Inspirasi Usaha Desa: Bisnis Angkringan Kekinian

0
659

Tinggal di desa dengan kelebihan lahan yang luas, pekarangan samping rumah yang luas atau halaman depan yang bisa menampung dua sampai tiga mobil merupakan impian banyak orang. Tidak heran, banyak orang yang lebih memilih untuk berinvestasi properti di desa. Hal ini bukan tanpa sebab, dengan harga yang sama, mungkin jika di kota kita hanya bisa mendapatkan rumah  tipe 36 dengan maksimal luas tanah 80an meter persegi, di desa kita bisa mendapatkan lebih.

Memang banyak pro cons orang dalam memilih tinggal di desa. Ada yang mengatakan bahwa tinggal di desa itu tidak enak karena jauh dari mana-mana. Ada juga yang bilang bahwa tinggal di desa itu sangat menyenangkan karena kita tidak perlu berlama-lama di jalan karena terjebak macet. Beragam dan bermacam alasan. Namun, seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, bagi Anda yang saat ini sudah tinggal di desa, tinggal di desa merupakan sesuatu hal yang patut Anda syukuri.

Hal ini bukan tanpa sebab, karena tinggal di desa dengan asumsi klebihan tanah yang lebih luas, kita bisa mencoba beragam usaha atau bisnis yang mungkin, tidak memungkinkan jika kita mencobanya di kota. Bisnis yang satu ini juga saat ini sedang hits nih dan siapa tahu cocok dibuka di daerah Anda, namanya bisnis angkringan kekinian.

Baca Juga  Potensi Desa Pertanian di Industri 4.0

Image angkringan adalah tempat makan yang menjual nasi bungkus dan segala teman-temannya itu dengan harga yang terjangkau bahkan murah yang dibuka dari sore hingga pagi. Jangan salah, bisnis ini cukup laris dan memiliki keuntungan yang tidak main-main lho.

Saat ini, angkringan tidak hanya digunakan sebagai “tempat makan”, namun juga sebagai “tempat nongkrong” dan menghabiskan waktu. Tak heran jika mungkin anda melihat banyak orang hanya duduk dan ngobrol ditemani secangkir kopi di angkringan. Istilahnya, angkringan ini merupakan cafe-nya masyarakat kita. Dengan banyak pilihan makanan dan camilan, angkringan yang anda buka dijamin akan membuat banyak orang datang berkunjung.

Selain menjual makanan, tren yang ada saat ini adalah angkringan kekinian dengan wifi atau hotspot. Anda bisa lho membuka usaha ini di desa agar anak-anak muda didesa Anda tidak perlu jauh-jauh cari tongkrongan ber-wifi yang kini sedang menjadi bisnis prospektif baru. Anda bisa membuka angkringan kecil-kecilan di dpan atau samping rumah anda, dengan model lesehan, musik dan tentunya wifi yang bisa menambah daya tarik bisnis Anda ini.

Baca Juga  Pigin Sukses Memulai Usaha, Lakukan 10 Tips Ini

Untuk modal awal dalam membuka usaha ini kita memerlukan “gerobak” angkringan, kemudian memasang wifi dan perabotan lain seperti tikar atau terpal, menu makanan khas angkringan seperti nasi bungkus, nasi bakar, pangsit, gorengan dan tentu saja berbagai pilihan minuman seperti kopi, dan menu minuman lain. Kunci dari bisnis ini adalah bagaimana membangun image makanan murah tapi enak. Karena biasanya, sebuah angkringan atau tempat makan lain akan mudah “terlihat” jika dia murah, atau rasanya enak.

Bagaimana, sudah ada sedikit inspirasi dalam membuka usaha baru di desa? Jangan ragu untuk mencoba dan menerapkan bisnis di atas di desa Anda. Jangan takut tidak laku karena bisnis makanan sejatinya tidak ada ruginya, makanan yang tidak laku bisa Anda dan keluarga konsumsi sendiri bukan? Itu tadi bberapa hal tentang bisnis angkringan kekinian, semoga artikel ini dapat membantu ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here