Kenapa Pelatihan BUMDesa itu Penting, Ini Jawabannya

Kenapa Pelatihan BUMDesa itu Penting, Ini Jawabannya

BERDESA.COM – Bagaimana cara mendirikan BUMDesa dengan lebih cepat padahal proses pendiriannya butuh banyak proses yang tak mudah? Gampang saja, ikutlah pelatihan BUMDesa. Cara mendirikan dan mengelola BUMDesa bakal dibahas tuntas di sana, hanya dalam beberapa hari seluruh materi yang Anda butuhkan disuguhkan dalam pelatihan BUMDesa ini.

Mengikuti pelatihan adalah cara yang paling efektif karena bakal memberikan hampir seluruh materi penting dalam proses mendirikan, mengelola hingga mengembangkan BUMDesa. Soalnya, BUMDesa mempersyaratkan berbagai hal dalam proses mendirikan, tidak bisa didirikan begitu saja oleh segelintir orang. Sebaliknya, karena kelembagaannya mewakili inspirasi seluruh warga desa maka haruslah mengikutsertakan partisipasi seluruh warga, melalui sistem representasi alias perwakilan mereka.

Itu baru proses pendiriannya, belum lagi proses legalisasi. Ada beberapa kebutuhan administrasi yang harus dipenuhi agar BUMDesa menjadi sah. Meski seluruh proses ini sudah termaktub dalam prosedur yang telah secara jelas diterbitkan pemerintah, tetapi pelaksanaannya sama sekali tidak mudah. Apalagi segala aturan itu ditulis dengan bahasa legal alias bahasa hukum yang baku itu.

Pelatihan menjelaskan seluruh rangkaian itu dengan penjelasan yang kontekstual alias gampang dipahami. Para pembicara tentu saja adalah orang-orang yang telah berpengalaman dengan realitas sosial yang ada di desa. Jadi, paling tidak sudah bisa menggambarkan apa yang harus dilakukan untuk mendirikan BUMDesa sesuai situasi sosial yang ada di desa Anda.

Peletihan juga biasa dilakukan dengan peserta yang banyak. Hal ini membuat peserta akan bertemu dengan orang-orang yang sedang membutuhkan informasi yang sama bagi desanya masing-masing. Pertemuan itu akan memungkinkan setiap peserta bertukar pendapat, pengalaman dan ‘curhat’ situasi desanya masing-masing. Diskusi ini akan memberikan banyak input alias masukan bagi setiap peserta untuk mendapatkan informasi penting bagi desanya.

Fakta di lapangan dari berbagai Pelatihan yang digelar Usahadesa.com di beberapa tempat di Indonesia, ada banyak desa malah melahirkan kerjasama satu sama lain untuk saling mendukung kemajuan BUMDesa mereka. Kerjasama itu lahir setelah mereka mendapatkan materi dari pelatihan mengenai apa saja potensi dan kebutuhan desa mereka yang bisa dikembangkan.

Mengikuti pelatihan juga jauh lebih efektif untuk mendapatkan rangkaian materi mengenai seluk-beluk BUMDesa termasuk kasus-kasus di lapangan yang dialami sebagian besar desa dalam membangun BUMDesa-nya. Bukan rahasia, ada banyak BUMDesa yang kandas pada beberapa bulan pertama karena ketidaktahuan para pengurusnya mengenai bagaimana manajemen usaha seharusnya dijalankan. Nah, pelatihan dimaksudkan agar kisah kegagalan seperti ini tidak perlu terjadi pada BUMDesa Anda. Tetapi pelatihan hanya bisa diikuti oleh segelintir orang saja, apakah itu cukup untuk mendukung berdirinya BUMDesa?

Menciptakan perubahan sesungguhnya tidak butuh terlalu banyak orang. Beberapa orang saja bahkan sebenarnya sudah bisa melakukan perubahan besar bagi desa. Maka si peserta pelatihan itulah yang bakal menjadi aktor penggerak perubahan dalam desanya. Tahukah Anda ada banyak perubahan terjadi oleh kiprah satu atau dua orang saja.

Tetapi jangan asal pelatihan Anda ikuti. Saat ini ada banyak lembaga menawarkan pelatihan BUMDesa. Sebaiknya Anda tahu materi apa yang akan disuguhkan dalam pelatihan itu, siapa saja pembicara dan apakah mereka cukup kapabel untuk memberikan materi itu. Anda juga harus mengukur kapasitas kelembagaan, apakah lembaga penyelanggaranya cukup memiliki referensi mengenai desa. Jangan sampai Anda sudah membayar mahal tetapi hanya mendapatkan materi yang tak bisa menjawab kebutuhan desa Anda.

Salahsatu referensi pelatihan yang menarik buat Anda adalah yang digelar Usahadesa.com. Anda bisa mendapatkan iklan dan penjelasannya melalui media yang sedang Anda baca ini. Usahadesa.com adalah perusahaan induk Berdesa.com, perusahaan sosial yang telah melang-melintang dalam wacana pembangunan BUMDesa se-Indonesia. Jadi, tidak diragukan lagi kualitas pelatihannya.

Usahadesa.com memiliki program pelatihan terjadwal dan Anda tinggal menyesuaikan dengan jadwal itu. Dengan begitu Anda punya cukup waktu untuk mengajukan pendanaan dan berbagai persiapan lain untuk mengikuti pelatihan.(aryadji/berdesa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*