Mau Buka Salon di Desa? Berapa Modalnya?

0
1856

Membuka usaha dimanapun, mau di kota maupun di desa, tidak ada bedanya. Yang membedakan adalah seberapa besar modal dan kemauan kita untuk mengelola modal tersebut dengan baik. Nah berbicara soal peluang usaha desa, sebenarnya di laman ini sudah tersedia puluhan bahkan ratusan peluang usaha desa yang dapat anda coba atau jadikan inspirasi dalam membuka usaha di desa.

Namun jika anda belum menemukan peluang usaha desa yang pas di hati dan di modal, mungkin peluang usaha desa yang satu ini dapat memberikan anda inspirasi yaitu usaha salon kecantikan. Berbicara soal salon kecantikan, selama di desa anda masih ada perempuan, jangan khawatir untuk tidak dapat konsumen. Dimana ada wanita, disitulah mereka butuh salon. Entah itu untuk sekadar potong poni, potong rambut, atau mungkin creambath.

Jangan salah, tidak hanya para wanita di kota yang gemar nyalon. Namun seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, dimanapun ada wanita, disitu ada potensi usaha salon. Usaha salon ini dapat menjadi lebih menguntungkan jika anda punya lapak yang “terlihat”. Katakanlah dekat pasar, kompleks pertokoan, atau bisa juga dirumah, asal fasilitas dan promosi anda dilakukan dengan baik.

Baca Juga  Peluang Usaha Makanan Kecil di Desa yang Layak Dicoba

Nah berbicara soal peluang usaha desa yang satu ini, berapa sih modal awal membuka salon kecantikan? Mari kita bahas bersama mulai dari modal awal ya.

Modal Awal

Kebutuhan Estimasi Biaya
Peralatan Salon Rp. 17.000.000
Gaji karyawan (2 orang @ Rp. 1.500.000) Rp. 3.000.000
Biaya Air dan Listrik Rp. 1.000.000
Promosi (banner dll) Rp. 1.000.000
Biaya lain-lain Rp. 500.000
Total biaya Rp. 22.500.000

 

Dapat dilihat pada tabel estimasi biaya di atas, anda membutuhkan sekitar kurang lebih Rp. 22.500.000 untuk membuka usaha salon. Biaya tersebut terlepas dari biaya sewa ruko atau sewa tempatnya. Anda tentu dapat menghemat pengeluaran dengan meminimalisir peralatan terlebih dahulu. Jadi cukup sediakan meja+kursi salon 3 buah, 1 alat untuk cuci rambut terlebih dahulu. Anda dapat menambah inventaris ketika salon yang anda buka sudah mulai banyak pelanggan.

Nah, jika anda sudah mengetahui berapa kisaran modal awal peluang usaha desa yang satu ini, lalu bagaimana tips n trik agar salon anda cepat mendapat pelanggan?

Baca Juga  Peluang Usaha di Desa yang dapat Dikembangkan dan Menghasilkan Keuntungan Bagi setiap Masyarakatnya

1. Kualitas over kuantitas

Di awal anda membuka salon, tentu banyak yang penasaran dan akhirnya datang pada salon anda. Yang biasanya dilakukan adalah melayani secepat mungkin untuk dapat menampung atau melayani sebanyak mungkin pelanggan pada saat grand opening. Hal ini tidak sepenuhnya benar. Memang kecepatan juga dibutuhkan, namun ada yang lebih penting.

Karena anda menjual jasa, (jasa potong rambut misalnya), yang anda butuhkan adalah kepuasan pelanggan. Jangan jadikan kecepatan menjadi hal yang akhirnya mengganggu kualitas anda dan berakibat turunnya kepercayaan konsumen atau pelanggan pada anda. Jadi, utamakan kualitas, over kuantitas. Oke?

2. Diskon itu menggoda pelanggan untuk datang

Buatlah diskon di awal anda membuka peluang usaha desa yang satu ini, tujuannya? Agar pelanggan datang dulu ke salon anda. Yang penting mereka datang dan melihat, bagaimana sih pelayanan di salon anda, dan lain sebagainya. Untuk mensiasati perihal diskon ini, anda bisa membuat paket bundling seperti: Potong rambut gratis cuci blow atau creambath gratis potong rambut, atau strategi marketing lainnya yang bisa anda coba.

Baca Juga  Ide Bisnis Unik di Desa 2019 Yang Patut untuk Di Coba

3. Promosi gencar

Inti dari semua usaha adalah soal promosi. Anda dapat memasang banner atau stiker di tempat-tempat ramai tentang usaha salon anda ini. Atau, yang sedang trend adalah digital promotion via sosial media, atau YouTube, group-group di Facebook, atau bahkan group WhatsApp ibu-ibu PKK di RT anda. Semakin banyak anda promosi, semakin besar peluang usaha anda “terlihat” dan semakin banyak orang melihat usaha anda, semakin besar potensi anda mendapatkan pelanggan.

Nah itu tadi beberapa hal penting tentang peluang usaha desa yang lainnya yakni peluang usaha salon di desa yang semoga dapat memberikan anda sedikit gambaran dan informasi seputar peluang usaha desa. Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here