Kenapa UKM Harus Mengembangkan Usaha Melalui Internet, Ini Sebabnya

Kenapa UKM Harus Mengembangkan Usaha Melalui Internet, Ini Sebabnya

BERDESA.COM – Informasi mengenai potensi mengembangkan usaha melalui internet tak sulit dicari. Mulai dari hebatnya pemasaran online hingga meraup untung dari iklan Google melalui website atau blog. Tetap tak bisa dipungkiri, informasi itu hanya berlaku bagi orang-orang yang sudah familiar dengan internet dan dunia online.

Lain cerita bagi para pelaku UKM di desa-desa. Jangankan berpikir mengenai strategi pemasaran melalui internet, sebagian dari mereka bahkan tak punya waktu untuk istirahat karena umumnya mereka menjalankan sendiri produksi sekaligus pemasaran. Padahal sebenarnya, mengembangkan usaha melalui online jauh lebih praktis dibanding cara konvensional. Apa saja kelebihan mengembangkan usaha melalui online, ini dia:

  1. Bisa dilakukan dengan modal minim

Hebatnya usaha melalui online, Anda bahkan bisa buka toko meski Anda tidak punya produk sama sekali. Misalnya dengan menjadi re-seller alias menjualkan produk orang lain. Ada begitu banyak produk yang bisa dijual dengan cara seperti ini, Anda tinggal membuka-buka website marketplace alias pasar online. Di sana Anda tinggal memilih produk apa yang Anda mau pasarkan. Dengan cara ini Anda tinggal tidak perlu sewa kios, membangun interior dan biaya operasional sebagaimana toko soalnya Anda hanya perlu mengirimkan produk ke pembeli begitu ada yang beli. Untuk itu bahkan Anda tak perlu menyediakan stok di rumah.

  1. Gampang dipelajari

Seluruh program dalam dunia internet sesungguhnya telah dibuat semudah mungkin untuk dipelajari semua orang. Jadi, anggapan banyak orang bahwa internet identik dengan teknologi yang rumit sesungguhnya salah. Jadi, tak ada lagi alasan bagi pelaku UKM untuk tidak menggunakan perangkat ini.

  1. Tak ada batasan waktu

Hebatnya internet adalah bisa diakses dari sudut manapun di dunia ini. Jadi, Anda bisa menjalankan usaha darimanapun juga. Anda juga tidak terikat waktu karena internet tidak pernah tidur dan akses internet dilakukan orang sejagad. Ketika di Indonesia malam hari, di belahan bumi Eropa saja justru siang hari. Maka jangan kaget jika tiba-tiba ada pembeli dari luar negeri datang di tengah malam mengetuk smartphone Anda.

  1. Cara berpromosinya mudah dan murah

Ada berderet-deret sosial media yang bakal menjadi saluran promosi bagi produk Anda dan itu bisa Anda lakukan tanpa perlu membayar alias gratis. Beberapa yang umum dipakai para pelaku UKM berjualan adalah Facebook, Instagram, BBM dan sebagainya. Asyiknya, Anda bisa mempromosikan beragam produk sambil ngobrol dengan teman-teman lama Anda di ruang sosial ini.

  1. Peluang baru selalu tersedia

Begitu Anda terhubung ke dunia online dan mulai menjangkau jaringan pertemanan, akan ada begitu banyak yang dilakukan orang-orang dengan segala potensi yang ada pada mereka. Rasakan pula, Anda past akan terhubung dengan aneka rupa peluang usaha yang ada di sana. Jadi, Anda tinggal memilih saja ide mana yang cocok untuk mengembangkan usaha Anda lengkap dengan tips-tips-nya.

  1. Tidak butuh banyak tenaga kerja

Hebatnya membangun usaha melalui internet bisa dilakukan sendiri alias tidak butuh banyak tenaga kerja. Apalagi usaha melalui internet bisa dijalankan dengan menggunakan gadget yang Anda tenteng kemanapun 24 jam. Anda baru akan butuh tenaga kerja tambahan ketika usaha sudah mulai mengembang.

  1. Setiap orang punya kesempatan yang sama

Di dunia maya, semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk maju dan berkembang. Hanya tinggal kreativitas ide dan kerja keras sang pelaku usaha.

Itulah beberapa kelebihan yang ditawarkan dunia online sebagai sebuah peluang mengembangkan usaha terutam abagi para pelaku UKM yang sebagian besar belum memanfaatkan layanan online ini. Selamat datang di dunia online. (aryadji/berdesa)

Foto: www.jokosusilo.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*