Kerajinan Eceng Gondok Peluang Usaha Desa Kreatif dan Inovatif

0
255

Untuk orang yang tempat tinggalnya dekat dengan air, baik itu kolam, ledeng, sawah, kali ataupun tempat pemancingan pasti akan tahu dengan tumbuhan mengapung yang satu ini. Ya enceng gondok. Namun, tanaman ini dianggap sebagai gulma atau tanaman pengganggu. Bagi Anda yang memiliki kolam ikan, pemilik usaha pemancingan, atau pembudidaya ikan pasti seringkali kesal dengan adanya enceng gondok ini. Karena, enceng gondok dapat tumbuh dengan super cepat dan bisa berkembang menjadi ratusan sehingga jika dibiarkan akan menutupi permukaan kolam, mengotori air kolam, dan membuat kolam menjadi dangkal.

Meski dianggap sebagai tumbuhan pengganggu, enceng gondok ini memiliki serat alam yang ramah lingkungan sehingga beberapa orang dengan kreativitas yang tinggi dapat mengubah enceng gondok ini menjadi sebuah kerajinan tangan yang memiliki nilai jual tinggi. Ini juga bisa menjadi salah satu peluang usaha desa mengingat didesa masih banyak sekali rawa atau kolam yang memang terdapat banyak sekali enceng gondok. Banyak sekali kerajinan tangan yang bisa dihasilkan dari enceng gondok ini, diantaranya adalah tas, sandal/sepatu, topi, taplak, atau bahkan perabotan rumah seperti kursi dan meja.

Baca Juga  Bisnis Pakaian di Desa, Potensi Bisnis Sandang Dengan Untung Besar

Mulai Membuat Kerajinan dari Enceng Gondok

Untuk proses pembuatan kerajinan dari enceng gondok, pertama-tama yang perlu dilakukan adalah membersihkan enceng gondok dari kotoran yang melekat agar bau yang tidak sedap hilang. Kemudian, memisahkan enceng gondok dari tangkainya. Pemisahan ini bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan pisau atau gunting, dan tujuan dari tahap ini adalah untuk mengklasifikasikan bahan mana yang akan dibuat menjadi tas dan bahan mana yang akan dibuat menjadi kerajinan yang lainnya.

Pengeringan Enceng Gondok

Setelah enceng gondok dipisahkan dari tangkainya, proses selanjutnya adalah mengeringkan enceng gondok di bawah sinar matahari. Karena agar enceng gondok bisa dipakai, enceng gondok haruslah dalam kondisi yang kering. Jika Anda ingin memakai enceng gondok yang berbentuk lembaran, maka yang harus dilakukan sebelum menjemur enceng gondok adalah mengupasnya dan membuang isinya. Setelah itu baru kemudian dijemur dibawah sinar matahari.

Proses pengeringan ini biasanya memakan waktu selama 6 sampai 7 hari tergantung cuaca. Semakin lama proses pengeringan, maka kualitas produk yang didapatkan juga akan semakin baik. Namun, yang perlu diingat adalah saat proses pengeringan ini berlangsung, jangan sampai enceng gondok bersentuhan langsung dengan tanah karena hal itu akan menimbulkan jamur. Jika sudah timbul jamur pada enceng gondok, maka enceng gondok sudah tidak bisa dipakai lagi.

Baca Juga  Peluang Usaha di Desa yang Mudah Berkembang, Salah Satunya Membuka Rental Band       

Cara Membuat Kerajinan dari Enceng Gondok

Jika enceng gondok yang telah Anda jemur tadi telah kering dan siap, proses selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah membuat pola untuk kerajinan yang akan Anda buat. Hal ini dilakukan untuk mempermudah dalam pembuatan sebuah produk. Setelah pola selesai dibuat, selanjutnya adalah proses penganyaman. Di bagian ini kita di tuntut untuk membuat produk yang sesuai dengan pesanan atau sesuai dengan yang diinginkan, semakin baik hasilnya tentu harga jualnya juga akan semakin mahal.

Produsen pengerajin kerajinan enceng gondok biasanya membuat desain yang berbeda-beda. Tambahkan juga bahan lain sebagai aksesoris, seperti pita warna atau yang lainnya agar hasilnya menjadi semakin cantik. Setelah produk jadi, kemudian dikemas atau dipak dan diberi label.

Manfaat Lain dari Enceng Gondok

Tak hanya itu, ternyata isi enceng gondok juga tak kalah bermanfaat dibanding kulitnya. Isi dari enceng gondok juga bisa menghasilkan sesuatu yang kreatif. Caranya adalah, keluarkan isi enceng gondok kemudian hancurkan. Setelah berubah bentuk menjadi seperti bubur campurkan dengan lem, lalu cetak bubur enceng gondok tadi sesuai keinginan. Salah satu produk yang bisa dihasilkan dari isi enceng gondok ini adalah tutup lampu.

Baca Juga  Peluang Usaha Desa: Rental PS di Desa Minim Modal, Mau Coba?

Hanya membutuhkan kreativitas dan kerja keras yang tinggi untuk membuat kerajinan tangan ini. Modal yang dibutuhkan pun tidak terlalu banyak. Usaha ini sangat cocok sebagai peluang usaha desa guna membantu masyarakat desa dalam mengembangkan kreativitas dan bisa menghasilkan rupiah. Produk jadi dari enceng gondok ini biasanya akan mulai dipasarkan di pasar-pasar tradisional, atau dibuatkan toko sendiri, yang lebih menguntungkan lagi jika bisa dijual secara online atau kalau bisa di expor keluar negeri melaui e-bay karena hasilnya bisa berkali-kali lipat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here