Kesuksesan OVOP Jamur Shitake Di Oyama

Kesuksesan OVOP Jamur Shitake Di Oyama

Shiitake (Lentinula edodes) atau jamur hioko dan sering ditulis sebagai jamur shiitake adalah jamur pangan asal Asia Timur yang terkenal di seluruh dunia dengan nama asli Jepang. Shiitake secara harafiah berarti jamur dari pohon shii (Castanopsis cuspidata) karena batang pohonnya yang sudah lapuk merupakan tempat tumbuh jamur shiitake. Spesies ini dulunya pernah dikenal sebagai Lentinus edodes. Ahli botani Inggris bernama Miles Joseph Berkeley menamakan spesies ini sebagai Agaricus edodes pada tahun 1878.

Jamur Shiitake

Foto : berbisnisjamur.com

Mulanya Oyama merupakan salah satu daerah termiskin di Jepang. Kepemilikan tanah para petani disana rata-rata hanya 0,4 ha saja. Tetapi di Oyama banyak ditemukan pohon-pohon besar yang berpotensi untuk digunakan sebagai pengembangan jamur shiitake. Menurut hasil kajian, Jamur shiitake bermanfaat untuk penyembuhan kanker dan penurunan kolesterol. shiitake dikembangkan oleh tenaga ahli dari Perguruan Tinggi setempat dan diperkenalkan kepada masyarakat di Oyama.

Pada awalnya tingkat resistensi masyarakat di Oyama cukup tinggi, hanya 2-3 orang saja yang berpartisipasi. Dengan adanya sentuhan teknologi, konsep pengemasan dan promosi yang baik yang dilakukan oleh pemerintah daerah setempat melalui berbagai media massa, permintaan pasar meningkat dan fanastisme konsumen meningkat. Pada tahun 2009 harga jamur shiitake kering berkisar di angka 280 dolar/kg. Ini merupakan peningkatan nilai jual yang luar biasa.

Hal ini meningkatkan pendapatan para petani secara signifikan. Pada tahun 2001, Jamur shiitake ini menguasi 28 % pangsa pasar domestik. Dalam kasus jamur shiitake, gerakan OVOP berhasil meningkatkan pendapatan petani setempat dengan kenaikan harga Jamur shiitake. Jamur shiitake mempunyai ukuran yang tidak besar dibanding jamur yang lain seperti jamur tiram. Nilai jual jamur shiitake di pasaran tidaklah murah. Hal inilah yang menimbulkan pertanyaan, “Kenapa bisa mahal padahal bentuknya kecil?”

Manfaat Jamur Shiitake

Foto : bisnisukm.com

Ternyata selain rasanya yang enak, jamur shiitake mempunyai manfaat yang cukup besar untuk kesehatan. Jamur shiitake kaya akan protein yang tentunya berperan baik untuk menunjang kesehatan tubuh, selain protein jamur shiitake juga mengandung asam amino yang di butuhkan tubuh seperti thiamin, riboflavin dan niachin serta mengandung enzim dan beberapa jenis serat. Kandungan ergosterol dalam jamur shiitake akan di olah oleh tubuh menjadi vitamin D setelah kulit terkena sinar matahari sehingga jamur shiitake dapat menjadi sumber vitamin D bagi tubuh. Asam amino yang terkandung dalam jamur shiitake dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatasi gangguan pencernaan, hati dan melancarkan peredaran darah.

Dari temuan para ahli kesehatan, ditemukan kandungan letinan dalam jamur shiitake yang dapat berfungsi menjadi anti kanker. Jamur shiitake juga dapat membantu mengobati tekanan darah tinggi, mengurangi kadar kolesterol darah dan juga dapat menyehatkan jantung. Bahkan ternyata jamur shiitake ini dapat membantu meningkatkan penampilan. jamur shiitake dapat membantu melancarkan peredaran darah di daerah wajah sehingga kulit wajah menjadi sehat, halus dan kencang. Selain itu juga dapat menyehatkan rambut. Kelebihan itulah yang diangkat oleh Morihiko Hiramatsu dalam pendekatan OVOP, sehingga orang berlomba-lomba untuk mencari tahu dan membelinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*