Kabupaten Kepulauan Mentawai Gandeng Usaha Desa untuk Dongkrak Ekonomi Lokal

0
249

BERDESA.COM – Salahsatu kendala perekonomian di berbagai daerah di Indonesia adalah keterbatasan kapasitas manajerial usaha dan akses pasar untuk menjual produk-produk lokal yang dihasilkannya. Tetapi saat ini sudah ada banyak pilihan untuk menjawab masalah itu. Seperti yang dilakukan Kabupaten Kepulauan Mentawai Provinsi Sumetara Barat. Kabupaten ini menggandeng PT Usaha Desa Sejahtera untuk mendongkrak ekonomi lokal.

PT Usaha Desa Sejahtera (Usdes) adalah perusahaan yang fokus mendorong perekonomian desa-desa di Indonesia dengan memanfaatkan potensi lokal desa sendiri. Perusahaan yang berkantor pusat di Yogyakarta ini memiliki berbagai program yang dirancang sebagai instrumen yang bisa mendorong desa mengembangkan potensi ekonominya sendiri.

Mulai April 2018, Kabupaten Kepulauan Mentawai bakal memulai berbagai program dengan Usdes. Program-program itu antara lain: Pertama, Program Inkubasi Bisnis Desa termasuk BUMDes. Ini adalah program yang berjalan selama jangka waktu tertentu. Diawali dengan mengidentifikasi berbagai potensi yang dimiliki sebuah daerah lalu memilih beberapa potensi utama untuk didorong menjadi komoditas unggulan.

Penciptaan 100 wirausaha baru per-tiga desa. Kewirausahaan adalah salahsatu program utama yang didorong Usdes kepada seluruh desa. Selain program khusus dengan langsung terjun menciptakan wirausahawan, sejak 2015 Usdes juga aktif memberikan informasi melalui www.berdesa.com mengenai berbagai tema desa seperti ekonomi desa, BUMDes, peluang usaha dan beragam informasi mengenai tata desa.

Baca Juga  Tak Usah Bingung Menyusun LPJ BUMDes, Ini Contohnya

Bukan hanya menyebarkan wacana melalui jaringan media online Berdesa.com, Usdes juga menggelar berbagai pelatihan salahsatunya Pelatihan Pendirian BUMDes, Pengelolaan hingga Pengembangan BUMDes dengan peserta berbagai BUMDes dari seluruh Indonesia. Para peserta bukan hanya mendapatkan teori melainkan juga berdiskusi langsung mengenai bagaimana memberdayakan ekonomi desa mereka berbasis potensi lokal desa masing-masing peserta.

Untuk menajamkan prospektif para peserta, Usdes mengajak para peserta pelatihan bertemu langsung dengan para pegiat BUMDes di desa-desa binaan Usdes yang memiliki prestasi dalam mengelola BUMDes-nya. Hampir semua peserta pelatihan pulang dengan sudah mengantungi rencana yang jelas bagi BUMDes mereka masing-masing.

Di Mentawai, Usdes juga akan mendorong kapasitas usaha pengolahan dan pemasaran olahan komoditas kelapa yang banyak terdapat di daerah ini. Membangun akses pasar diyakini Usdes sebagai salahsatu pemecahan kondisi ekonomi lokal desa di berbagai daerah di Indonesia. Salahsatu yang dilakukan Usdes adalah mempertemukan komoditas utama yang dimiliki suatu daerah kepada kalangan industri yang akan mengkonsumsi komoditas mereka sebagai bahan untuk industri.

Baca Juga  BUMDes Bakal Menjadi Penyalur Bantuan Non Tunai

Namun untuk bisa mencapai titik ini, komoditas yang dimiliki warga lokal harus didorong mencapai kualifikasi yang ditentukan oleh kalangan industri termasuk mengenai volume produksinya dan kontinuitas. Soalnya, skala industri membutuhkan volume yang besar dengan kontinuitas tinggi. Volume produksi dan kontinuitas inilah yang seringkali menjadi kendala bagi komoditas lokal untuk bisa bertahan sebagai pemasok dunia industri. Kabupaten kepulauan Mentawai adalah salahsatu yang sedang mendorong potensi lokalnya untuk bisa memasuki pusaran besar ini. Kabupaten Kepulauan Mentawai sudah memulai langkahnya. (aryadji/berdesa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here