Lima Pekerjaan Income Besar Tanpa Modal Uang untuk Mendirikannya

0
1570

BERDESA.COM Р Ketersediaan modal dana dalam membangun usaha memang sangat penting. Tapi, tidak semua orang memiliki kesiapan dan untuk membangun mimpi besarnya membangun usaha. Jangan kawatir, perkembangan teknologi informasi menciptakan banyak hal baru yang dahulu tak bisa dilakukan. Hasilnya, kini siapapun bisa membangun usaha bahkan tanpa modal dana.

Simak beberapa usaha yang bisa dibangun tanpa harus menyediakan modal uang. Tentu saja tak berarti tak butuh modal uang sama sekali tetapi dalam beberapa usaha ini modal uang sama sekali bukan masalah utama. Pekerjaan atau usaha apa sajakah itu, berikut ini daftar dan caranya:

  1. Modal Karya Pribadi

Anda harus memiliki kemampuan pribadi yang menonjol misalnya kemmpuan menggambar. Kemampuan ini bisa Anda jual melalui pemasaran online memanfaatkan media sosial dan jaringan pertemanan. Seperti yang dilakukan Budi Haryanto, seorang pemuda di Desa Kebasen, Banyumas, Jawa Tengah. Bermodalan kemampuan menggambar, Budi dan beberapa pemuda kampungnya mengembangkan seni menggambar dua dimensi pada papan kayu. Bahkan sebagian besar karya Budi hanya membutuhkan satu warna saja untuk menciptakan gambarnya, selebihnya tekstur kayu yang alami menjadi daya tarik utama. Mengusung brand Studio Jegoz kini Budi menerima order pembuatan papan foto berisi quote, papan nama toko, kafe dan sebagainya dari berbagai daerah di Indonesia.

  1. Menjual Jasa
Baca Juga  Meraup Untung dari Peluang Usaha Minuman Unik Khas Desa

Anda hanya perlu memiliki keahlian tertentu yang bahkan bisa dipelajari sebelumnya. Misalnya membuka bimbingan belajar di rumah Anda dan mengajak anak-anak tetangga untuk menjadi siswa. Ani Dani, seorang ibu rumah tangga di Grendeng, Purwokerto berhasil membangun lembaga bimbingan belajar dan mendapatkan pendapatan bulanan yang tak kecil dengan meluangkan waktu mengajar anak-anak di luar jam pelajaran. Bahkan Ani hanya cukup menggunakan ruangan tamu dan garasinya untuk menjalankan usaha ini.

  1. Reseller

Ini adalah pekerjaan yang kini banyak dilakukan ibu-ibu rumah tangga disela waktu mengurus anak dan keluarga. Mereka hanya cukup menggunakan Smartphone-nya untuk menghubungi para produsen produk tertentu dan mendapatkan harga yang rendah untuk kemudian dijual lagi melalui jaringan sosial media. Beragam produk bisa dijual dengan cepat melalui cara ini mulai dari tas kulit yang harganya ratusan ribu, sprei, pakaian anak, hijab hingga bumbu dapur yang siap masak yang telah dikeringkan. Jangan salah, jika Anda tekun, hasil dari usaha sederhana dan tanpa modal ini bisa menghasilkan uang jutaan per bulan.

  1. Kemampuan Memperbaiki Sesuatu
Baca Juga  Hebatnya Jualan Lewat Internet Bagi UKM

Bisnis reparasi adalah bisnis yang tak pernah mati. Soalnya kini semua orang makin sadar bahwa ada banyak barang dan perkakas di rumah mereka yang rusak itu hanya perlu diganti beberapa komponennya untuk bisa digunakan lagi dan sama sekali tidak perlu beli perangkat baru. Misalnya, computer, printer, dan berbagai barang elektronik seperti kulkas, mesin cuci dan sebagainya. Untuk menguasai keahlian memperbaiki berbagai barang eletronik ini Anda bisa mengambil kursus atau datang untuk belajar ke bengkel reparasi. Di masa depan, meski ini pekerjaan yang tidak dilirik banyak orang tetapi peluangnya tidak akan pernah sepi karena di masa depan banyak lebih banyak alat berbasis elektronik.

  1. Jasa Konsultasi

Para pengusaha sukses umumnya memiliki konsultan untuk membesarkan perusahaannya. Jasa Konsultan adalah jasa yang akan selalu dibutuhkan dalam berbagai usaha. Namun Anda harus benar-benar menguasai suatu bidang usaha untuk bisa menjadi konsultan. Ingat selalu, konsultan mendaat proyeknya jika terbukti mampu menjadikan sebuah usaha yang didampinginya melaju dan berkembang. Tapi jasa konsultan dibutuhkan semua lini perusahaan dengan bidang apapun.

Baca Juga  Ekonomi Kreatif Desa

Itulah beberapa jenis usaha yang bisa menjadi lading pendapatan bagi Anda tanpa harus bermodal uang. Karena berbasis keahlian khusus maka kepercayaan konsumen adalah dasar utama berjalannya model usaha seperti ini. Anda siap? (ary/berdesa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here