Mau Buka Usaha Baru, Ini Lima Hal Penting yang Harus Disiapkan

Mau Buka Usaha Baru, Ini Lima Hal Penting yang Harus Disiapkan

BERDESA.COM – Banyak orang membayangkan membuka usaha baru milik sendiri pastilah menyenangkan. Sebaliknya, sedikit orang yang tahumembuka usaha baru bukan perkara gampang. Semuanya tergantung pada krja keras dan kemampuan diri. Tetapi tak berarti sulit. Mau tahu apa yang harus disiapkan ketika membuka usaha baru?

Pertama, ide usaha yang paling hebat adalah yang sesuai dengan passion alias sesuatu yang menyenangkan bagi Anda. Soalnya, sesuatu yang berangkat dari hal yang menyenangkan akan memudahkan Anda menjalankannya. Sebuah usaha yang dilandasi ketertarikan atau kesenangan pada bidang itu akan memberi Anda dorongan yang kuat untuk terus menggali dan menciptakan berbagai inovasi dalam proses menjalankannya. Kesenangan pada sesuatu hal juga akan membuat Anda lebih kuat menghadapi rintangan jika suatu saat usaha baru Anda mengalami guncangan.

Sesuatu yang kita sukai juga pasti memberikan kita pengetahuan lebih baik secara keseluruhan dan tak sulit bagi Anda untuk mempelajari tiap detail dari usaha yang akan Anda jalankan. Misalnya, Anda sangat menyukai minuman kopi. Maka bakal menyenangkan bagi Anda mencari segala informasi yang detail dan lengkap mengenai kopi sehingga bakal sangat berguna jika Anda membuka kedai kopi. Soalnya, para peminum kopi sangat gemar menikmati cerita dari kopi yang diminumnya.

Kedua, harus punya visi, misi dan tujuan yang jelas. Sebagian orang mengatakan visi dan misi bukan sesuatu yang terlalu penting dan terkesan formal bin teoritis. Sebaiknya jangan ikuti pendapat itu. Visi, misi dan tujuan sangat penting bagi sebuah usaha terutama usaha baru. Visi akan membimbing Anda menciptakan arah dan tujuan yang jelas mengenai usaha yang Anda jalankan. Visi membuat Anda lebih mudah menentukan target yang ingin Anda capai. Misalnya, Anda ingin membuat kedai kopi yang akan membuat setiap orang menjadi paham beragam kopi dan kenikmatannya. Maka kedai Anda tidak hanya akan dianggap sekedar temat minum kopi saja melainkan sebuah tempat yang memiliki daya tarik yang jauh lebih dalam.

Misi akan melengkapi visi secara teknis. Misalnya, kedai kopi Anda membangun misi sebagai kedai yang melestarikan kopi-kopi asli Indonesia yang paling nikmat dengan segala cerita tentangnya. Maka kedai Anda bakal menjadi tempat nongkrong komunitas penyuka kopi dan itu artinya Anda telah menciptakan segmen yang pasti yang akan menghidupi kedai Anda.

Ketiga, harus punya mimpi yang besar. Menjadi entrepreneur berarti harus berani punya mimpi yang besar. Mimpi yang besar akan membuat Anda bersemangat dan terus berjuang mencapainya. Bermimpi menjadi kedai kopi yang membuat komunitas kopi betah dan bangga ‘nongkrong’ di kedai Anda akan membuat kedai Anda menjadi tempat yang paling diincar para penyuka kopi di seluruh dunia. Jika sudah begitu, siap-siaplah membuka cabang di mana-mana. Maka, Anda tidak hanya akan mendapat keuntungan finansial saja melainkan juga menjadi tokoh yang dikenal sebagai penguasa informasi kopi yang diinginkan banyak orang.

Keempat, berani ambil resiko. Setiap usaha pasti memiliki resiko. Sukses dan tidaknya seorang pengusaha seringkali tertumpu pada kemampuan si pengusaha menghadapi resiko itu, sepahit apapun. Kedai kopi bertebaran dimana-mana tetapi tidak semua kedai memiliki keistimewaan dalam hal penguasaan informasi mengenai kopi dari seluruh dunia. Salahsatu resiko Anda adalah Anda tidak hanya harus melayani konsumen dan menjalankan manajemen perusahaan yang baik melainkan juga harus rela mempelajari tema yang berkaitan dengan kopi selengkap mungkin dan mendengarkan apa yang diungkapkan para pengunjung kedai Anda mengenai cita ras ayang Anda sajikan. Inovasi adalah bagian dari tantangan ini, mampukah Anda keluar sebagai jawara dalam persaingan kedai kopi, itu benar-benar tergantung dari kekuatan Anda menghadapi tantangannya.

Kelima, jangan gampang terpengaruh oleh tren. Tren berjalan bak kecepatan meteor. Jangan salah, tren adalah salahsatu bagian dari permainan bisnis juga. Artinya, tren adalah salahsatu cara yang digunakan oleh sebagian pebisnis untuk selalu memunculkan inovasi dan menjadi buruan setiap orang kemudian sehingga usaha dia bakal maju pesat seketika.

Anda tidak harus mengikuti perkembangan seperti itu. Kedai kopi Anda bakal tetap menarik meski tidak menyediakan kemasan pabrikan yang bisa dibawa pulang, misalnya. Kedai Anda hanya menyediakan kenikmatan kopi yang hanya bisa diseduh di tempat. Pilihan strategi seperti ini memiliki kekuatan misterius yang akan membuat banyak orang datang karena penasaran karena unik dan jarang. Siap mencobanya? (aryadji/berdesa)

Foto: www.pegipegi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*