Kementerian Wisata Fokus Genjot Pengembangan Desa Wisata

Kementerian Wisata Fokus Genjot Pengembangan Desa Wisata

BERDESA.COM – Kedatangan Barrack Obama ke obyek wisata desa ke Puncak Becici, Dlingo, Bantul, 29 Juni lalu segera memicu banyak lompatan. Bukan hanya jumlah kunjungan yang meningkat tajam paska kedatangan orang nomor satu itu tetapi pemerintah juga sangat mendukung pengembangan desa wisata di seluruh Indonesia. Saat ini Kementerian Pariwisata sedang mendorong lahirnya ribuan desa wisata di seluruh Indonesia.

Staf Khusus Menteri Bidang Komunikasi dan Media, Don Kardono kepada Berdesa.com ketika berkunjung di Wisata Lintang Sewu, Muntuk, Dlingo, (7/7) menyatakan, saat ini Kementerian Pariwisata sedang menggenjot tiga program utama yakni digital tourism, homestay desa wisata dan aksesibiltas udara. Ketiga program ini digadang untuk mendukung pengembangan desa wisata yang saat ini sedang menjadi destinasi wisata yang terus diminati.

“ Sekarang ini hamper seluruh wisatawan menggunakan akses digital untuk mendapatkan segala informasi wisata yang mereka butuhkan. Juga dalam hal booking dan melakukan pembayaran. Jadi, desa wisata juga harus siap menjalankan sistem transaksi digital,” katanya. Kementerian wisata bakal mendukung sepenuhnya promosi dan kemudahan agar desa-desa wisata bisa menyambungkan diri dengan jaringan aksesibilitas udara, “ Kami bakal memudahkan setiap desa wisata untuk mendapatkan informasi dan informasinya gampang didapatkan secara online. Soalnya mayoritas kedatangan wisatawan sekarang ini melalui udara dan seluruh transaksi mereka dari pembelian tiket, tempat wisata dan hotel tempat menginap semuanya sistem booking melalui internet,” kata Don Kardono.

Kawasan Dlingo menjadi obyek kunjungan kementerian karena popularitasnya yang terus menanjak. Seperti sebagian besar desa wisata, Dlingo juga sedang beranjak mengembangkan berbagai fasilitas wisata termasuk homestay. Data Kementerian Wisata menyebutkan, saat ini jumlah hotel-hotel di seluruh Indonesia bahkan tidak cukup untuk menampung lonjakan wisatawan, jadi homestay memiliki banyak peluang strategis untuk dikembangkan.

Dlingo menjadi tempat kunjungan rombongan Kementerian Pariwisata setelah mendapatkan tamu istimewa yakni Barrack Obama. Sejak didatangi mantan Presiden Amerika Serikat itu kawasan wisata desa di kecamatan Dlingo terus menjadi topik hangat dan memicu kenaikan kedatangan wisatawan.

Kecamatan Dlingo, Bantul adalah salahsatu kawasan wisata pedesaan yang saat ini terus mempersolek diri seiring dengan jumlah peningkatan kunjungan wisata yang membanjiri berbagai obyek wisata di desa-desa bergunung ini. Tekstur alam yang eksotik dan jarak yang tidak terlalu jauh dari Kota Yogyakarta membuat Dlingo langsung menjadi destinasi wisata yang terus melejit.

Meski memiliki jalur jalan yang penuh tanjakan dan turunan tajam tetapi tetap saja ribuan orang datang ke wilayah ini setiap hari. Pada momen libur lebaran lalu misalnya, karena begitu banyak kendaraan yang masuk ke Dlingo, seluruh jalur jalan menuju tempat ini macet dan lalu lintas berjalan lambat karena mobil-mobil harus antri mendaki tanjakan.(aryadjihs/berdesa)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*