Lima Inspirasi Melahirkan Ide Usaha yang Mumpuni

0
2014

BERDESA.COM –  Bingung mencari ide usaha? Ini adalah tips yang bisa digunakan siapa saja yang ingin memulai membangun usaha. Ada beberapa hal yang bisa menjadi inspirasi Anda menciptakan usaha. Tapi jangan lupa, ada dua prinsip yang harus Anda pegang yaitu temukan ide bisnis yang paling Anda sukai. Kedua, pastikan ada pembeli produk Anda.

  1. Ide dari hobi

Ada banyak keuntungan yang bisa dipetik dari bisnis yang berbasis hobi. Karena mengerjakan hobi maka Anda pasti sangat bersemangat dan sangat menguasai bidang kerja Anda. Asyiknya lagi, mengerjakan usaha berdasar hobi akan selalu menyenangkan sehingga Anda bakal lebih maksimal bekerja.  Tapi hati-hati, jangan sampai kesenangan membuat Anda lupa bahwa prinsip bisnis adalah ada yang mau beli. Jadi, pastikan hobi Anda bisa membuat orang lain tertarik membeli apa yang Anda ciptakan baik produk maupun jasa.

  1. Bisnis dari Keahlian

Jika Anda pintar memasak, terbentang jalan Anda membangun usaha kuliner. Jika Anda pintar menulis atau membuat akesoris dari kulit, itu adalah keahlian yang bisa membuat Anda jadi milyarder. Banyak orang sukses karena mengerjakan keahlian utama yang mereka miliki. Hal itu membuat produk mereka menjadi sangat berkualitas dibanding produk buatan orang lain karena keahlian Anda yang bekerja.

  1. Ide usaha dari peluang yang ada
Baca Juga  Rahasia Mendapatkan Penghasilan Ketika Membuka Usaha Di Daerah Sepi

Ide ini biasanya bakal Anda temukan setelah Anda melakukan browsing atau terinspirasi karena sebuah situasi. Misalnya, booming bisnis online yang membuat orang ingin menjual produknya secara online tetapi kebingungan melakukannya. Anda bisa menjadi orang yang mengurus produk mereka untuk dijual secara online, mulai dari memotretnya, mempromosikan hingga mengemas dan mengirimkannya ke pembeli.

Anda juga bis amenawarkan jasa menulis atau mengisi website (web content) karena banyak sekali pemilik web yang keteteran karena tak mampu menciptakan konten untuk mengisi blog atau website-nya. Anda bisa memasuki peluang ini.

  1. Bisnis karena adanya permintaan

Mukena adalah salahsatu jenis fashion yang menjadi kebutuhan banyak orang ketika Ramadhan dan Idul Fitri tiba. Makanya memasuki bulan puasa biasanya para penjual pakaian muslim gencar mempromosikan dagangannya karena pada momen ini penjualan bisa meningkat beberapa kali lipat dari hari biasa. Peluang seperti ini gampang saja dibaca karena jumlah kebutuhan orang pada fashion muslim pasti meningkat karena momen Ramadhan. Itulah peluang Anda.

  1. Menciptakan produk yang bisa menjadi kebutuhan
Baca Juga  Aset Desa Sebagai Produk Desa Wisata

Ada banyak produk yang karena kecocokan tertentu kemudian menjadi bagian dari kebutuhan sehari-hari masyarakat. Misalnya, banyaknya orang menggunakan Handphone membuat para pembuat chasing handphone ketiban rejeki nomplok. Lihat saja bagaimana chasing handphone dan berbagai aksesori yang berderet-deret dijual orang. Chasing itu hanya pelengkap dari barang utama yaitu HP. Tetapi menjadi kebutuhan penting bagi mereka karena chasing itulah justru yang akan membedakan selera si pemilik HP mulai dari chasing yang centil bagi para ABG perempuan atau chasing yang membuat HP menjadi tahan banting bagi para penyuka kegiatan outdoor yang biasanya laki-laki.

Jika ide sudah Anda temukan, lalu buatlah riset untuk memastikan segmen dan kebutuhan investasi yang Anda butuhkan. Pastikan pasar yang Anda bidik agar bisnis Anda bukan hanya sekedar kegiatan bersenang-senang.(aryadji/berdesa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here