Mari Belajar Membangun Wisata Desa dari Puncak Becici

Mari Belajar Membangun Wisata Desa dari Puncak Becici

BERDESA.COM – Prospek wisata desa sudah tidak perlu diragukan lagi. Bahkan seorang tokoh dunia Barrack Obama dan keluarganya meluangkan waktu menikmati keindahan hutan pinus Puncak Becici, Desa Muntuk, Dlingo, Bantul, 29 juni lalu. Selain kedatangan Obama, obyek wisata Puncak Becici dan beberapa obyek lain di Kecamatan Dlingo ini juga diserbu puluhan ribu pengunjung hingga macet jalanan menuju ke sana.

Puncak Becici adalah salahsatu obyek wisata di desa-desa kecamatan ini. Masih ada berderet obyek dengan beragam sajian mengagumkan di daerah bergunung ini mulai hutan pinus, pemandangan lembah dan ngarai nan luas, air terjun dan pemandangan kota Yogyakarta yang menjelma menjadi lautan cahaya di malam hari. Pesona ini membuat Dlingo semnjadi salahsatu destinasi wisata yang paling banyak didatangi orang dalam beberapa tahun ini. Pada musim libur seperti lebaran, jalanan menuju tempat ini bahkan macet sama sekali.

Pada situasi inilah pesona wisata desa memperlihatkan keistimewaannya. Ketika mobil-mobil antri menaiki jalanan menanjak yang banyak terdapat di daerah ini, ratusan warga bahu-membahu membantu kendaraan-kendaraan itu melewati tanjakan. Seperti yang terjadi pada jalur menanjak Cinomati, sebuah jalur jalan yang memiliki tanjakan curam menuju Dlingo. Puluhan orang sepanjang hari berdiri di kanan-kiri jalan dan segera mendorong mobil yang kepayahan menaiki tanjakan.

Bukan hanya itu, beberapa pemuda bahkan menyiapkan sepeda motor bagi para pemotor yang terpaksa turun di tengah tanjakan karena kendaraannya tak kuat mendaki. Mereka, para pemuda itu bakal langsung menghampiri para penumpang dan memboncengkannya hingga ke puncak tanjakan. Ini adalah salahsatu bentuk kesadaran warga lokal untuk membantu semua orang agar bisa menikmati wisata di desa mereka. Sekedar informasi, para pengendara mobil dan sepeda motor itu sama sekali tidak perlu merogoh kocek untuk membayar jasa orang-orang ini. Luar biasa bukan?

Inilah sebagian dari pesona Dlingo yang membuat ribuan orang selalu kangen untuk datang ke tempat ini, keramahannya, semangat bahu-membahu tanpa meminta imbalan dan cara mereka menghargai tetamu yang datang berkunjung ke desa mereka. Tak perlu heran makanya jika seorang Barrack Obama sampai tertarik untuk datang ke tempat ini.

Terlepas dari itu, mengunjungi obyek wisata di pedesaan memang telah menjadi gaya hidup berekreasi masyarakat jaman sekarang. Wisata desa memiliki beberapa keunggulan seperti pesona alam yang otentik alias asli, keramahan para penduduk, ketulusan setiap orang menyambut tamu dan umumnya obyek wisata desa memasang tarif murah-meriah sebagai tiket masuknya. Seperti di Puncak Becici ini, setiap orang hanya perlu membayar Rp. 2000,- untuk bisa menikmati keasrian hutan pinus di dalamnya.

Biaya parkir kendaraanpun sangat manusiawi, Rp 2000 saja. Berbeda dengan beberapa obyek wisata lain yang banyak muncul di media karena menaikkan harga parkir kendaraan hingga beberapa kali lipat pada lebaran kemarin.Becici dan berbagai obyek wisata di Dlingo, sama sekali tidak menaikkan harga itu. Jadi, Anda hanya butuh mengeluarkan duit Rp. 4000 saja untuk menikmati semua pesonanya

Kesadaran seluruh warga desa inilah yang harus dibangun setiap desa yang ingin menjadi tujuan iwsata yang selalu dirindui. Seindah apapun alam yang dimiliki, sehebat apapun wahana yang dibangun, tanpa keramahan menyambut tamu, tak bakal orang merekomendasikan desa Anda untuk dikunjungi sanak famili dan teman-teman si tamu. Sebaliknya, setiap cacat pada penyambutan tamu bakal tersebar luas. Apalagi dengan adanya media sosial sekarang ini, setiap kabar baik maupun buruk bakal tersiar dengan kecepatan tak terperi.

Desa Anda ingin menjadi desa wisata seramai Muntuk dan beberapa desa di Kecamatan Dlingo,tak berlebihan kiranya untuk belajar pada para warga di desa ini. Hasilnya, setiap hari setidaknya 2000 – 3000 orang mendatangi beberapa obyek di daerah ini, pada hari paling sepi sekalipun. Jumlah ini diprediksi bakal meningkat tajam setelah Obama berkunjung ke tempat ini. Siapa yang tidak penasaran dengan apa yang yang menyebabkan seorang yang pernah menjadi manusia terkuat di dunia ini datang dan menikmai. Ditambah lagi kepada beberapa media Obama sangat terdorong membawa Becici menjadi obyek wisata dunia. (aryadjihs/berdesa)

Foto: www.berita.suaramerdeka.com

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*