Manisnya Peluang Budidaya Jambu Air Manis Madu, Begini Cara Mendapatkan Peluangnya

Manisnya Peluang Budidaya Jambu Air Manis Madu, Begini Cara Mendapatkan Peluangnya

BERDESA.COM – Pernah mencicipi manisnya jambu air manis madu, manisnya akan memincut siapapun. Kini budidaya jambu air manis madu menjadi salahsatu peluang usaha menggiurkan. Anda bahkan tidak perlu pusing memikirkan pemasarannya karena beberapa pedagang sudah mengantri untuk memborong si jambu.

Seperti diungkapkan Habib Ahmad Husein, Ketua Paguyuban Petani Jambu Air  Manis Madu Merapi kepada Berdesa.com, saat ini pihaknya terus membuka peluang usaha ini saking besarnya peluang yang ada. “ Paguyuban kami mengembangkan sistem usaha bagi semua orang yang punya modal atau punya lahan saja atau punya kedua-duanya. Kami akan dukung mulai dari penyediaan bibit, penyediaan pupuk organik hingga pemasaran,” kata petani jambu yang tinggal di Yogyakarta ini.

Penawaran budidaya jambu air manis madu, ujar Habib Husein, dibuka pada setiap orang yang tertarik menanam investasi budidaya jambu manis madu. “ Bentuknya bisa berupa menanam modal antara Rp. 600 – 700 juta untuk. Modal ini bakal digunakan untuk menanam jambu ini di lahan seluas 3 hektar. Setahun kami jamin sudah balik modal,” kata Habib Husein. Habib Hisein sendiri telah menikmati hasil panenan jambu manis madu sejak beberapa tahun lalu dan terus mendapat pesanan hingga kewalahan. “ Permintaan jambu ini sangat tinggi, makanya kami membuka peluang bagi siapapun yang tertarik membudidayakannya,” kata Habib.

Bagi pemilik modal tetapi tak punya lahan, paguyuban akan mencarikan lahan untuk itu. Tawaran kerja sama juga berlaku bagi orang-orang yang punya lahan. “ Kami membuka peluang bagi yang punya lahan minimal 1 hektar. Akan kami pertemukan dengan pemilik investasi sehingga budidaya jambu manis madu bisa berjalan,” katanya.

Dari usia tanam pertama hingga panen, budi daya jambuair  manis madu ini hanya butuh waktu satu tahun saja, setelah itu bakal terus berbuah hingga bertahun-tahun lamanya. Satu hektar lahan bakal menampung 1000 batang pohon. Bergabung pada paguyuban ini bakal mendapatkan banyak sekali manfaat seperti standarisasi kualitas buah sehingga mendapatkan pemilik bakal mendapatkan keuntungan yang pasti. “ Paguyuban kami menetapkan standar kualitas jambu hingga ke tingkat kemanisannya.

Sekretaris Paguyuban Petani Jambu Manis Madu Teguh Cahyadi menjelaskan, paguyuban sangat menjaga kualitas produk buah jambu yang dipasar melalui paguyuban. “ Tingkat manisnya harus bernilai 11-13 derajat Brix. Bahkan ada produk yang mencapai 16 derajat Brix,” katanya. Brix adalah ukuran tingkat kemanisan buah ini. Di bawah angka itu, buah harus dijual pada harga yang berbeda. “ Ukuran jambu juga memiliki standar, kami sangat menjaga ukuran. Beberapa standar ini kami tetapkan untuk menjaga kualitas dan membuat harga jual menjadi stabil,” katanya.


Bukan hanya menawarkan investasi, agar semakin banyak orang menikmati peluang budidaya jambu manis madu ini, Paguyuban ini juga menyebarkan pengetahuan untuk menggapai keuntungan si jambu manis madu. Bekerja sama dengan Usahadesa.com Paguyuban Jambu Manis Madu membuka Pelatihan Budidaya Jambu Manis Madu bagi siapapun yang tertarik membudidayakannya. “ Informasi pelatihan bisa didapatkan di Usahadesa.com,” kata Teguh Cahyadi.(aryadji/berdesa)

Foto: www.teresiakocek.blogspot.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*