Lima Cara Sederhana Mengatasi Usaha yang Lagi Sepi

0
1038

BERDESA.COM – Susah-sudah gampang, begitulah tantangan membangun usaha sekarang ini. Susah karena tingginya persaingan yang ada. Soalnya kini hampir semua orang bisa menjalankan usaha terutama usaha jual beli online. Tetapi gampangnya, Anda bisa berjualan tanpa harus mengeluarkan modal jika Anda lakukan secara online dan menjualkan barang atau produk orang lain.

Jangan takut, tingginya persaingan tidak berarti bisnis Anda kemudian harus mati. Berikut ini hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan gairah bagi usaha Anda yang lagi sepi. Dengan cara ini, dijamin produk atau jasa yang Anda tawarkan bakal segra menarik hati pembeli. Apa sajakah itu, ini dia jawabannya:

  1. Buatlah Sebuah Inovasi

Ingat, bukan hanya Anda yang menjual atau menawarkan sebuah produk. Orang lain yang menjual produk yang sama bisa jadi memiliki cara yang lebih menarik daripada Anda mengenai cara menjualnya. Maka, lakukan inovasi, salahsatunya membuat kemasan baru misalnya. Jangan salah, kemasan sebuah produk memiliki pengaruh besar terhadap keputusan seseorang untuk membeli sebuah produk.

  1. Maksimalkan Penjualan Secara Online
Baca Juga  MEMBANGUN USAHA HANYA MODAL HP SAJA

Penjualan secara online tidak berarti Anda menjual produk ke luar daerah atau pula. Melainkan lebih pada memanfaatkan teknologi informasi demi meningatkan penjualan. Caranya sederhana saja. Gunakan media sosial seperti WhatsApp atau Instagram misalnya. Beberapa minimarket kecil bisa menciptaan omset besar karena rajin mengirimkan informasi mengenai produk paling anyar lengka dengan foto dan harganya paa para pelanggan melalui WA

  1. Strategi Promosi harga

Menurunkan harga adalah salahsatu strategi yang tak akan pernah mati daya mujarabnya. Ini berlaku terutama bagi bisnis retail seperti minimarket. Soalnya sekarang ini persaingan bisnis minimarket benar-benar tinggi. Maka, salahsatu strategi yang dilakukan adalah berani menjual lebih murah beberapa produk pokok demi mengundang orang ke tokonya. Karena umumnya orang, setelah berada di toko, maka bakal beragam produk dibelinya.

  1. Kualitas Produk Selalu Penting

Pastikan produk yang Anda jual memiliki kulitas unggul dibanding produk berjenis sama di tempat lain. Soalnya sekarang ini orang memutuskan membeli suatu produk bukan melulu karena murah melainkan karena kualitasnya yang bagus. Kualitas sebuah produk akan menciptakan branding sehingga dipercaya konsumen. Maka lakukanuji kualitas terhadap produk yang Anda jual dan jangan pernah bermain-main dengan kualitas. Pada dasarnya semua orang mengunggulkan kualitas.

  1. Tingkatkan Kualitas Pelayanan Terhadap Konsumen
Baca Juga  Jurus 4P Plus Kreativitas dalam Industri UKM

Setiap orang menginginkan pelayanan istimewa. Di jaman sekarang ini kualitas pelayanan menjadi unggulan sebuah usaha. Hanya dengan memberi senyuman saja kepada para pembeli di toko Anda, itu akan membuat orang datang lagi. Sebaliknya, jika tersenyum saja tidak bisa Anda berikan, jangan harap orang akan datang lagi. Hanya seulas senyum tapi bakal menciptakan perubahan besar bagi sebuah usaha.

Kelima hal di atas adalah beberapa tips sederhana memecahkan persoalan pemasaran usaha dan penjualan produk Anda. Tidak perlu melakukan hal-hal besar, kadangkala inovasi-inovasi sederhana bisa menciptakan hal-hal besar dan mengejutan. Coba saja! (adji/berdesa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here