Kecamatan Kaubun, Melaju Membangun Desa Mandiri

0
787

BERDESA.COM – Kecamatan Kaubun, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, bertekad menciptakan desa mandiri ekonomi dengan memanfaatkan potensi desa seperti peternakan, pertanian dan Desamart. Kaubun ingin menjadi desa percontohan bagi desa-desa di kabupaten ini.

Keinginan besar ini lahir dalam acara Kajian Potensi Desa di Kompleks Kantor Kecamatan Kaubun yang digelar mulai 16 Oktober 2017. Dihadiri perangkat desa, pengurus BPD desa-desa di Kaubun, para peserta antusias untuk mengelola potensi desanya menjadi desa mandiri pelopor di kabupaten ini.

Acara yang digelar bekerjasama dengan PT Usaha Desa Sejahtera (Usdes), acara ini mendatangkan pemateri Bahrun Wardoyo, Kepala Desa Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Desa Dlingo adalah desa di Kabupaten Bantul yang berhasil mencetak prestasi dari status desa tertinggal hingga desa yang terbukti mampu melahirkan banyak inovasi.

Selain berdiskusi dengan pengalaman Kepala Desa Dlingo, para peserta juga melakukan identifikasi potensi desanya masing-masing. Temuan-temuan itu bakal dijadikan materi utama bagi masing-masing desa untuk mengembangkan potensi khas desanya sendiri.

Baca Juga  Temukan Indikasi Korupsi Dana Desa, SMS ke Sini

Pertemuan ini bermaksud agar desa-desa di Kaubun bisa mengidentifikasi potensinya sendiri serta merumuskan cara mengembangan potensi yang mereka miliki sesuai kapasitas sumber daya alam dan sumber daya yang ada. Dengan demikian desa-desa di Kaubun bakal menjadi rujukan desa-desa di Kutai Timur sebagai desa tempat belajar mengenai bagaimana mengembangkan potensi aslinya.

Sebelum pertemuan ini, sebagian desa ini telah mengikuti pelatihan pendirian dan pengembangan BUMDes di Yogyakarta dengan Usdes. Forum ini adalah tindaklanjut dari pelatihan dasar yang telah digelar sebelumnya.

Usaha Desa adalah perusahaan sosial yang fokus mendorong peningkatan ekonomi desa dengan membuka beragam program pemberdayaan desa. Salahsatunya pelatihan BUMDes bagi desa-desa di seluruh Indonesia. Setiap bulan Departemen Pelatihan perusahaan ini menggelar pelatihan bagi beberapa rombongan belajar.

Berbeda dengan lembaga lain, Usdes mengembangkan metode pelatihan terpadu yakni menggabungkan pelatihan in class, diskusi dan melihat dan berdiskusi langsung dengan para pegiat desa di berbagai desa berprestasi. Uniknya pelatihan di gelar di desa sehingga para peserta merasakan, berinteraksi dan melihat secara langsung proses perubahan sosial yang terjadi pada desa lokasi. Kaubun adalah salahsatu peserta yang bakal segera melaju menjadi kecamatan pelopor dalam hal peningkatan ekonomi desa di Kabupaten Kuta Timur ini(aryadji/berdesa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here