Kartu Sehat Warga Desa Panggungharjo

Kartu Sehat Warga Desa Panggungharjo

Pada Mei 2013, Pemerintah Desa Panggungharjo mewujudkan komitmen dan kepedulian pada kelompok ekonomi lemah, yaitu keluarga sangat miskin, miskin dan rentan miskin. Komitmen dan kepeduliannya itu diwujudkan melalui Surat Keputusan Lurah Desa Panggungharjo No. 7 Tahun 2013. tentang Pendirian Badan Pelaksana Jaring Pengaman Sosial (Bapel JPS) serta Peraturan Lurah Desa No. 1 Tahun 2013 tentang Petunjuk Pelaksanaan Badan Pelaksana Jaring Pengaman Sosial (Bapel JPS). Pendirian Bapel JPS ini merupakan amanat dari Undang-Undang Dasar 1945 yang menyatakan bahwa fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh Negara. Dan merupakan implementasi dari UU No.40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional.yang menyebutkan tentang pengembangan sistem jaminan sosial bagi seluruh masyarakat dan pemberdayaan masyarakat lemah serta tidak mampu merupakan tanggungjawab pemerintah.

Layanan perlindungan sosial yang diselenggarakan oleh Bapel JPS meliputi kesehatan dan pendidikan. Perlindungan dalam bidang kesehatan dilakukan dengan program JPS Kesehatan. Perlindungan pendidikan melalui program JPS Pendidikan. Dalam pelaksanaannya, Bapel JPS dipimpin oleh seorang Kepala Badan yang dijabat oleh Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat dan Agama Desa Panggungharjo. Bapel JPS di lengkapi dengan Dewan Pengawas sejumlah 7 orang yang berasal dari perwakilan lembaga kemasyarakatan desa (LKD). Yaitu BPD, LPMD, TP PKK Desa dan Karang Taruna Cahyaning Amerta. Masing-masing 1 orang serta 3 orang lainnya berasal dari unsur tokoh masyarakat.

Bapel JPS ini menggunakan anggaran yang bersumber dari APBDes Panggungharjo, Zakat-Infaq-Shodaqoh, donasi dan sumbangan masyarakat. Serta dana Corporate Social Ressibility (CSR) dari perusahaan—perusahaan yang beraktifitas di desa Panggungharjo, termasuk juga sumbangan dari hasil penjualan barang bekas (rosok) yang dikelola oleh badan usaha milik desa unit jasa pengelolaan lingkungan ‘KUPAS’. Adanya alokasi anggaran desa untuk menunjang pelayanan dan perlindungan sosial. Bapel JPS diharapkan lebih mampu memberikan layanan dan perlindungan bagi masyarakat yang rentan.

KARTU SEHAT

Bapel JPS

Bapel JPS

Warga desa panggungharjo terutama yang memiliki kerentanan ekonomi sekarang boleh sedikit merasa lega. Bagi mereka yang sedang sakit bisa memperoleh pengobatan secara gratis di Rumah Sehat BAZNAS dengan menggunakan KARTU SEHAT. Layanan perlindungan kesehatan ini merupakan layanan yang dikeluarkan oleh Bapel JPS Panggungharjo yang merupakan hasil kerjasama dengan Rumah Sehat BAZNAS. KARTU SEHAT dapat diperoleh dengan cara mendaftarkan diri di Bapel JPS Panggungharjo. Ataupun lewat kader kesehatan pedukuhan dengan melampirkan foto copy KTP dan Kartu Keluarga. “Formulir pendaftaran sudah distribusikan kepada kader-kader kesehatan di 14 pedukuhan” ujar Sunarno., S.Ag selaku Kepala Bapel JPS. Warga yang sudah mendaftarkan diri akan diverifikasi faktual oleh Bapel JPS dengan mengunjungi rumah pemohon.

Cakupan layanan Kartu Sehat meliputi poli umum, poli gigi, pemeriksaan laborat, penanganan kegawatdaruratan, pelayanan KB dan cek kehamilan, serta pelayanan obat dan bahan farmasi lainnya. Klaim layanan KARTU SEHAT ini tidak hanya pada peserta saja. Akan tetapi seluruh anggota yang tercantum dalam Kartu Keluarga dengan batasan usia maksimal 23 tahun belum menikah dan belum/tidak bekerja. Menurut Kepala Bagian Kepesertaan Rumah Sehat. Pemegang KARTU SEHAT dapat dilayani setiap hari termasuk hari minggu mulai jam 08.00-20.00 WIB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*