Lombok Utara Gelar Pameran Gebyar Produk UMKM

0
222

Berdesa.com – Kabupaten Lombok Utara bikin gebrakan. Daerah yang memiliki keindahan panorama alam ini bakal menggelar pameran produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Beragam produk unggulan desa (Prudes) akan dipamerkan di acara ini.  Bertajuk “Gebyar Produk UMKM Lombok Utara” perhelatan ini bakal digelar 14 Maret di Gedung Serbaguna, Gondang, Lombok Utara.

Setidaknya 100 UMKM akan memamerkan aneka produknya dalam pameran ini. Berbagai produk UMKM seperti aneka produk kerajinan khas Lombok Utara bakal bertaburan di acara ini. Kain tenun khas Lombok Utara adalah salahsatu yang bakal unjuk gigi menunjukkan kualitasnya. Tenun adalah salahsatu produk lokal yang sudah kondang keindahannya. Corak dan warnanya khas dengan warna-warna terang yang mencolok adalah beberapa ciri khas kain buah tangan warga Lombok Utara ini. Jika Anda penggemar seni kain tenun, inilah pameran yang wajib Anda datangi, beragam corak kain tenun bakal memanjakan kegemaran Anda pada seni tenun.

Tapi bukan tenun saja, pameran yang digelar bekerja sama dengan PT Usaha Desa Sejahtera (berdesa.com), Swadesa dan KOMPAK itu  juga bakal menunjukkan aneka jenis makanan ringan yang beberapa tahun ini berkembang pesat. Makanan kecil dan kuliner adalah salahsatu produk yang  banyak dibuat UMKM di Lombok Utara terutama sejak dana desa mengalir ke desa-desa di sana. Gerakan berbagai pelatihan yang digelar lembaga pemerintah maupun Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) banyak membantu masyarakat menciptakan produk seperti ini.

Baca Juga  Deretan Produk Desa Donokerto Sleman, Siap-siap Nge-Online

PT Usaha Desa Sejahtera (Usahadesa) adalah perusahaan yang memfokuskan diri pada pemberdayaan ekonomi desa melalui berbagai program. Di Lombok Utara Usahadesa membantu mengembangkan model usaha untuk BUMDes. Bergandeng-tangan dengan KOMPAK, program penguatan desa dari Pemerintah Australia ini, Usahadesa membangun kerjasama dengan  Kabupaten Pemerintah Lombok Utara membangun dan mengembangkan BUMDes Mart, minimarket desa milik warga Lombok Utara.

Bukan hanya dalam bentuk aksesoris, tenun dan makanan, pada pemeran ini desa-desa di Lombok Utara juga bakal mengekspose keindahan desanya masing-masing sebagai obyek wisata yang sekarang ini terus mengembang. Keindahan alam Lombok Utara yang tidak dimiliki banyak daerah lain adalah salahsatu keuntungan besar yang dimiliki daerah ini. Siapa yang meragukan keindahan pulau di sebelah Pulau Bali ini? Siapa yang meragukan keindahan pantai-pantai eksotik Lombok Utara dan keasrian suasana alam desa di lereng dan kaki Gunung Rinjani yang megah itu. Itulah beberapa potensi wisata yang bakal diekspos di sana.

Pameran ini digelar untuk mewadahi kreativitas warga pedesaan Lombok Utara yang saat ini mengalami peningkatan kapasitas dalam kewirausahaan. Pameran ini sekaligus sebagai upaya promosi produk-produk lokal UMKM yang saat ini mengalami pengkatan pesat di Lombok Utara.(aryadji/berdesa)

Baca Juga  Resmi, Pajak Penghasilan Final untuk UMKM menjadi 0,5 Persen Mulai 1 Juli 2018

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here