Lima Medsos yang Hebat Menjual Produk UMKM

Lima Medsos yang Hebat Menjual Produk UMKM

BERDESA.COM – Salahsatu cara yang cepat membangun jaringan pemasaran adalah melalui media sosial (sosmed). Selain kecepatannya, cara ini juga sangat murah dibanding berpromosi dengan cara offline. Maka sangat strategis media ini digunakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Berikut ini lima medsos yang saat ini dianggap paling hebat membantu UMKM urusan jual produk.

Youtube

Inilah Sosmed paling populer di dunia saat ini. Bahkan stasiun teve, produsen film atau distributor rekaman menggunakan Youtube untuk menjual produknya. Ditonton 3 milyar orang tiap bulan Youtube adalah media yang sangat efektif menjual produk UMKM Anda. Buatlah video menarik, sebaiknya kurang dari satu menit. Jika video yang Anda buat sangat unik dan menarik, maka produk UMKM bakal dilihat jutaan orang dalam tempo yang cepat.

Facebook

Rasanya hampir semua orang memiliki akun Facebook. Maka sudah pasti Facebook adalah tempat yang tempat mempromosikan produk UMKM dimanapun berada. Media ini bisa mengunggah foto, video, percakapan dan berkomunikasi dengan pelanggan. Saat ini setidaknya 1,9 milyar orang memelototi Facebook tiap bulan.

Pinterest

Setidaknya 70 juta orang didunia memasang aplikasi ini pada smartphone mereka dalam tiga tahun terakhir. Diluncurkan pada 2010 dan saat ini mencatatkan diri sebagai medsos yang paling banyak digunakan para riteler dan pengusaha. Uniknya, sebagian besar pengguna Pinterest adalah wanita. Meski jumlah penggunanya lebih sedikit dari facebook tetapi kemampuannya menjual produk sangat tinggi. Sudah pasti medsos ini sangat cocok untuk menjual produk UMKM Anda.

Instagram

Yang ini sungguh tidak asing. Instagram unggul dalam hal berbagi foto dan video. Sangat berguna bagi orang-orang yang rajin upload foto unik dan video. Antar pemilik Instagram bisa saling menerima gambar satu sama lain dalam hashtag yang sama. Anda harus sering membuat foto yang bagus untuk bisa dilihat orang dengan cepat dengan medsos ini. Uniknya Instagram juga menawarkan perangkat pengolah gambar yang sangat baik buat para penggunanya. Saat ini Instagram dikenal sangat mudah dan cepat membuat orang terhubung melalui foto dan video-nya termasuk bagi para penjual produk dan jasa. Dilihat 150 juta pelanggan di seluruh dunia, sudah pasti produk UMKM-mu harus dipasang di sini.

Kaskus

Asli dibuat orang Indonesia, Kaskus adalah salahsatu situs jual beli paling populer di Indonesia. Forum jual-belinya adalah adalah salahsatu halaman yang paling banyak dikunjungi orang terutama anak muda. Di sana beragam produk dan jasa atau pencarian klien untuk rupa-rupa pekerjaan terbuka dan bisa diakses dengan mudah. Kaskus adalah salahsatu lapak yang wajib Anda lihat dan kemudian Anda pilih untuk memasarkan produk UMKM Anda.

foto: tekno.tempo.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*