Lima Hal yang Harus Dihindari Ketika Membangun Usaha

0
1355

BERDESA.COM – Salahsatu resiko membangun usaha adalah gagal. Pada banyak kasus, sebuah konsep usaha yang disusun sedemikian rapi dan meyakinkan bahkan bisa tumbang pada bulan-bulan pertama saja. Soalnya, belum tentu konsep usaha yang kita pikirkan sesuai dengan kemauan pasar.

Tetap kegagalan sesungguhnya bisa dihindari jika seorang pengusaha mau melakukan analisa dan terus merevisi konsepnya. Berikut ini lima hal yang haru dihindari agar usaha yang Anda bangun tak perlu rontok dan mengakibatkan kerugian.

  1. Tentukan tujuan yang Jelas

Periksa lagi apa tujuan besar yang ingin Anda capai dari usaha yang sedang Anda rintis. Jangan sampai usaha Anda berdiri hanya karena merasa bosan dengan pekerjaan lama dan mendirikan usaha baru untuk menghindari kerja keras. Soalnya, semua pekerjaan membutuhkan kerja keras, apalagi pada bulan-bulan pertama pendirian usaha. Sangat mungkin justru Anda harus bekerja lebih keras dibanding pekerjaan yang Anda jalankan sebelumnya.

  1. Lupa menarik pelanggan

Sering terjadi pada para pengusaha muda pemula, saking semangatnya membangun usaha hingga lupa salahsatu agenda penting dalam perusahaan yakni pelanggan. Maka salahsatu cara yang harus ditempuh adalah melakukan survei ke lapangan dan mengukur secara langsung, sejauhmana produk kita dibutuhkan pelangggan. Terus lakukan rekruitmen pelanggan atau klien untuk mempercepat laju pergerakan usaha Anda.

  1. Besar pasak daripada tiang alias ketidakseimbangan pendapatan dan pengeluaran
Baca Juga  Jazz Mben Senen: Tempat Asyik Menikmati Musik

Sehebat apapun peluang produk atau jasa yang Anda ciptakan tidak akan menolong kehidupan usaha jika keuntungannya lebih kecil daripada pengeluaran atau operasionalnya. Banyak pengusaha pemula tidak menyadari hal ini sehingga neraca keuangan perusahaan keluar dari skala manajemen. Skala manajemen adalah sebuah pola yang menciptakan batasan yang jelas antara investasi yang dibutuhkan, biaya operasional yang dikeluarkan dan target pendapatan yang dibidik. Jangan sampai usaha Anda keluar dari batasan skala manajemen sehingga biaya operasional terlalu tinggi dibanding pendapatan yang diraih.

  1. Manajemen Hutang yang Salah

Ketika mengucrkan hutan alias pinjaman modal untuk perusahaan maka pastikan dana hutang itu digunakan untuk meningkatkan daya serap pasar terhadap produk yang Anda ciptakan. Jangan sampai hutang yang Anda dapatkan malah membiayai hal-hal yang tidak berkontribusi terhada pendapatan perusahaan.

  1. Hubungan para anggota tim kerja berlangsung buruk

Manajemen sumber daya manusia sehingga terbentuklah tim kerja yang solid adalah salahsatu kunci keberhasilan sebuah pekerjaan. Tetapi jika hubungan antar-anggota tim memburuk maka sudah pasti kualitas pekerjaan tidak akan mencapai titik keberhasilan. Biasanya buruknya hubungan antarpersonal ini terjadi karena adanya anggota yang merasa dirinya paling unggul diantara yang lain.Tim kerja juga bakal sulit berhasil kalau semua anggota didalamnya merasa diri mereka sama-sama hebatnya. Akibatnya, tim kesulitan melakukan pembagian peran dan tanggungjawab masing-masing anggotanya.

Baca Juga  Warung Kejujuran: Pembelajaran Mengelola Aset, Meraih Kesejahteraan

Tentu saja sebaiknya lima hal di atas Anda hindari agar tidak disergap kegagalan. Soalnya kelima hal di atas baru berbagai tantangan dari dalam struktur perusahaan. Di luar tim kerja, persaingan antar-produk antar-perusahaan jauh lebih beringas daripada persoalan internal. Bagaimana bisa perusahaan Anda memenangi persaingan pasar jika perusahaan Anda bahkan tak mampu mengatur urusan antarpersonal di dalamnya. (aryadjihs/berdesa)

Foto: www.kamikamu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here