Kemendes Luncurkan Aplikasi Multi Media ‘Desa Kini’

0
876

BERDESA.COM – Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi kembali melahirkan program. Kali ini Kementerian yang meluncurka aplikasi multi media Desa Kini, sebuah aplikasi multi media yang bergerak dalam empat kanal utama yakni berita, video, radio dan jual beli. Aplikasi ini diluncurkan di Balai Makarti Muktitama, Jakarta, akhir Mei lalu.

Kanal berita yang dimaksud adalah Beritandeso.com, sebuah webste yang berisi berbagai berita dan kabar perkembangan dunia pembangunan desa. Kanal ini dijanjikan bakal berisi berbagai informasi inspiratif. Beritandeso.com juga bakal berfungsi sebagai kanal utama pemberitaan Kemendes. Sedangkan kanal video yakni ndeso.tv memiliki empat rubrik yakni Berita Seputar Kemendes, Bincang Desa atau Talk Show yang isinya bakal membahas berbagai program Kemendes yang sedang berjalan dan menjadi topic hangat.

Tak cukup di situ, Kemendes juga menggunakan media radio untuk menyampaikan berbagai informasi dengan sistem audio yang berisi tiga program yakni Program Desa yang bakal menyiarkan berbagai program unggulan desa, program hiburan dan Program Bincang Menteri yang bakal berisi talkshow atau wawancara para petinggi yakni Menteri. Beritandeso.com, Ndeso.tv dan media radio adalah tiga media yang diluncurkan ke khalayak desa se-Indonesia untuk mempercepat sebaran informas penting pada seluruh desa.

Baca Juga  11 Prinsip Kerja Program Padat Karya

Tiga model media ini dibangun agar berbagai konten yang disiarkan media-media ini bisa samai pada masyarakat. Soalnya, hingga sampai saat ini masih sedikit warga desa di berbagai pelosok nusantara ini yang memiliki kemampuan akses informasi melalui internet. Kelompok ini tidak bisa dijangkau oleh pendekatan media online alias website.

Maka digunakanlah model radio. Media audio melalui gelombang radio adalah salahsatu perangkat yang sudah menjadi bagian hidup sebagain warga desa di seluruh Indonesia. Radio memudahkan setiap orang dalam menggunakanya karena hanya butuh menggeser gelombang dan mendengarkan suara saja. Sayangnya, sistem radio tidak bisa mengulang-ulang informas sebagaimana webste yang bisa dibuka sepanjang waktu apapun informasi yang ada di dalamnya. Kanal video adalah kanal yang memberikan konten paling hidup karena dalam bentuk gambar bergerak. Hanya saja kanal ini hanya bia diakses oleh pengguna internet.

Satu lagi, Kemendes juga meluncurkan Pasarndeso.com. Ini adalah kanal jual beli yang bisa digunakan semua orang untuk berjualan atau melakukan pembelian produk desa dari seluruh Indonesia. Pasarndeso.com dirancang seperti pasar biasa yakni setia orang bisa membuka akun, mengelola lapaknya sendiri dan mendapatkan pembeli dari pengunjung yang membuka website ini. Diharapkan keempat kekuatan multimedia ini bakal memberikan manfaat besar bagi warga desa sehingga warga bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi desanya.(ary/berdesa)

Baca Juga  Saat Ini Kepala Desa Bisa Menjabat 3 Periode

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here