Kenapa BUMDesa Bersama Strategis dan Punya Kekuatan Besar

0
785

BERDESA.COM – Jika beberapa desa memiliki potensi ekonomi yang hampir sama, kenapa tidak mendirikan BUMDesa Bersama? BUMDesa bersama membuat setiap desa tidak perlu menghadapi kendalanya sendiri.

BUMDesa Bersama adalah sebuah cara yang strategis bagi desa-desa yang ingin meningkatkan kesejahteraan warganya secara bersama-sama dalam satu struktur organisasi usaha. Beranggotakan dua atau lebih BUMDesa, BUMDesa Bersama tentu saja harus didahului kesepakatan-kesepakatan antardesa mengenai pembentukan lembaga bersama ini.

Langkah ini sudah dilakukan beberapa desa seperti delapan desa di Ponorogo, Jawa Timur. Mereka menyematkan nama BUMDesa Nusantara sebagai nama BUMDesa Bersama delapan desa di wilayah ini. BUMDesa Nusantara selanjutnya mengelola grosir atau toko desa, simpan pinjam dan berbagai program lainnya.

Kelebihan yang dimiliki BUMDesa Bersama adalah mampu menciptakan layanan pada jumlah konsumen yang lebih besar (baca: pasar). Sehingga usaha yang dikelola BUMDesa Bersama memiliki peluang tumbuh dan berkembang lebih besar karena dukungan pasar dan lembaga yang kuat. Kedua, akumulasi modal juga lebih besar karena didukung oleh lebih dari satu desa. Logikanya, jika satu desa bisa membangun sebuah toko maka delapan desa bisa membangun supermarket.

Baca Juga  Kunjungan Kerja atau Pelatihan BUMDesa, Mana yang Lebih Pas?

Besarnya dukungan lembaga juga memudahkan BUMDesa bersama ini mendapatkan SDM yang dibutuhkan karena memilik rentang wilayah yang lebih luas dengan kuantitas kandidat yang lebih banyak untuk dipilih menjadi pengurus BUMDesa. Faktanya di lapangan, sebagian besar BUMDesa kesulitan mendapatkan tenaga kerja berkualitas karena BUMDesa belum dianggap sebuah lembaga yang bisa menawarkan masa depan bagi anak-anak muda.

BUMDesa bersama juga memungkinkan pembangunan daya dukung atau infrastruktur menjadi lebih masif atau lebih maksimal. Soalnya, beberapa desa bersatu menciptakan infrastruktur untuk memperlancar usaha mereka bersama. Sehingga lebih ringan bagi mereka misalnya membangun jalan poros yang menghubungkan masing-masing desa.

Apakah menjadi bagian dari BUMDesa Bersama berarti harus memiliki BUMDesa di tingkat des? Ternyata tidak. Sebuah desa bisa menjadi bagian dari BUMDesa bersama meski di desanya sendiri belum berdiri BUMDesa. BUMDesa Bersama adalah justru salahsatu solusi bagi desa yang belum mampu membangun BUMDesa di tingkat desa karena berbagai pertimbangan.

BUMDesa Bersama juga mampu membuat BUMDesa menjadi aman dari berbagai kemungkinan masalah seperti penguasaan oleh elit desa pada BUMDesa biasa. Pada BUMDesa Bersama, bakal sulit bagi elit desa atau orang-orang tertentu menguasai BUMDesa karena lembaga ini diawasi beberapa desa sekaligus.

Baca Juga  Begini Cara Mengganti Direktur BUMDes

Kedua, gabungan kekuatan dari beberapa desa tentu jauh lebih kuat dalam berbagai sisi bisnis baik sebagai pasar, sistem manajemen, permodalan maupun kapasitas usaha. Umpamanya, beberapa desa di sebuah wilayah memilik potensi kopra yang selama ini selalu dibeli tengkulak. BUMDesa bersama bisa menjadi seperti penyalur Kopra dengan melakukan pembelian kopra dari warga dengan harga yang baik baru kemudian di setorkan ke pabrik. Pola ini bukan hanya membuat BUMDesa bisa menghasilkan laba besar melainkan juga langkah yang strategis mengurangi jalur distribusi yang selama ini dikuasai para tengkulak dan melindungi warga dari permainan harga yang biasa dilakukan tengkulak.(aryadjihs/berdesa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here