Kiat Sukses Berbisnis Ternak Sapi

0
858

Bagi Anda yang mencari peluang usaha desa yang memberikan keuntungan besar, ternak sapi jawabannya. Namun, meskipun memberikan keuntungan bisnis yang besar jika Anda tidak berpengalaman dalam ternak sapi bisa jadi malah akan mendatangkan kerugian. Seperti yang kita ketahui selama ini, dalam mengurus sapi diperlukan tenaga yang ekstra dibandingkan dengan mengurus ternak lainnya seperti ternak ayam, kambing, cacing dan sebagainya.

Untuk itulah banyak dari peternak sapi adalah lulusan sarjana peternakan karena memang peternak sapi ini membutuhkan keahlian yang khusus karena sapi adalah hewan ternak yang bisa dibilang sulit. Sehingga para sarjana ini dapat menekuni bidangnya dalam beternak sapi. Dalam perawatannya, sapi memerlukan perawatan yang intensif dan perhatian yang khusus. Karena jika tidak akan menjadi kurang sehat dan menurun kualitasnya.

Jika anda ingin memulai usaha ternak sapi namun tidak memiliki pengetahuan sama sekali tentang cara berternak sapi, maka Anda harus memiliki niat dan keseriusan untuk mempelajari berbagai tips dan cara-cara untuk mengawali usaha beternak sapi ini. Usaha beternak sapi sendiri bukanlah sebuah usaha dengan modal kecil yang menghasilkan keuntungan dalam waktu singkat.

Baca Juga  Peluang Usaha Minuman Dingin, Menguntungkan dan Sehat

Dalam usaha ini Anda memerlukan kesabaran ekstra dan modal yang cukup besar untuk bisa melakukan pembibitan, perawatan (pemberian pakan kepada hewan dan perawatan kandang), serta strategi bisnis ternak yang mumpuni. Sapi bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan dan minuman mulai dari susu, yoghurt, sosis, bakso dan lain-lain. Selain itu produk olahan dari sapi ini juga menjangkau berbagai pasar baik itu pasar tradisional maupun pasar modern.

Belum lagi permintaan akan bahan baku sapi di pasaran juga sangat tinggi. Hal inilah yang membuat banyak orang ingin memulai usaha beternak sapi dan hal ini juga bisa menjadi peluang usaha desa yang menjanjikan. Anda perlu melakukan cara-cara yang tepat untuk mengembangkan usaha ternak sapi. Jika cara-cara tersebut telah berhasil, hal itu menandakan awal yang baik sebagai usaha Anda untuk beternak sapi.

Salah satu hal penting yang harus Anda lakukan adalah Anda harus bisa membangun hubungan dengan peternak sapi lainnya untuk menjalin relasi dan jaringan bisnis yang lebih menguntungkan. Tetapi sebelum melakukan itu, ada baiknya jika Anda memahami lebih dulu tentang cara kerja tim dalam jaringan bisnis. Jangan sampai Anda mengalami kerugian dengan tim yang telah Anda bangun karena akan menjadi peluang besar untuk Anda dan tim mendapatkan kesuksesan sehingga bisnis ternak yang Anda jalankan bisa dikenal di berbagai tempat.

Baca Juga  Peluang Usaha Perkebunan Pengeruk Keuntungan

Sapi yang mudah untuk diternak adalah sapi potong. Ada beberapa jenis sapi ternak ini, antara lain:

1. Sapi Ongole

Sapi ini memiliki kulit berwarna putih dan berasal dari India sehingga mampu beradaptasi dengan iklim tropis. Pertumbuhan dan perkembangan dari sapi ini tergolong lambat sekitar 4-5 tahun sehingga banyak peternak yang menyilangkan sapi Ongole dengan sapi jenis lain.

2. Sapi Limousin

Sapi Limousin adalah jenis sapi impor yang berasal dari negara empat musim. Sapi ini memiliki tubuh yang besar dengan daging yang cukup banyak dengan ciri-ciri warna putih pada moncong kepalanya dan kulitnya berwarna hitam bervariasi dengan warna merah bata dan putih.

3. Sapi Brahman

Sapi Brahman memiliki ciri-ciri tubuh yang besar, berwarna coklat hingga coklat tua, dengan warna putih pada bagian kepala dan pertumbuhan daging yang cepat. Sapi Brahman juga termasuk sapi impor. Sapi impor terkenal sebagai sapi pedaging karena pertumbuhannya yang cepat dibandingkan sapi lokal.

4. Sapi Madura

Sapi Madura merupakan jenis sapi lokal yang memiliki ciri-ciri berpunuk dan berwarna merah dan kuning. Sapi Madura mengalami proses pertumbuhan berat badan yang cukup lama namun cocok untuk menambah keuntungan dalam bisnis peternakan sapi.

Baca Juga  Peluang Usaha Desa Ternak Ayam Kampung, Untuk Penuhi Komoditas di Perkotaan

5. Sapi Bali

Sapi ini mempunyai ciri-ciri berwarna putih pada kaki dari lutut ke bawah dan pada pantat, punggungnya bergaris warna hitam (garis belut). Jenis sapi ini memiliki tekstur daging yang lembut namun rendah lemak. Perawatan yang dilakukan untuk sapi Bali juga tergolong mudah karena kemampuan adaptasinya yang cukup baik saat berada di lingkungan baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here