Kelebihan Dan Kekurangan Crowdfunding Dalam Dunia Permodalan

0
484
Kelebihan Dan Kekurangan Crowdfunding Dalam Dunia Permodalan

Dalam dunia bisnis, ide-ide inovatif tidak akan cukup jika dibarengi dengan modal usaha. Apalagi usaha yang dilakukan hanya menggunakan prinsip untuk sukses, pasti itu sangat menyulitkan untuk berkembang. Maka pengajuan pinjaman kepada bank akan menjadi cara terefektif. Namun, bagaimana dengan adanya Crowdfunding? Sistem ini akan menguntungkan jika benar-benar dijalani.

Sebab, salah satu bentuk pendanaan usaha ini berasal dari beberapa pemilik modal. Yang nantinya modal terkumpul akan diberikan kepada pelaku bisnis sebagai penunjang perjalanan bisnis. Dari sinilah banyak yang belum mengetahui bagaimana kelebihan dan kekurangan Crowdfunding, maka kami akan menjelaskan secara singkan dari keuntungan sistem yang dipilih.

Kelebihan Crowdfunding

Dimulai dengan adanya sistem kerja Crowdfunding yang membuat pilar utama sebagai website dan kepemilikan modal biasanya akan memiliki beberapa kelebihan. Dari adanya kelebihan dan kekurangan Crowdfunding biasanya akan menjadi daya tarik tersendiri. Untuk itu keuntungan dari crowdfunding ini akan kami bahas sebagai berikut :

  1. Pengajuan Pendanaan Dengan Sistem Online

Pendanaan pada sistem crowdfunding memang lebih fleksibel, dengan ini sistem yang berkerja dilakukan secara online agar calon penanam tidak kesulitan. Kemudian proposal usaha akan diberikan melalui situs crowdfunding yang digunakan untuk pemastian pendanaan, terlebih untuk prospek perjanjian dimasa yang akan datang. Mekanisme dari sistem online ini memang menghemat tenaga, waktu dan biaya sehingga metode yang digunakan akan lebih efektif.

  1. Suku Bunga Kompetitif
Baca Juga  Mengenal Property Crowdfunding Indonesia

Berbeda dari bank atau lembaga keuangan lainnya yang menawarkan jasa pinjaman. Crowdfunding menyediakan suku bunga sangat kompetitif untuk pelaku bisnis. Bunga yang ditetapkan biasanya berkisar 6,48% hingga 17% per tahunnya. Sifatnya pun sangat flat, yang mana bunga dalam pembayaran tiap tahunnya akan selalu sama dan tidak pernah berubah.

  1. Proses Mudah, Singkat, dan Aman

Dalam proses pendaftaran pun crowdfunding memang terlihat mudah dan waktu yang digunakan pun cukup cepat. Hal ini dikarenakan data lampiran pada situs crowdfunding selalu terjaga dengan aman, bahkan informasi tentang pemilik modal pun tidak bisa dibobol oleh siapapun. Dari sini sotus Crowdfunding dilengkapi dengan sistem keamanan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

  1. Tanpa Uang Muka atau Jaminan

Platform crowdfunding juga memberikan keleluasaan bagi pelaku bisnis yang mendapatkan modal tanpa penyediaan uang muka maupun jaminan. Sistem tanpa uang muka yang dilakukan situs crowdfunding ini memang sangat menguntungkan. Sebab pelaku bisnis tidak memiliki jangka waktu dalam pembayaran modal. Hanya saja mereka diberikan kesepakatan dalam kelancaran proses pendanaan di persetujuan awal.

  1. Akses Terbaru Dan Terefisien Dalam Permodalan
Baca Juga  6 Keuntungan Dari Investasi Tanaman Online

Dalam pengajuan pinjaman biasanya akan dipusingkan dengan segala macam persyaratan dari pihak Bank. Namun pada situs crowdfunding akan lebih efektif dengan cara permodalan yang baru. Untuk itu sistem crowdfunding tidak perlu diragukan lagi jika kalian yang memang membutuhkan dana dalam pembangunan bisnis. Terlebih lagi kalian akan mendapat keuntungan yang sangat besar dari para investor yang tertarik dari ide dalam bisnis yang akan dibangun.

Kekurangan Dari Crowdfunding

Jika kelebihan bisa menjadikan daya tarik untuk sistem Crowdfunding. Kini kekurangannya pun juga harus diwaspadai. Jadi perhatikan kekurangan dari Crowdfunding dibawah ini :

  1. Kemungkinan Tidak Mendanai Kebutuhan Modal Besar

Dalam tiap sistem yang digunakan pasti memiliki kekurangannya juga. Contohnya pada sistem crowdfunding yang memiliki keterbatasan modal, maka tidak semua investor dapat mendanai melalui platform crowdfunding. Terlebih lagi pada peminjam yang membutuhkan dana sangat besar.

  1. Mengikuti Pendekatan All-or-Nothing

Para investor selalu mementingkan dimana suatu usaha akan berjalan dengan lancar dan mana usaha yang akan berhenti ditengah. Untuk itu kebanyakan investor akan melakukan suatu survei yang disebut iya atau tidak. Dimana survei ini yang akan membuat investor bisa menghasilkan lebih dari yang diharapkan atau bisa juga akan kehilangan.

  1. Membuat Proyek Anda tidak fleksibel
Baca Juga  Mengenal Crowdfunding Dan Penggunaan Dana Crowdfunding Untuk Usaha

Ketika syarat dan ketentuan diputuskan biasanya akan mengalami perubahan besar terhadap ketentuan tersebut. Mengapa ? Hal ini disebabkan dengan adanya hal penting yang berawal dari kepemilikan investor yang akan lari dari kerugian. Sebab perjalanan dari crowdfunding ini terlihat panjang dan investor pun juga tidak menginginkan untuk kerugian dalam bisnisnya.

Akhir dari sistem Crowdfunding yang menegaskan kelebihan dan kekurangan crowdfunding sendiri bisa dijadikan informasi. Dimana pinjaman dalam sistem ini memang memiliki kelebihanyang cukup besar sehingga bisnis bisa berjalan dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here