Kerjasama Distributor Sembako Dan Manfaatnya Bagi Pemilik Toko

0
3232
Kerjasama Distributor Sembako Dan Manfaatnya Bagi Pemilik Toko

Kerjasama distributor sembako memberi banyak manfaat bagi pemilik toko sembako. Ada banyak toko sembako yang berdiri di dekat tempat tinggal kita. Usaha retail seperti toko sembako tidak bisa dipandang sebelah mata. Keberadaan toko sembako membantu masyarakat untuk membeli aneka kebutuhan sehari-hari dengan mudah.

Bila dijalani dengan bersungguh-sungguh usaha kecil seperti ini bisa mendatangkan keuntungan yang berlimpah. Karena yang dijual adalah kebutuhan sehari-hari maka perputaran modal terjadi dengan sangat cepat. Barang yang dibeli hari ini bisa habis terjual dan menghasilkan keuntungan dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama.

Masalah yang sering dihadapi pemilik toko sembako

Tidak ada bisnis yang bisa dijalankan dengan mudah. Setiap jenis usaha pasti memiliki tantangan tersendiri. Kemampuan kita menyelesaikan masalah menjadi kunci sukses usaha yang kita geluti. Sama seperti pemilik usaha jenis lainnya, pemilik toko juga harus pintar menghadapi berbagai masalah yang timbul.

1. Persaingan ketat

Bisnis retail seperti toko sembako memiliki tingkat persaingan yang sangat tinggi. Untuk membuka toko sembako tidak diperlukan keahlian khusus. Karena semua orang bisa membuka toko maka jumlah toko semakin banyak. Sementara jumlah konsumen tidak mengalami perubahan yang terlalu signifikan. Akibatnya pemilik toko saling berkompetisi untuk mendapatkan pelanggan.

Baca Juga  Keripik Pisang Kekinian, Peluang Usaha Desa Prospektif Naik Daun di 2019

2. Harga murah

Dalam bisnis retail seperti sembako sulit sekali mendapatkan konsumen yang loyal karena yang dicari konsumen hanyalah harga murah. Konsumen akan dengan mudah pindah ke toko lain yang menawarkan harga sedikit lebih murah. Agar konsumennya tidak pindah ke toko lain, pemilik toko harus menjual barangnya dengan harga murah.

3. Barang tidak lengkap

Bila barang yang tersedia tidak lengkap konsumen juga enggan untuk datang ke toko kita. Konsumen cenderung memilih toko yang memiliki barang lengkap dengan harga murah.  Agar bisa menjual barang dengan harga murah pemilik toko harus bekerja sama dengan pihak lain. Kerjasama distributor sembako bisa mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh pemilik toko.

Manfaat kerjasama dengan distributor sembako

Saat ini ada banyak perusahaan atau badan usaha yang siap bekerjasama dengan pemilik toko untuk mensupply barang yang dibutuhkan. Kerjasama distributor sembako memberikan banyak manfaat kepada pemilik toko yang diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Kemudahan mendapatkan stok barang

Dengan bekerjasama dengan distributor, pemilik toko bisa mendapatkan barang yang diinginkannya dengan mudah. Pemilik toko tidak perlu mendatangi banyak tempat untuk memenuhi kebutuhan tokonya. Dengan bekerjasama dengan distributor, maka pasokan barang di toko menjadi lebih lancar.

Baca Juga  Pertimbangkan Kelebihan Dan Kekurangan Sebelum Memulai Usaha Toko Sembako Di Desa

2. Jenis barang yang di jual menjadi lebih banak

Kerjasama distributor sembako memungkinkan pemiliki toko untuk mendapatkan berbagai jenis barang yang diinginkan dengan mudah dan cepat. Dengan demikian jenis dan jumlah barang di toko menjadi lebih banyak. Hal ini akan membuat konsumen puas dan terus belanja di toko anda.

3. Proses pemesanan barang lebih cepat

Saat ini ada banyak distributor yang menggunakan aplikasi yang memudahkan para pemilik toko untuk memesan barang yang diinginkan. Untuk proses pembayaran bisa dilakukan dengan cara transfer atau cash on delivery (COD). Cara yang kedua adalah cara paling aman dalam hal melakukan pembayaran.

4. Harga barang lebih kompetitif

Saat ini ada banyak distributor sembako yang menawarkan jasanya kepada para pemilik toko. Pemilik toko harus jeli memilih distributor yang ada. Dalam hal ini pemilik toko bukan saja harus memilih distributor yang terpercaya tetapi juga harus mencari distributor yang bisa menawarkan harga terbaik.

5. Keuntungan terus meningkat

Kerjasama distributor sembako memunginkan pemiliki toko untuk mendapatkan barang dengan harga murah. Karena membeli dengan harga murah pihak toko bisa menjual barangnya dengan harga sedikit di bawah harga pasar. Hal ini akan membuat konsumen senang dan omzet toko meningkat dengan tajam.

Baca Juga  Ide Bisnis Unik di Desa 2019 Yang Patut untuk Di Coba

Usaha toko sembako merupakan sebuah bisnis yang sangat menjanjikan. Bila dilakukan dengan serius dengan manajemen yang baik, usaha retail ini bisa menjadi sumber penghasilan yang lumayan. Bekerjasama dengan distributor sembako memudahkan toko mendapatkan supply barang dengan harga murah dan menjamin ketersediaan barang secara terus menerus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here