Mau Buka Usaha Warnet Di Desa? Cek Analisa Usahanya Disini!

0
2694

Memiliki tanah luas di desa merupakan sebuah keuntungan yang patut kita syukuri. Dengan lahan yang luas selain kita bisa membangun hunian seluas yang kita butuhkan, kita juga bisa membangun usaha di desa yang pastinya akan bisa menambah pundi-pundi rupiah kita. Berbicara soal membuka usaha di desa, pikiran Anda mungkin akan auto ke bisnis-bisnis yang berhubungan dengan pertanian atau perkebunan atau mungkin budidaya bukan? Sebenarnya, memiliki tanah atau lahan yang luas di desa, kita tidak hanya dapat membangun usaha yang berhubungan dengan sektor-sektor yang telah disebutkan sebelumnya namun juga kita dapat mencoba peluang usaha baru yang mungkin bisa prospektif di desa.

Peluang usaha yang banyak dipilih biasanya adalah di bidang kuliner. Namun, seperti yang kita ketahui bersama bahwa membuka usaha di bidang kuliner tidak semudah itu Ferguso. Selain modal yang tinggi dan pesaing yang ketat, membuka bisnis kuliner merupakan sesuatu yang gegabah jika tidak dipikirkan secara matang dan memang memiliki cukup modal dan mental yang kuat. Persaingan di sektor ini terlalu “rapat”. Oleh karenanya, carilah peluang usaha lain yang tidak terlalu “rapat” persaingannya, namun memang dibutuhkan dan dicari di desa.

Baca Juga  Peluang Usaha di Desa dengan Modal Kecil

Salah satu bisnis yang bisa kita coba buka jika kita memiliki lahan yang cukup luas di desa adalah bisnis warnet atau warung internet. Semakin berkembangnya teknologi yang tentunya juga masuk ke desa membuat kebutuhan akan internet ikut meningkat pula. Memang tidak sedikit yang sudah memilki perangkat untuk mengakses internet sendiri, namun tidak sedikit juga yang belum memiliki fasilitas tersebut di desa, oleh karenanya, bisnis ini dapat dibilang cukup prospektif untuk kita coba.

Guna membuka bisnis satu ini, kita perlu menyiapkan modal sekitar Rp. 20 – 30 jutaan. Untuk rincian pengeluaran yang mungkin akan kita butuhkan dapat dilihat di tabel di bawah ini:

Kebutuhan Estimasi Pengeluaran
PC (5 buah) Rp. 15.000.000
Meja + kursi (5 pasang) Rp. 5.000.000
Printer (2 buah) Rp. 2.000.000
Setting tempat (sekat + carpet) Rp. 3.000.000
Biaya Internet Rp. 500.000
Tagihan listrik Rp. 500.000
TOTAL Rp. 26.000.000

 

Biaya di atas merupakan gambaran biaya dengan asumsi menggunakan tempat atau lahan pribadi sehingga tidak perlu melakukan sewa tempat, namun bagi Anda yang belum memiliki gambaran akan membuka usaha dimana, mungkin pengeluaran di atas akan ditambah dengan biaya sewa. Selain itu, estimasi pengeluaran di atas tidak termasuk sewa pegawai, jadi diasumsikan kita sendiri yang akan mengelola usaha ini. Kemudian mengapa ada biaya printer di atas? Hal ini untuk menambah penghasilan kita, just in case, pelanggan ada yang sekalian ngeprint atau cetak foto, dapat kita layani. Untuk awalan modal yang dikeluarkan memang tidak dapat dibilang sedikit, namun jangan khawatir karena dengan modal yang sebegitu banyak kita akan mendapatkan keuntungan yang tidak sedikit pula.

Baca Juga  Usaha Pemotongan Ayam

Berbicara soal keuntungan usaha ini, kita akan mendapatkan keuntungan lebih jika kita memfasilitasi PC yang ada dengan fasilitas gaming, karena saat ini, fungsi komputer dan internet tidak hanya terbatas untuk sosial media, pekerjaan maupun tugas sekolah saja tetapi juga untuk ngegame. Dan biasanya, pemasukan dari sini lah yang lebih besar. Oleh karenanya, kita perlu memperhatikan spesifikasi komputer yang ada. Pastikan ber-spec kuat agar dapat menarik lebih banyak pelanggan.

Hal yang biasanya tidak disukai pelanggan yang perlu menjadi perhatian kita adalah: komputer lemot, internet lemot, tempat yang tidak nyaman (bau asap rokok atau gerah misalnya). Oleh karenanya, kita perlu sebaik mungkin menyiapkan tempat yang nyaman guna memudahkan kita mendapatkan konsumen.

Peluang usaha ini terbilang cukup baik di desa karena mungkin keterbatasan yang dimilki sehingga tidak semua rumah memilki PC dengan koneksi internet yang bagus. Tidak ada salahnya untuk mencoba peluang usaha ini bagi Anda yang sedang mencari inspirasi peluang usaha baru yang bisa dibuka di desa. Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi bagi Anda ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here