Karya Seni Batu Alam Muntilan

0
908
Karya Seni Batu Alam Muntilan
Karya Seni Batu Alam Muntilan

BERDESA.COM – Jika Anda sedang mempercantik rumah kediaman anda, ada baiknya mempertimbangkan penggunaan batu alam. Jika ingin mendapatkannya, anda dapat berwisata ke Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Disana anda dapat melihat dan membeli berbagai bentuk dan model batu alam yang siap mempercantik rumah anda. Anda juga bisa memesan model batu yang akan dipahat sesuai dengan bentuk yang anda inginkan.

Muntilan merupakan kota kecil di kaki gunung merapi magelang jawa tengah. Jika anda berkendara dari Yogyakarta menuju arah utara ke Borobudur atau Magelang, anda akan melewati kota Muntilan. Di sepanjang jalanan tersebut anda akan disuguhi dengan deretan keindahan batu alam merapi yang telah disulap menjadi berbagai macam model patung, ornamen dan tegel.

Membuat karya seni dari bahan dasar yang bernilai tinggi seperti emas atau berlian, mungkin sudah biasa. Di Muntilan, bahan baku yang tidak terlalu bernilai harganya, yakni dari sebuah batu bisa menjadi karya seni indah dan bernilai jual tinggi. Patung batu sendiri termasuk dalam kategori barang pelengkap dan barang pajangan. Oleh karena itu, figur para pembeli patung-patung batu kreasi para pemahat di Kecamatan Muntilan tersebut sangatlah spesifik pada kalangan tertentu.

Baca Juga  Pingin Wisata Desa Ramai, Buatlah Foto Instagrammable

Meski begitu, pembeli patung di sentra ini datang dari mana saja. Pemahat sekaligus pemilik Sanggar Argo Selo, Sabarudin, mengungkapkan hasil pahatannya sudah melanglang buana ke seantero Pulau Jawa. Pria 55 tahun ini mengklaim patung karyanya kini menghiasi sejumlah pelataran kantor kabupaten, seperti Magelang, Sleman, hingga Bandung.

Selain kantor pemerintah, pembeli patung karya Sabarudin adalah kantor perbankan dan perusahaan swasta. Kalaupun pembelinya perseorangan, kakek dua cucu ini mengatakan, orang itu pasti kalangan berduit, kolektor atau orang yang mempunyai pengaruh besar.

Bahkan, hasil pahatan Sabarudin sudah ada yang menjadi koleksi Hillary Clinton, yang kini menjabat Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS). Ceritanya, saat mendampingi suaminya, Bill Clinton, Presiden AS waktu itu, Hillary mendapat kenang-kenangan berupa patung Gupala setinggi 60 sentimeter. Hal ini tentu saja membuat Sabarudin bangga karena hasil pahatan yang ia ciptakan dari bebatuan lereng merapi sudah tersebar hingga ke luar negeri.(bd02)

Tips : Merintis Pendirian Desa Wisata

Baca juga : Potensi BUMDesa Kelola Wisata Alam
Pendamping Desa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here