Manfaat Pelatihan UMKM Bagi Pelaku Usaha

0
1092
Manfaat Pelatihan UMKM Bagi Pelaku Usaha

UMKM atau yang merupakan kependekan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah sudah bukan lagi menjadi istilah yang asing bagi penduduk desa. Potensi yang masih besar dan peluang yang masih sangat luas membuat UMKM masih dianggap sebagai salah satu upaya untuk peningkatan kesejahteraan hidup terutama bagi masyarakat desa.

Oleh karena itulah, tidak sedikit upaya baik dari pemerintah daerah maupun dari pemerintah pusat untuk meningkatkan jumlah UMKM di berbagai provinsi di Indonesia melalui pelatihan UMKM yang secara terus menerus dilakukan.

Namun, sebelum berbicara jauh mengenai pelatihan UMKM, perlulah kita pahami apa tujuan serta manfaat dari pelatihan tersebut sehingga kita dapat mengetahui apa yang diharapkan oleh pemerintah sehingga apa yang dikembangkan dapat kita ketahui. Salah satunya adalah sebagai sebuah promosi bagi masyarakat dan diharapkan dapat tertarik untuk menjadi bagian dari pelatihan UMKM tersebut.

Manfaat dari pelatihan UMKM itu sendiri adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Produktivitas

Tidak sedikit memang pelaku UMKM yang sebelumnya merupakan pelaku usaha secara mandiri. Namun, melalui pelatihan UMKM diharapkan pelaku usaha tersebut dapat meningkatkan produktivitas dengan meningkatkan keterampilan dalam proses produksi maupun dengan peningkatan manajerial.

Baca Juga  Pelatihan Keterampilan Home Industri

Harapannya melalui peningkatan keterampilan dalam proses produksi tersebut mampu meningkatkan pula produktivitasnya. Sedangkan peningkatan manajerial diharapkan mampu meningkatkan pemecahan permasalahan yang mana bisa menjadi masalah yang mengganggu produktivitas.

2. Mempersingkat Masa Belajar

Tujuan dan manfaat pelatihan UMKM bagi pelaku usaha yang kedua adalah mempersingkat masa belajar bagi pelaku usaha tersebut. Bisa dikatakan jika pengalaman adalah guru yang terbaik, dan diharapkan dari  berbagai pengalaman yang diperoleh melalui pelatihan dapat mempersingkat waktu pelaku usaha untuk belajar melalui pengalaman.

Alasannya adalah tentu saja agar pelaku usaha secara efektif dapat mengembangkan usahanya untuk lebih maju tanpa menunggu waktu yang lebih lama untuk mendapatkan pengetahuan tentang berbagai hal seperti pemasaran, promosi dan juga lainnnya.

3. Mengurangi Jumlah dan Biaya Kecelakaan Kerja

Apabila di poin kedua berbicara mengenai efektifitas waktu yang diupayakan oleh pelatihan UMKM bagi pelaku usaha yang mana mayoritas merupakan masyarakat desa, maka poin ketiga adalah pelatihan yang dilaksanakan diharapkan dapat secara efektif mengurangi jumlah kecelakaan pekerjaan juga termasuk efektifitas penggunaan dana atau biaya yang bisa jadi berasal dari modal usaha UMKM.

Baca Juga  Mengapa Pelatihan Bisnis Penting Bagi Masyarakat Desa

Diharapkan tindakan yang dapat memicu kecelakaan kerja dapat dicegah dan melalui manajerial yang baik pula, kemampuan finansial dari UMKM dapat dimaksimalkan untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar lagi.

Itulah tiga poin penting yang menjadi manfaat dari pelatihan UMKM bagi masyarakat desa sehingga julmlah UMKM di Indonesia dimana Jawa Tengah memegang jumlah terbanyak saat ini, dapat meningkat dan memberikan manfaat bagi kesejahteraan hidup masyarakat.

Oleh karena itu, perlu adanya keseriusan dari pemerintah baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat untuk memberikan bantuannya dan juga pengawasan terhadap pelatihan ini.

Semoga melalui pelatihan UMKM bagi pelaku usaha terutama bagi masyarakat daerah pedesaan mampu memberikan jawaban atas kebutuhan lapangan pekerjaan pula yang mana memiliki tujuan utama yakni sebagai sarana peningkatan mutu dan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan tingkat produksi daerah sehingga masyarakat tidak hanya berperan sebagai konsumen saja di era globalisasi dan perdagangan bebas namun juga sebagai produsen yang ikut ambil bagian secara aktif dalam perdagangan bebas tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here