Jalan-jalan ke Desa Cibuntu, Merasakan Wisata Alam Pedesaan Yang Khas

0
677
Desa Cibuntu-01

Bagi anda yang ingin merasakan wisata alam pedesaan yang khas, anda wajib datang ke Desa Cibuntu. Lokasi desa wisata ini terletak di Kecamatan Pesawahan, Kabupaten Kuningan. Lokasinya yang terletak di lereng gunung dijamin akan memberikan kepuasan tersendiri, bagi wisatawan yang ingin menikmmati pemandangan gunung Ciremai.

Keindahan alam yang dimiliki oleh desa wisata Cibuntu ini akan membuat siapa saja yang berkunjung merasa betah berlama-lama di tempat itu, selain itu pula pengaturan yang dilakukan pengelola desa wisata ini dijamin akan menambah kenyamanan untuk para wisatawan.

Di Desa wisata ini anda dapat mengunjungi berbagai macam spot khas seperti situs peninggalan zaman dulu seperti situs Bujal Dayeuh, peralatan dari jaman purbakala seperti batu dan giok, Kampung kambing, Curug Gonseng, hingga sumber mata air yang dikenal juga dengan Sumber Kahuripan.

Desa wisata Cibuntu ini juga termasuk kedalam salah satu desa wisata terbaik yang berada di Jawa Barat, penghargaan nasional pun diraih oleh desa wisata ini. Selain itu, Desa Cibuntu ini juga pernah mewakili Indonesia untuk kawasan Asia Tenggara, lalu desa wisata ini masuk dalam urutan lima pada tingkat ASEAN tahun 2016 dalam bidang homestay.

Lalu di tahun selanjutnya atau 2017, Desa Cibuntu terpilih menjadi desa wisata terbaik kedua dalam ajang Community Based Tourist yang diselenggarakan oleh Kementrian Pariwisata Indonesia, sehingga desa Wisata Cibuntu ini akan kembali mewakili Indonesia untuk maju pada level ASEAN.

Baca Juga  Wisata Sejarah Desa Bonjeruk

Prestasi-prestasi yang diperoleh tersebut tidak terlepas dari fasilitas puluhan homestay yang dimiliki oleh desa wisata Cibuntu ini, disamping juga mereka memiliki wisata bumi perkemahan. Selain itu, karena kesuksesan pengelolaanya, banyak pihak yang datang ke desa wisata Cibuntu ini untuk belajar mengenai pengelolaan desa wisata ini, yang datang pun tidak hanya dari area Jawa Barat saja, namun juga dari  Yogya, Solo, bahkan Sulawesi.

Desa wisata yang berdiri sejak tahun 2012 ini berawal dari hasil penelitian yang di lakukan oleh beberapa mahasiswa dari Universitas Trisakti tahun 2011, hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa daerah Cibuntu ini memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan di sektor kepariwisataan, oleh karena itu kepala desa beserta warganya berinisiatif menjadikan desanya menjadi desa wisata, sehingga pada tahun 2011 mereka mulai bergerak membuat pengaturan, seperti memisahkan dan membangun kandang domba agar tidak menyatu dengan pemukiman warga, dan lainnya sehingga pada 2012, desa Cibuntu diresmikan menjadi desa wisata.

Kepala Desa Cibuntu, Bapak Awam mengatakan bahwa keberhasilan pengelolaan desa wisata ini tidak terlepas dari masyarakat desa Cibuntu sendiri yang kompak dan mau bekerja keras serta bersama-sama untuk membangun desanya menjadi desa wisata yang kini telah mengantongi berbagai macam prestasi.

Baca Juga  BUMDes Mart Bakal Sulit Dilawan, Kenapa? Baca Artikel Ini

Selain itu juga, pembinaan yang dilakukan kepada masyarkat juga terkait sapta pesona merupakan sebuah keberhasilan tersendiri. Dengan adanya pembinaan tersebut,masyarakat desa Cibuntu sadar akan pentingnya sebuah kenyaman, kebesihan dan sopan santun, sehingga saat ada rombongan wisatawan yang datang akan selalu di sambut dengan tradisi khas masyarakat Cibuntu.

Selain itu, desa wisata Cibuntu ini juga memiliki upacara Sedekah Bumi yang diselenggarakan setiap tahun. Upacara yang biasanya berlangsung selama tiga hari ini merupakan sebuah tradisi lokal yang terus dilestarikan hingga kini. Adapun maksud penyelenggaraan upacara Sedekah Bumi ini adalah sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas melimpahnya hasil panen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here