Kenapa Usaha Minimarket Sangat Menguntungkan Bagi BUMDesa, Ini Alasannya

0
1549

BERDESA.COM – Siapa yang menyangkal prospek usaha minimarket. Begitu empuknya sehingga banyak pemain membangun jaringan minimarket modern saat ini. Kenapa Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) tidak memanfaatkan peluang ini. Ada sederet keuntungan bagi warga desa dan BUMDesa jika warga desa belanja di minimarket-nya sendiri.

Keuntungan pertama sudah jelas, laba dari hasil penjualan bakal masuk ke kas BUMDes sebagai lembaga yang memang bertugas membangun kesejahteraan desa. Jadi, uang yang dibelanjakan pengunjung minimtarket yang sebagian besar adalah warga desanya, tidak akan kemana-mana alias kembali ke warga desa sendiri dalam rupa-rupa bentuk seperti pembangunan infrastruktur, asuransi kesehatan, untuk permodalan simpan-pinjam dan sebagainya.

Kedua, anak-anak muda desa mendapat pekerjaan yang menarik. Usaha minimarket akan butuh karyawan dan itu berarti membuka peluang bagi warga setempat. Alhasil, anak-anak muda tidak perlu pergi ke kota untuk mengadu nasib. Semakin besar kapasitas usaha minimarket itu semakin besar pula peluang terciptakanya peluang kerja baru dari mulai pramuniaga hingga petugas antar-barang jika usaha minimarket itu melebarkan diri pada layanan antar-barang.

Baca Juga  Menginisiasi Pembentukan BUM-Desa Donokerto

Ketiga, seiring kemampuannya yang meningkat dalam manajemen minimarket, tim manajemen minimarket bisa mendapatkan produk yang dijualnya dengan harga yang miring dan berani bersaing dibanding minimarket modern berjaringan lain milik swasta. Maka minimarket bisa berkembang menjadi pusat grosir bagi toko-toko kelontong di desa itu. Bayangkan, berapa banyak duit yang akan berputar dan kembali pada warga jika duit warga dibelanjakan ke toko miliknya sendiri.

Keempat, usaha supermarket itu bisa menjadi gerbang pemasaran bagi produk lokal agar masuk ke pasar yang lebih besar. Untuk itu minimarket ini harus membangun jaringan pemasaran produk dengan toko-toko dan minimarket lain untuk menjual produk lokal asli desa. Ini tidak hanya akan menciptakan peluang pendapatan baru bagi warga melainkan juga bisa menjadikan minimarket ini memiliki produk khusus dan unik yang tidak dimiliki minimarket yang hanya menjual produk pabrikan.

Jika usaha minimarket terus mengembang, warga berkesempatan menciptakan rupa-rupa produk menggantikan produk pabrikan yang selama ini mendominasi pasar retail. Warga harus diajak untuk mengutamakan produk lokal bahkan meski harus membayar dengan harga lebih tinggi karena toh keuntungannya akan kembali pada mereka.

Baca Juga  Potensi Pasar Desa dalam Pembangunan

Kelima, pasar minimarket milik BUMDesa tidak perlu dicari karena sudah jelas warga desanya sendiri. Jadi bakal memotong banyak biaya promosi. Jangan salah, biaya prmosi menempati budget yang cukup besar bagi usaha seperti minimarket. Maka minimarket milik BUMDesa bakal bisa menawarkan harga produk yang lebih murah lagi jika mampu memotong biaya promosi.

Berbagai keuntungan itu sudah jelas bakal diraup BUMDesa jika mau mendirikan minimarket. Masalahnya, bagaimana cara mendirikan minimarket jika desa tersebut tidak memiliki sumber daya yang berpengalaman di bidangnya?

Jangan kawatir, BUMDesa bahkan tidak perlu memikirkan mengenai manajemen minimarket nan pelik itu. Usahadesa.com adalah toko online yang juga mengembangkan program kerja sama berupa pelatihan manajemen dari A sampai Z, mulai dari menyusun Rancangan Anggaran Biaya, menghitung keuntungan, target kembali modal hingga bagaimana membangun manajemen pengelolaan minimarket desa. Dengan satu catatan penting, bekerja sama dengan Usahadesa.com tidak akan membuat desa kehilangan saham sama sekali terhadap kepemilikan minimarket itu alias minimarket itu tetap 100 persen milik desa.

Baca Juga  Jazz Mben Senen: Tempat Asyik Menikmati Musik

Usahadesa.com hanyalah supporting sistem yang membantu merumuskan, mendirikan hingga manajemen berjalan hingga membangun jaringan kerja sama dengan minimarket di desa lain untuk mengembangkan jaringan pemasaran. Usahadesa.com bahkan membuka peluang produk desa untuk dijual di toko online www.usahadesa.com. Maka, kerjasama dengan Usahadesa.com akan memberi dua keuntungan pasti, minimarket terbangun dan berjalan sekaligus BUMDesa memiliki jaringan pemasaran online alias melalui internet bagi produk-produk lokal desanya. Jika Anda tertarik, tinggal hubungi WA nomer 08953815500455. Maka Anda bakal terhubung dengan tim khusus yang menjalankan program layanan yang akan membantu BUMDesa Anda mendirikan toko atau minimarket hebat milik desa Anda.(aryadji/berdesa)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here