Kegiatan Pengobatan Gratis di Desa Mekarsari

0
397

Pada hari Sabtu tanggal 2 Maret 2019 lalu, Rumah Sakit Sentosa Bekasi Siloam menyelenggarakan kegiatan pengobatan gratis di lingkungan Desa Mekar Sari. Desa Mekar Sari merupakan desa yang berada di kecamatan Tambun Selatan, Kota Bekasi, ada sekitar 400 warga yang mengikuti kegiatan pengobatan gratis ini yang berasal dari lingkungan kampung kobak RW 27 dimana juga memiliki 8 RT di lingkungan Desa Mekar Sari.

Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama antara penyelenggara pengobatan gratis dengan pihak rumah sakit dengan tujuan agar menumbuhkan kesadaran dan rasa peduli di seluruh lapisan masyarakat tentang pentingnya pola hidup sehat dan pentingnya untuk memeriksakan diri dan keluarga ke fasilitas kesehatan yang ada di wilayahnya baik itu puskesmas maupun Rumah Sakit. Kegiatan semacam ini dirasa perlu rutin dilakukan agar dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat baik yang sudah tersentuh ataupun yang belum tersentuh fasilitas kesehatan terutama di daerah pedesaan.

Pihak penyelengara pengobatan gratis ini sendiri sudah menyelenggarakan program ini sebanyak 4 kali dalam setahun yang memfokuskan pada desa-desa yang berada di sekitar rumah sakit, pemilihan daerah di sekitar rumah sakit dikarenakan faktor efektifitas kegiatan sekaligus memperkenalkan rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya yang berada dekat dengan pemukiman warga, sehingga warga mengetahui lokasi rumah sakit atau puskesmas terdekat yang berada dari rumahnya. Kegiatan pengobatan gratis di Desa Mekar Sari sendiri merupakan kegiatan pertama ditahun 2019 yang dilaksanakan oleh pihak Rumah Sakit Sentosa.

Baca Juga  Desa Indonesia Yang Terkenal di Tingkat Internasional

Kegiatan pengobatan gratis ini dimulai sejak pagi hari sekitar pukul 9 pagi dimana pihak Rumah Sakit Sentosa mengirimkan 20 tim medis yang merupakan komposisi dari sejumlah perawat dan apoteker yang membantu kerja dari 2 orang dokter yang akan memeriksa ratusan warga di Desa Mekar Sari ini.

Masyarakat di Desa Mekar Sari pun memberikan respon yang positif atas diselenggarakannya kegiatan pengobatan gratis ini, karena pada faktanya di lapangan saat kegiatan pengobatan gratis ini banyak ditemukan warga yang  menderita Infeksi Saluran Pernapasan, diabetes dan hipertensi, dimana beberapa warga justru tidak mengetahui penyakit apa yang diderita sebelum diperiksa pada kegiatan ini.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan warga lebih sadar akan kesehatannya masing-masing dan diharapkan juga pihak penyelenggara dapat memberikan penyuluhan mengenai gejala-gejala penyakit yang umum diderita dan penanganannya disamping pemberian obat untuk mengobati penyakit tersebut.

Selain itu, seorang warga yang menderita TBC juga sangat terbantukan dengan adanya kegiatan pengobatan gratis ini dikarenakan lokasi dari rumahnya dengan fasilitas kesehatan terdekat terbilang jauh untuk bisa diakses, sehingga dirinya sangat terbantukan dengan kegiatan ini.

Baca Juga  Serba-serbi Bisnis Ternak Lele untuk Pemula

Lurah Desa Mekar Sari yang hadir pada kegiatan pengobatan gratis tersebut memberikan apresiasi kepada pihak penyelenggara dan Rumah Sakit Sentosa, pihaknya mengucapkan terima kasih atas di selenggarakannya kegiatan pengobatan gratis di Desa yang termasuk padat dan rata-rata pekerjaan warga tersebut adalah pedangan asongan dan pengamen, sehingga bisa dibilang dari segi ekonomi, rata-rata warga di Desa Mekar Sari ini bisa dibilang kurang sehingga kesadaran akan kesehatannya sendiri juga kurang. Sehingga dapat dikatakan kegiatan pengobatan gratis ini kedepannya dapat membantu meningkatkan angka harapan hidup warganya dan dapat menjadi inspirasi bagi wilayah lainnya agar dapat menyelenggarakan program sejenisnya dengan bekerja sama dengan instansi pemerintah maupun swasta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here