Kuliner Belut: Pilih Kripik Belut atau Gulai Belut?

Kuliner Belut Pilih Kripik Belut atau Gulai Belut

BERDESA.COM – Apapun makanan dari belut yang Anda inginkan bisa didapatkan di Godean, Sleman, Yogyakarta. Kepala Dinas Pasar Tri Endah Yitnani mengatakan, pendirian pusat kuliner belut tidak sekadar menata para pedagang. Lebih dari itu, sentra tersebut juga diharapkan untuk menumbuhkan perekonomian pelaku industri kecil serta menunjang kawasan perkotaan Sleman agar lebih menarik bagi wisatawan.

Tri Endah mengatakan, sentra Kuliner Belut ini tentunya semakin menguatkan citra belut sebagai komoditas unggulan Sleman yang bahkan banyak diminati para wisatawan sebagai oleh-oleh khas Sleman. Sementara untuk menjaga dan meningkatkan kualitas produk hasil olahan belut, akan dilakukan grading kripik belut sehingga pembeli dapat membedakan kualitas kripik belut.

Pusat Kuliner Belut Godean terletak di Jalan Godean km 10. Sekitar 1 km sebelah timur Pasar Godean. Awalnya Kuliner Belut Godean berada dalam satu area dengan Pasar Godean, namun karena ramainya pembeli, seringkali kawasan di sekitar pasar menjadi tidak tertib. Banyak dari pembeli dan penikmat kuliner belut, khususnya yang menggunakan mobil, memarkir kendaraan mereka di pinggir jalan sehingga menimbulkan kemacetan. Atas dasar itulah, pada awal 2014 yang lalu Pemerintah Kabupaten Sleman melokalisasi kuliner belut ini ke satu area terpusat yang disebut Pusat Kuliner Belut Godean.

Ketika memasuki sentra olahan belut ini, anda akan menemukan puluhan pedagang jajanan keripik belut yang bisa dimakan sebagai camilan atau oleh-oleh khas Sleman. Masuk lebih dalam ke area ini, anda bisa mencoba berbagai macam olahan belut basah atau makanan berat dengan berbagai macam menu seperti di Lesehan Pendopo milik Mbak Atin tersedia rica-rica belut, gulai belut, belut geprek, bothok belut, aneka sambal belut, belut goreng pedas manis, serta aneka saos belut. Atau ada juga Warung lain yang menawarkan rendang belut, tongseng belut, balado belut, opor belut, serta oseng belut. Lain lagi warung Rahmah, di sini disajikan belut goreng pandan, sambel belut goreng, wader goreng, sambel wader. Sedangkan warung Yu Sud punya masakan khas mangut belut.

Di sentra kuliner ini, belut kebanyakan didapat dari peternakan belut di daerah Jawa Timur. Minimnya hasil budidaya belut yang ada di Kulon Progo masih belum mampu memenuhi kebutuhan belut di sini. Harga belut hidup dijual di kisaran Rp 38.000-45.000 tergantung ukuran serta musim, sementara Keripik belut dihargai Rp 90.000-100.000 per kg. Olahan basah disajikan dengan kisaran harga Rp 15.000 per porsi. Jika Anda tengah berada di Yogyakarta, sempatkanlah untuk mampir mencoba asyiknya kuliner belut di Godean.(bd04)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*