Lima Cara Menciptakan Kualitas Layanan yang Jempolan

Lima Cara Menciptakan Kualitas Layanan yang Jempolan

BERDESA.COM – Kualitas pelayanan terhadap konsumen adalah salahsatu kunci keberhasilan sebuah usaha. Kualitas layananlah yang akan menentukan apakah seseorang bakal menjadi pelanggan untuk terus membeli produk dan jasa yang kita tawarkan atau hanya sekali beli lalu pergi.

Kualitas layanan pada akhirnya adalah salahsatu faktor penting yang akan menentukan apakah perusahaan Anda bakal tumbuh dan berkembang atau tidak sama sekali. Masalahnya, bagaimana caranya menciptakan kualitas pelayanan yang hebat baik konsumen? Berikut ini lima hal penting untuk menciptakan kualitas layanan yang akan membuat setiap orang menjadi pelanggan.

  1. Penciptaan Standarisasi Pelayanan Konsumen, buruknya kualitas pelayanan sebuah perusahaan biasanya terjadi karena ketidaktahuan perusahaan itu mengenai seperti apa seharusnya pelayanan yang berkualitas dilakukan. MAka harus dibuat Standard Operating Procedures (SOP) yang bakal menghimpun semua informasi mengenai bagaimana pelayanan harus dijalankan dengan detail. Adanya SOP bakal mempermudah pula sistem pengawasan dan evaluasi.
  1. Excellent Service, konsumen selalu menginginkan layanan istimewa. Maka berikanlah pelayanan sebaik-baiknya atau lebih dari yang si konsumen bayangkan. Dengan cara itu maka konsumen kita bakal merasa sangat terpuaskan. Jika konsumen terpuaskan maka hampri pasti dia akan datang lagi dan membeli atau menggunakan jasa kita. Konsumen yang puas juga bakal merekomendasikan perusahaan kita pada teman-teman atau kolega yang mereka miliki untuk menggunakan jasa atau membeli produk kita.
  1. Costumer Service Trend, sebagai perusahaan yang mengedepankan pelayanan maka Anda harus selalu mengikuti tren yang sedang terjadi. Salahsatunya tren layanan 24 jam dan 7 hari dalam seminggu. Sekarang ini banyak perusahaan menerapkan layanan 24 jam ini sehingga mereka selalu akan bisa melayanai konsumennya. Tren lainnya adalah membangun komunitas konsumen. Cara ini sangat efektif membangun fanatisme terhadap merk dan layanan. Misalnya komunitas pengguna sepeda motor Honda dengan One Heart-nya atau Yamaha yang Selalu di Depan. Dua produsen sepeda motor terkemuka ini membangun komunitas yang ‘dirawat’ dengan baik sehingga menjadi pelanggan setia produk mereka sekaligus menjadi marketing advikat yang akan merekomendasikan produk mereka pada orang lain.
  1. Kebahagiaan Konsumen, Kebahagiaan Pegawai, salahsatu ukuran kepuasan pelanggan adalah jika pelanggan dan para pegawai di perusahaan kita tersenyum senang dan tulus. Artinya, para pegawai harus merasa gembira dan tulus memberikan pelayanan pada konsumen dan para konsumen harus tersenyum gembira karena terpuaskan oleh pelayanan dan sikap dari para pegawai yang begitu ramah dan penuh penghargaan terhadap mereka.
  1. Sistem Reward, untuk menunjukkan pelayanan konsumen berkualitas maka banyak perusahaan kemudian memberikan reward atau penghargaan khusus bagi konsumen yang terbukti memiliki loyalitas tinggi. Biasanya diberikan dalam model-model terukur sesuai kualifikasi si konsumen. Misalnya dihitung dari lamanya si konsumen menggunakan produk atau volume pembelian yang dilakukan konsumen.(aryadjihs/berdesa)

Foto: www.kajianpustaka.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*