Jurus 4P Plus Kreativitas dalam Industri UKM

Jurus 4P Plus Kreativitas dalam Industri UKM

BERDESA.COM – Persaingan pasar di era Masyarakat Ekonomi Asia (MEA), tak pelak akan menjangkau lingkup usaha yang digeluti industri UKM dan BUM Desa juga. Karena itu, mempelajari berbagai strategi dalam menghadapi persaingan bisnis yang kian ketat adalah suatu keharusan bagi semua pelaku usaha kecil dan semua pengelola UKM. Setidaknya kita harus tahu beberapa hal mendasar dalam ilmu pemasaran.

Hal mendasar dalam ilmu pemasaran yang harus dipahami dan dikuasai dengan baik oleh industri UKM adalah teori 4P. Secara sederhana teori ini menjelaskan bahwa ada empat faktor penting yang harus dikelola dengan baik, supaya produk kita bisa bertahan di persaingan. Faktor-faktor itu adalah product (produk), price (harga), place (tempat), dan promotion (promosi). Artinya, secara sederhana, produk bisnis kita harus lebih unggul dibandingkan kompetitor. Ada kepentingan konsumen terhadap hal ini. Anda juga harus menyesuaikan harga dengan target pasar. Lalu Anda harus bisa distribusikan produk di tempat yang tepat dan strategis. Setelah itu, Anda tinggal melakukan promosi dengan tepat, sehingga konsumen mengenal produk yang Anda jual.

Setiap pelaku bisnis wajib bersaing agar ia mampu bertahan dan berkembang. Maka, segala cara perlu dilakukan, tentu dengan cara yang baik dan sehat. Dengan kata lain, antar pelaku bisnis industri UKM harus bersaing secara sehat, diantaranya dengan selalu kreatif dan inovatif. Kreativitas dan inovasi juga sudah terbukti bisa menjadi jurus ampuh dalam mengembangkan bisnis dan industri di bidang apapun.

Persaingan dalam dunia bisnis, ibarat medan perang. Yakni pelaku bisnis akan saling berhadapan dan mengerahkan semua sumberdaya yang dimilikinya untuk memenangkan perang bisnis. Perang bisnis tidaklah mudah karena perang tersebut tak hanya melibatkan dua pihak, akan tetapi banyak pihak. Namun, dengan produk yang baik, harga yang tepat, lokasi distribusi yang pas dan promosi yang kreatif, maka niscaya sebuah produk akan tetap bisa mendapat pasar yang bagus.(bd03)

foto: triasnews5.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*