Islamic Crowdfunding Indonesia, Suntikan Dana Berbasis Syariah

0
1283
Islamic Crowdfunding Indonesia, Suntikan Dana Berbasis Syariah

Sistem Crowdfunding atau pendanaan berbasis online semakin populer di era teknologi ini. Beragam pilihan Islamic crowdfunding Indonesia semakin berkembang untuk menyesuaikan kebutuhan transaksi sesui syariat Islam. Penduduk Indonesia yang mayoritas Islam menjadi peluang pasar bagi para pelopor platform crowdfunding online.

Islamic crowdfunding Indonesia yang menerapkan prinsip syariah memiliki kemampuan dalam sinergi pembiayaan dan keberlanjutan usaha. Pembagian resiko antara investor dan pelaku bisnis dapat meminimalisir resiko pembiayaan dan menekankan pada etika serta nilai universal. Tidak hanya untuk keuntungan jangka pendek, prinsip islami dan syariah ini dapat menjadi filter ideal untuk bisnis berkelanjutan.

3 Platform Islamic Crowdfunding Indonesia Berbasis Syariah

Bagi yang membutuhkan suntikan dana untuk mendanai sebuah proyek inovatif sesuai syariat Islam, ada baiknya untuk mencoba sistem pembiayaan ini. Berikut ini 3 platform Islamic crowdfunding Indonesia yang menawarkan sistem pembiayaan syariah:

  1. Indves

Indves merupakan media investasi syariah yang diciptakan untuk memudahkan UMKM mendapatkan suntikan dana atau modal dalam memulai dan mengembangkan usahanya. hal ini dilakukan dengan menjadikan penggunanya sebagai investor. Platform ini hadir sebagai pioner fintech islami terdepan di Indonesia yang memiliki misi menciptakan akses keuangan inklusif dan membebaskan UMKM dari jeratan riba.

Baca Juga  Anda Pelaku UMKM dan Pingin Dapat Akses Wifi Gratis, Ini Caranya

Berikut ini adalah cara untuk berinvestasi di Indves:

  • Mendaftarkan diri melalui website indves.com;
  • Memilih bisnis yang akan didanai dari daftar pilihan bisnis yang disediakan;
  • Transfer sejumlah nilai yang diinginkan dan lakukan konfirmasi;
  • Dapatkan laporan bisnis yang telah didanai tiap bulannya.

Indves sebagai contoh Islamic crowdfunding Indonesia menggunakan prinsip islam dan diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah transaksinya. Mitigasi resiko investasinya dilakukan oleh profesional berpengalaman di bidang keuangan dan lulusan terbaik dari universitas terbaik di Indonesia dan dunia. Selain menawarkan return investasi optimal, Indves berkontrobusi memajukan ekonomi umat melalui sektor UMKM.

  1. Ethis

Ethis adalah salah satu platform Islamic crowdfunding Indonesia yang menghubungkan investor dengan pengguna dana (developer proyek) secara digital. Platform ini hadir untuk menciptakan iklim keuangan yang lebih inklusif bagi seluruh pihak dengan sistem pembagian keuntungan yang lebih adil. Bergerak di bidang properti, Ethis menyediakan perumahan dengan harga terjangkau bagi masyarakat.

Cara untuk menjadi investor di Ethis cukup mudah yaitu:

  • Login dan pilih campaign di website ethis.co.id;
  • Pelajari detail proyek yang akan didanai mulai dari lokasi, tenor, dan ROI;
  • Lakukan e-signing dan transfer dana melalui rekening yang disediakan;
  • Portofolio proyek dapat dimonitor melalui laporan berkala dari ethis.
Baca Juga  Mengenal Property Crowdfunding Indonesia

Investor dapat melihat kampanye proyek di website. Masyarakat dapat beriinvestasi mulai $250 saja. Investasi dapat dilakukan dengan institusi, developer, dan kontraktor terpercaya. Ini menjadi kesempatan bagi investor untuk memiliki aset portofolio perumahan yang dikelola secara professional melalui crowdfunding sesuai syariat islam. Ethis meraih pendanaan Dubai Expo 2020 dari Expo Live.

  1. Halallauncher

Halallauncher merupakan platform crowdfunding yang mendunia. Melalui platform ini pengguna dapat mendanai atau bahkan meluncurkan sendiri proyek halal dari Negara manapun. Platform ini didukung dengan penggunaan 10 bahasa dan berbagai mata uang. Selain itu, metode pembayarannya juga beragam.

Cara untuk menjadi investor atau pendana di platform ini kurang lebih sama dengan kedua platform sebelumnya. Setelah mendaftar, memilih proyek, dan transfer dana, investor dapat langsung memonitor jalannya proyek. Sedangkan cara untuk menjadi pemilik proyek di Halallauncher yaitu:

  • Mendaftar melalui website halallauncher.com;
  • Membuat dan meluncurkan kampanye proyek yang telah disiapkan;
  • Mengumpulkan dukungan kampanye dengan networking.

Halallauncher mendukung terobosan ide, gagasan, inovasi, teknologi, dan produk yang membentuk segmen halal dari ekonomi dunia. Platform ini memiliki misi untuk menghidupkan kembali masa keemasan teknologi dan sains islam.

Baca Juga  Kelebihan dan Kekurangan Mengajukan Crowdfunding for Startups di Indonesia

Harapannya, seluruh dunia akan dapat menikmati manfaat dari penemuan-penemuan ilmiah dari peradaban Islam. Serangkaian aturan dan mekanisme diterapkan untuk menjaga kepercayaan pengguna.

Itulah 3 contoh platform Islamic crowdfunding Indonesia yang memiliki berbagai manfaat dan keunggulan masing-masing. Kini untuk mewujudkan sebuah inovasi atau proyek bukanlah sekedar impian.

Pelajari dan gunakanlah platform fintech yang memudahkan pendanaan dengan prinsip islami. Selain mendapat keuntungan, pendanaan melalui platform crowdfunding syariah dapat menjadi kontribusi positif bagi dampak sosial.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here