Kenapa Bisnis Berbasis Online Terus Meraksasa, Ini Jawabannya

Kenapa Bisnis Berbasis Online Terus Meraksasa, Ini Jawabannya

BERDESA.COM – Perkembangan internet sudah tidak bisa dihadang lagi. Hari ini dan seterusnya ke depan, segala hal bakal menggunakan wahana ini terutama dunia usaha. Tidak ada pilihan lain selain melakukan penyesuaian dengan menggunakan teknologi internet dalam mengembangkan usaha. Pertanyaannya, kenapa bisnis berbasis teknologi internet alias online semakin berkembang dan berpotensi menguasai segala lini? Berikut ini jawabannya:

  1. Tidak butuh modal besar

Membangun usaha dalam ranah nline tidak membutuhkan modal besar sebagaimana usaha konvensional. Anda bisa membangun toko pakaian tanpa harus belanja atau memiliki dagangan pakaian itu sendiri. Kok bisa? Karena Anda bisa saja hanya sebagai reseller atau menjualkan produk orang. Hebatnya lagi Anda tidak perlu menyewa kios atau ruko apalagi membangun toko pakaian yang butuh biaya besar itu.

Pada model usaha yang lain teknologi internet juga menunjukkan keunggulannya misalnya Go-Jek atau Grab. Kedua perusahaan transportasi berbasis online ini bahkan tidak perlu memiliki kendaraan sendiri, tidak perlu membayari pengemudi atau sopit taksi dan tidak perlu menyediakan gudang untuk garasi kendaraannya. Soalnya, mereka hanya cukup menyediakan aplikasi dan para pemilik kendaraan akan dengan sendirinya menjadi bagian dari bisnis ini.

  1. Tak ada batas ruang dan waktu

Bisnis online membuat Anda tidak perlu lagi harus tinggal di satu tempat dan seharian memelototi dagangan. Melalui online Anda bisa berjualan darimanapun 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Selain nyaman juga aman karena model usaha ini tidak memiliki properti nyata yang bisa mengundang kejahatan atau bencana. Pada bisnis biasa misalnya, membuka toko hingga larut malam haruslah waspada soal keamanan. Tak ada pula resiko kebakaran misalnya.

  1. Promosi lebih mudah dan cepat

Promosi adalah bagian penting dari bisnis, apapun jenis bisnis Anda. Soalnya, tak kenal maka tak sayang. Melalui online Anda dengan mudah, murah dan cepat bisa mengembangkan startegi promosi. Sosial media adalah salahsatunya. Melalui sosial media misalnya Instagram, beragam produk bisa Anda pasarkan dengan gampang.

  1. Terbukanya Peluang Usaha Baru

Melalui online bakal mempertemukan Anda dengan beragam komunitas, supplier maupun konsumen. Hubungan itu bakal menciptakan banyak peluang baru yang bisa Anda kembangkan nantinya. Hebatnya, semua itu bisa Anda lakukan tanpa harus beranjak dari tempat duduk Anda.

  1. Tidak butuh banyak orang

Banyaknya kemudahan pada dunia online membuat Anda bisa menjalankan sendiri berbagai bisnis tanpa perlu pusing membayar tenaga kerja. Inilah yang membuat bisnis berbasis online jauh lebih murah operasionalnya karena tidak perlu membayar tenaga kerja dan bisa memangkas biaya promosi besar-besaran.

Itulah beberapa keunggulan bisnis berbasis online yang sekarang terus menjamur dan meraksasa. Dengan perkembangan bisnis online yang meroket, bagi para pelaku usaha baik UKM, UMKM dan lain-lain harus menggunakan internet sebagai media promosi/ internet marketing. Dari sisi konsumen-pun bisnis ini memiliki kehebatan sendiri. Belanja di internet memangkas banyak biasa seperti biaya transportasi, biaya parkir misalnya, dan menghindarkan Anda menjadi ‘gila belanja’ karena Anda bisa dengan mudah membandingkan, memilih dan menentukan produk yang paling Anda inginkan. Jangan saah pula, hari demi hari belanja online terus mengalami peningkatan.  Apakah usaha Anda siap menyesuaikan diri atau memilih tetap bersiang dengan perkembangan ini?(aryadjihs/berdesa)

1 Komentar

  1. Bisnis secara online ini memang sudah menjadi suatu Bisnis yang mejanjikan juga. Media promosi yang mudah apalagi sekarang sudah ada banyak aplikasi jual beli online juga bisa diakses dimana saja.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*