Mau Berjualan Pempek? Cek Modal Awalnya Disini

0
287

Memiliki modal untuk membuka usaha memang menyenangkan ya, anda tinggal pilih mana peluang usaha desa yang akan anda coba. Namun, membuka usaha perlu dengan pertimbangan yang matang. Ada beberapa pilihan usaha yang dapat anda coba jika anda berlokasi di desa. Mulai dari usaha dengan modal minim seperti bimbel atau bimbingan belajar, hinga berjualan kuliner-kuliner favorit masyarakat seperti gorengan, dan masih banyak lagi.

Nah berbicara soal jajanan favorit masyarakat, ada beberapa kuliner yang dapat anda pertimbangkan untuk menjadi bisnis seperti: bakso, mie ayam, gorengan, batagor, dan pempek. Nah jika sebelumnya kita sudah pernah membahas peluang usaha desa seputar kuliner seperti bakso dan mie ayam, kali ini kita akan membahas tentang peluang usaha kuliner lainnya yakni peluang usaha pempek.

Membuka usaha pempek memang dapat dibilang menjadi pilihan yang tepat karena tidak sedikit orang yang suka jajanan khas palembang ini. Bila anda tertarik untuk mencoba peluang usaha desa yang satu ini, simak beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan seperti di bawah ini.

Baca Juga  Peluang Usaha Desa Terbaru! Cek Disini

Siap modal saja tidak cukup, ada hal lain seperti secret recipe yang perlu anda pelajari sebelum mulai bisnis ini

Memulai bisnis kuliner, apalagi bisnis jajanan yang banyak orang sukai, tentu membawa tantangan tersendiri. Mengapa? Orang atau konsumen tentu menaruh ekspektasi yang tinggi terhadap barang dagangan anda, dalam hal ini pempek. Oleh karenanya, sebelum anda memutuskan untuk berjualan pempek atau mencoba usaha pempek, cobalah untuk membuat resep pempek yang enak terlebih dahulu.

Cara mengetesnya adalah dengan menguji cobakannya pada orang lain sebagai tester terlebih dahulu, pada tetangga misalnya. Jika mereka memang suda OK, baru anda pikirkan yang lainnya. Kunci dari usaha kuliner adalah rasa, jika rasanya sudah enak, mau buka usaha kuliner apapun, akan jadi, namun jika rasa pempek yang anda tawarkan tidak sesuai dengan ekspektasi, jangan heran jika pelanggan tidak begitu menyukai pempek anda.

Tempat itu sangat penting

Selain rasa, dalam mencoba peluang usaha desa yang satu ini kita juga butuh tempat yang strategis. Beberapa contoh tempat strategis misalnya seperti pasar, dekat sekolah, dekat dengan fasilitas umum, dan banyak lainnya. Anda bisa menggunakan gerobak agar memudahkan mobilitas anda. Namun bagi anda yang tidak ingin mobile, anda bisa menyewa ruko, di tempat yang punya lalu lintas ramai, namun dengan modal yang lebih besar juga tentunya.

Baca Juga  Peluang Usaha Distribusi, Cara Jitu Menjadi Orang Kaya Baru

Modal berapa?

Nah yang ketiga adalah modal. Berapa sih modal yang dibutuhkan untuk menjalankan peluang usaha ini?

Kebutuhan Estimasi biaya
Gerobak Rp. 2.000.000
Peralatan Memasak Rp. 500.000
Belanja bahan Rp. 150.000
Biaya Akomodasi Rp. 50.000
Total Rp. 2.700.000

 

Biaya di atas baru merupakan estimasi yang dapat berubah sesuai dengan kebutuhan anda. Kemudian seperti yang dapat anda lihat sendiri bahwa estimasi di atas belum termasuk biaya sewa tempat dan lain-lainnya yang anda butuhkan jika ingin membuka bisnis ini di sebuah tempat.

Keuntungannya bagaimana?

Soal keuntungan, cukup menarik. Katakanlah jika anda menjual satu porsi pempek dengan harga Rp. 8000 saja, jika dalam sehari anda dapat menjual sebanyak 30 porsi, maka pendapatan kotor yang akan anda dapatkan dalam sehari dapat mencapai 30 x Rp. 8000 = Rp. 240.000, jika dikurangi dengan belanja bahan, maka kemungkinan keuntungan bersih perharinya dapat mencapai Rp. 240.000 – Rp. 150.000 = Rp. 90.000 perharinya. Kalikan dengan 30, jika anda berencana berjualan sebulan penuh. Berapa hasilnya? Itu keuntungan yang mungkin anda dapatkan.

Baca Juga  Peluang Usaha Makanan Ringan di Desa

Nah itu tadi beberapa hal yang anda pelu pikirkan sebelum mencoba peluang usaha desa yang satu ini. Bisnis pempek ini tidak hanya dapat anda buka di desa, namun juga di perkotaan karena penggemar jajanan ini pun tidak hanya terbatas di desa maupun di kota. Oleh karenanya, tidak ada salahnya anda mencoba peluang usaha desa yang satu ini ya! Semoga artikel ini dapat membantu anda menemukan peluang usaha desa yang cocok dengan keinginan anda. Mari buka usaha!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here