

0
93

Dilansir dari laman id.wikipedia.org, Rawa adalah lahan berisi genangan air secara ilmiah terjadi terus-menerus atau musiman akibat dari drainase yang terhambat serta memiliki ciri-ciri khusus baik secara fisika, biologis dan kimiawi. Selain itu terdapat definisi lain yaitu rawa merupakan semua macam tanah berlumpur yang terbentuk baik secara alami maupun buatan manusia dengan cara mencampurkan antara air tawar dengan air laut, secara permanen atau sementara, termasuk yang terdapat pada daerah laut yang genangan airnya memiliki kedalaman kurang dari 6 meter.

Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang memiliki banyak rawa, walaupun rawa dapat dibuat oleh manusia akan tetapi kebanyakan rawa yang ada di Indonesia merupakan rawa-rawa yang terbentuk secara alamiah. Rawa di Indonesia biasanya banyak ditemukan di area hutan dengan kondisi memiliki banyak ditumbuhi pepohonan liar yang subur, berukuran besar-besar, dan juga lebat. Selain itu ada pula rawa yang letaknya dekat dengan pemukiman penduduk. Nah, rawa yang dekat pemukiman penduduk inilah yang akan kita bahas.

Di Indonesia ada desa-desa dimana wilayahnya terdapat rawa, sebelumnya banyak orang desa yang bingung untuk mengelola rawa yang berada di daerah mereka. Terlebih banyak rawa-rawa yang tak terurus ditumbuhi oleh tanaman-tanaman yang tak produktif seperti semak belukar, tak jarang banyak di temukan juga ular hidup disana. Hal inilah yang membuat banyak orang enggan untuk mendatangi dan menjamah daerah rawa ini.

Baca Juga  Beternak Belut Dalam Drum, Peluang Usaha Desa Yang Menjanjikan

Namun sebetulnya jika Anda menyadari, rawa-rawa ini memiliki berbagai peluang usaha. Apabila Anda bisa melihat peluang tersebut maka rawa yang tadinya terbengkalai dan tak terurus mampu dimanfaatkan dan dikelola hingga dapat menghasilkan sesuatu yang bernilai ekonomis. Berikut ini merupakan contoh peluang usaha desa yang memiliki daerah rawa antara lain yaitu:

1. Mengubah Rawa Menjadi Kolam Tambak

Keberadaan rawa sebetulnya memiliki manfaat yang luar biasa, seperti sebagai sumber mata air untuk kehidupan, sebagai pelindung ekosistem, melindungi dari banjir, dan masih banyak manfaat lainnya. Selain itu, rawa juga dapat diubah menjadi kolam tambak untuk membudidayakan ikan air tawar. Anda dapat mengisi kolam tambak tersebut dengan ikan lele, patin,dan gurame.

Hasil dari budidaya ikan tersebut nantinya bisa dijual kepada masyarakat sekitar bahkan bisa juga hingga keluar daerah, tentunya hal ini akan mendatangkan penghasilan untuk Anda. Anda juga dapat mengelola rawa tersebut secara bersama-sama dengan warga desa supaya hasil dari pengelolaan dan pemanfaatan rawa dapat dirasakan bersama juga.

Baca Juga  Asyiknya Menjadi Desapreneur, Membangun Desa Mendapat Penghasilan Pula (Bagian I)

2. Mengubah Rawa Menjadi Tempat Wisata

Peluang usaha desa berikutnya yaitu rawa dapat diubah menjadi tempat wisata, dengan kerja sama saling bergotong-royong antara warga desa dan dengan bantuan dari pemerintah maka rawa yang tadinya ditumbuhi semak belukar dan tak terurus bisa dibersihkan dan dirawat hingga menjadi cantik dan ini bisa dimanfaatkan untuk tempat wisata. Selain menjual pemandangan yang indah, dapat juga disediakan fasilitas-fasilitas seperti tempat memancing dan juga dengan penyewaan alatnya, penyewaan perahu untuk menyusuri rawa, adanya rumah makan terapung dan lain sebagainya.

Dengan diubahnya rawa menjadi tempat wisata maka ini akan menjadi sumber pendapatan desa bahkan daerah, selain itu juga bisa menghidupkan usaha-usaha kecil yang dijalankan oleh warga desa seperti berjualan makanan, jualan cinderamata, dan lain-lain. Tentunya dengan adanya tempat wisata maka desa tersebut akan didatangi oleh para wisatawan, hal ini akan sangat menguntungkan sekali dan menghasilkan kesejahteraan terutama bagi warga desa sekitar.

3. Mengubah Rawa Sebagai Budidaya Tanaman Teratai

Rawa yang tadinya berisi semak belukar dapat diubah menjadi cantik ketika dibersihkan dan ditanami dengan bunga teratai, teratai memiliki daun-daun yang lebar dan juga memiliki bunga dengan berbagai macam warna, mulai dari warna merah, biru, ungu, putih dan masih banyak lainnya, jika bunga ini bermekaran tentunya akan membuat rawa terlihat indah.

Baca Juga  Sukses Usaha Dengan Modal Satu Juta Rupiah

Selain itu tanaman teratai ini juga memiliki banyak manfaat mulai dari berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit seperti batuk darah, disentri, muntaber, menormalkan tekanan darah dan masih banyak lagi lainnya. Tentunya ini akan sangat bermanfaat dan menghasilkan keuntungan apabila dikelola dengan baik dan benar.

Itulah tadi beberapa contoh peluang usaha desa yang memiliki rawa-rawa di wilayahnya. Rawa yang yang tadinya terlihat tidak berguna kini bisa diubah menjadi tempat yang dapat menghasilkan dan dapat membuat perekonomian warga desa dan desanya semakin maju serta lebih baik dari sebelumnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here